HomeInfo SehatKulitPasta Gigi Efektif Memutihkan Kulit Ketiak, Benarkah?
Kulit

Pasta Gigi Efektif Memutihkan Kulit Ketiak, Benarkah?

Zahra Aminati, 15 Agu 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ketiak cerah jadi impian sebagian wanita. Nah, disebut-sebut, ada manfaat pasta gigi untuk memutihkan ketiak. Benar atau tidak? Simak di sini.

Pasta Gigi Efektif Memutihkan Kulit Ketiak, Benarkah?

Kulit ketiak yang bersih dan cerah bisa bikin Anda makin percaya diri. Jangan heran kalau beragam cara dicoba, mulai dari yang memanfaatkan teknologi terbaru hingga ala rumahan.

Nah, salah satu yang diklaim bisa memutihkan ketiak itu adalah dengan pasta gigi. Pasta gigi digadang-gadang mampu membuat kulit ketiak menjadi lebih cerah karena kandungan pemutih (whitening agent) di dalamnya.

Cara memutihkan ketiak dengan pasta gigi pun terhitung sederhana. Campurkan pasta gigi putih dengan bubuk teh hijau.

Kemudian, oleskan secara merata di ketiak. Setelah 10 menit, bersihkan kulit ketiak hingga tidak ada pasta gigi yang tersisa.

Meski mudah dan praktis, benarkah manfaat pasta gigi untuk memutihkan ketiak?

Benarkah Pasta Gigi Efektif Memutihkan Kulit Ketiak?

Pasta gigi memiliki beragam kandungan. Menurut American Dental Association, salah satu kandungan yang wajib ada adalah fluoride. Mineral ini membantu memperkuat enamel pada gigi dan mencegah gigi berlubang.

Selain fluoride, pasta gigi juga mengandung bahan lain, seperti perasa, bahan abrasif, pewarna, detergen, dan humektan (agar air tidak hilang dari pasta gigi).

Artikel Lainnya: Putihkan Ketiak Pakai Minyak Kayu Putih, Ampuhkah?

Di sisi lain, ada beberapa hal yang menyebabkan kulit ketiak seseorang menjadi hitam. Salah satu yang tersering adalah salah memilih deodoran. Beberapa produk deodoran diketahui bisa membuat iritasi kulit.

Nah, pasta gigi yang memiliki kandungan pemutih dikatakan bisa mencerahkan kulit ketiak yang menghitam akibat penggunaan deodoran. Bagaimana tanggapan dokter soal potensi pasta gigi untuk memutihkan ketiak tersebut?

Dokter Arina Heidyana menjawab, “Sejauh ini belum ditemukan penelitian tentang pasta gigi untuk memutihkan kulit ketiak.”

Bahkan, dr. Arina mewanti-wanti penggunaan pasta gigi pada kulit yang harus diwaspadai.

“Hati-hati dalam penggunaan pasta gigi pada kulit. Kandungan alkohol, hidrogen peroksida, dan lainnya di dalam pasta gigi bisa membuat kulit kering dan mengiritasi kulit,” kata dia.

Hidrogen peroksida sejak lama sudah dimanfaatkan di dalam produk pewarna untuk mencerahkan rambut.

Saat digunakan dalam pasta gigi pemutih, hidrogen peroksida dapat menghilangkan noda akibat makanan pada email gigi. 

Namun, hidrogen peroksida di dalam pasta gigi bisa membuat kulit kering. Dalam kasus lebih parah, bahan kimia ini bisa mengiritasi kulit.

Pemilik kulit sensitif juga disarankan untuk menghindari penggunaan pasta gigi untuk memutihkan kulit. 

Alternatif Selain Pasta Gigi untuk Cerahkan Ketiak

Pasta gigi untuk memutihkan ketiak belum terjamin keamanan dan efektivitasnya. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan banyak sekali bahan alami untuk membantu mencerahkan ketiak.

Artikel Lainnya: Ini Manfaat Bulu Ketiak bagi Manusia

Misalnya, ketang, ketimun, lemon, kulit jeruk, dan kunyit. Setelah dicuci bersih, Anda cukup mengambil seiris atau sepotong bahan alami tersebut.

Tempelkan selama sekitar 10-15 menit di underarms Anda. Gosok lembut, lalu bilas hingga bersih.

Selain itu, dinukil dari Healthline, untuk menghindari ketiak menghitam, ada beberapa kebiasaan buruk yang harus Anda hentikan, yaitu:

  • berhenti merokok,
  • setop mencukur bulu ketiak. Anda bisa memilih waxing atau laser hair removal sebagai gantinya,
  • mengenakan pakaian yang terlalu ketat,
  • ganti merek deodoran/antiperspirant Anda. Atau, gunakan alternatif alami, seperti baking soda atau cuka sari apel, dan
  • terlalu sering melakukan lulur atau eksfoliasi 2-3 kali seminggu.

Sejauh ini, belum terbukti manfaat pasta gigi untuk ketiak hitam. Justru penggunaan bahan rumahan ini berisiko menyebabkan iritasi dan kulit kering.

Manfaatkan layanan LiveChat dari aplikasi Klikdokter untuk berkonsultasi langsung dengan dokter seputar kesehatan. 

(HNS/AYU)

Ketiak

Konsultasi Dokter Terkait