Kehamilan

Manfaat Asparagus untuk Kesuksesan Program Hamil

Tamara Anastasia, 16 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Asparagus disebut-sebut sebagai jenis sayuran yang dapat meningkatkan peluang kesuksesan program hamil. Apa kata medis terkait hal ini? Simak fakta selengkapnya!

Manfaat Asparagus untuk Kesuksesan Program Hamil

Apakah Anda pernah mengonsumsi asparagus? Sayuran berbentuk batang dan berwarna hijau eksotis ini punya banyak manfaat kesehatan, lho!

Salah satu manfaat asparagus yang sering disebut-sebut adalah kemampuannya meningkatkan kesuburan. Oleh karena itu, jenis sayuran ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh pasangan yang hendak melakukan program hamil.

Lantas, apa saja manfaat asparagus untuk program hamil? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Mengatur Masa Subur

Asparagus adalah jenis sayuran yang memiliki kandungan asam folat tinggi. Senyawa ini diperlukan dalam jumlah cukup untuk mewujudkan kehamilan yang sehat. 

Faktanya, asam folat turut membantu mengatur masa subur (ovulasi) wanita, juga membantu janin berkembang dengan baik di dalam kandungan. Sayuran ini pun terbukti dapat menurunkan risiko cacat bawaan lahir.

“Asparagus termasuk salah satu sayuran yang kaya akan asam folat. Nutrisi ini disarankan untuk dikonsumsi sebelum dan saat kehamilan untuk mencegah kecacatan pada janin,” kata dr. Devia Irine Putri

2. Mencegah Peradangan dan Konstipasi

Asparagus juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Oleh karena itu, jenis sayuran ini sangat baik untuk mencegah peradangan di dalam tubuh—yang mungkin berkaitan dengan gangguan kesuburan.

Selain itu, serat di dalam asparagus juga dapat menurunkan risiko konstipasi alias susah buang air besar.

3. Menangkal Radikal Bebas

Asparagus merupakan sumber vitamin A, C, E dan K, serta mengandung kromium. Kombinasi nutrisi tersebut membuat sayuran ini mampu menurunkan risiko peradangan pada tubuh akibat paparan radikal bebas.

4. Mengoptimalkan Fungsi Organ Reproduksi

Asparagus mengandung kalsium tinggi, yang sangat dibutuhkan untuk menjaga fungsi sistem reproduksi dan membantu meningkatkan peluang kehamilan. 

Nantinya, kalsium juga akan membantu mempersiapkan perkembangan gigi dan tulang bayi yang optimal ketika hamil.

5. Menurunkan Risiko Keguguran

Segudang nutrisi yang ada di dalam asparagus disinyalir dapat menurunkan risiko keguguran di masa kehamilan. 

“Asparagus dapat menurunkan risiko keguguran berkat kandungan asam folat di dalamnya,” ucap dr. Devia.

Di samping itu, nutrisi yang ada di asparagus juga disebut dapat mencegah perkembangan fetus yang abnormal. 

Artikel Lainnya: Sarapan Pagi Bisa Bikin Cepat Hamil, Mitos atau Fakta?

Karena manfaat-manfaat tersebut, pasangan yang sedang menjalani program hamil dianjurkan untuk mulai mengonsumsi asparagus secara rutin dan teratur.

“Namun, mengonsumsi asparagus saja tidaklah cukup. Pasangan yang sedang program hamil juga harus menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat lainnya,” saran dr. Devia.

Dengan kata lain, guna meningkatkan kesuksesan program hamil, konsumsi asparagus mesti dikombinasikan dengan pengaturan pola makan agar tidak kegemukan, berolahraga secara teratur, menghindari rokok dan alkohol, serta mengelola stres dengan baik.

Jangan lupa juga untuk melakukan hubungan seks di masa subur, agar peluang kehamilan semakin tinggi. 

Apabila terdapat masalah kesehatan sebelum atau selama program hamil, segera ajak pasangan untuk bersama-sama periksa ke dokter guna menentukan solusi yang terbaik.

Punya pertanyaan mengenai program hamil? Ingin tahu fakta kesehatan lain? Anda bisa berkonsultasi secara langsung kepada dokter dengan memanfaatkan layanan Tanya Dokter atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

KehamilanKesuburan

Konsultasi Dokter Terkait