Diet dan Nutrisi

Ragam Manfaat Minyak Plum untuk Kulit

Zahra Aminati, 14 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ingin mendapatkan kulit sehat dan cerah tapi bingung caranya? Coba pakai plum oil. Apa saja manfaat minyak plum untuk kulit? Mari simak di sini.

Ragam Manfaat Minyak Plum untuk Kulit

Banyak jalan menuju Roma. Hal yang sama berlaku juga untuk kulit. Ada banyak sekali cara untuk mewujudkan kulit cerah, sehat, dan glowing. Salah satunya menggunakan minyak plum atau plum oil.

Apa saja manfaat minyak plum untuk kulit Anda? Simak di sini. 

Manfaat Minyak Plum untuk Kulit Berdasarkan Kandungannya

Sesuai namanya, plum oil diekstraksi dari buah plum. Dilansir dari Coveteur, minyak esensial sangat populer karena bersifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri, sekaligus berpotensi sebagai antikanker. 

Minyak plum antara lain terdiri dari trigliserida serta vitamin A, C, dan E. Semua kandungan ini dapat mengencangkan dan menghidrasi kulit yang kering dan teriritasi. 

Jika dioleskan dengan benar ke kulit, ada banyak manfaat plum oil, yaitu:

1. Menghidrasi Kulit

Minyak plum dikenal sebagai penghidrasi kulit yang baik. Di dalamnya terkandung asam lemak omega, vitamin A dan vitamin E.

Menggunakan minyak plum untuk kulit dapat membuat kulit tampak kenyal dan lembap. Kandungan asam lemak Omega 6 dan 9 di dalamnya diketahui juga dapat menghidrasi kulit.

Artikel Lainnya: Berbagai Manfaat Buah Tomat untuk Kulit

2. Antiinflamasi pada Kulit

Menurut dr. Reza Fahlevi, minyak plum memiliki sifat anti-peradangan. Kandungan polifenol adalah alasan di balik manfaat yang satu ini.

3. Menyembuhkan Kulit yang Rusak

Kandungan vitamin E dalam minyak plum dapat membantu menyembuhkan dan memperbaiki kulit yang rusak. Kandungan tersebut juga baik untuk membantu mencerahkan noda hitam di wajah.

“Minyak plum memiliki sifat untuk menghilangkan pigmen-pigmen hitam pada kulit. Jadi, bisa mengurangi hiperpigmentasi, menetralkan pigmen hitam pada kulit,” ujar dr. Reza.

4. Meningkatkan Pergantian Sel

Konsentrasi vitamin A dalam minyak plum dapat membantu menghaluskan kerutan, meningkatkan elastisitas kulit, dan meningkatkan pergantian sel.

Manfaat-manfaat ini akan membuat kulit tampak halus dan lebih kencang.

5. Memerangi Radikal Bebas

Minyak plum kaya antioksidan, seperti vitamin C, yang bertugas membantu melawan radikal bebas. Perawatan kulit yang kaya antioksidan bermanfaat untuk mencerahkan kulit, menghidrasi, dan memberikan efek lebih kenyal.

Dengan perlindungan dari radikal bebas dan stresor lingkungan, bintik-bintik cokelat di wajah pun bisa disamarkan.

Artikel Lainnya: Manfaat Kiwi untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

6. Mengatur Produksi Minyak di Wajah

Plum oil baik digunakan untuk pemilik kulit berjerawat karena terbukti dapat mengatur produksi minyak (sebum) di wajah. 

“Minyak plum bisa mengatasi kulit berminyak karena minyak plum juga memiliki sifat antiradiasi,” kata dr. Reza. 

Minyak plum kaya akan asam oleat dan asam linoleat. Asam oleat mendorong dan meremajakan tubuh dalam produksi sebum. Hal tersebut sangat baik untuk mencegah produksi sebum berlebih dan dengan demikian mencegah jerawat.

Asam linoleat juga mencegah penumpukan sel kulit mati yang berlebihan. Asam lemak ini mampu mendorong pergantian sel kulit yang sehat untuk mencegah folikel rambut tersumbat dan mati.

7. Memiliki Sifat Anti-Aging

Karena konsentrasi antioksidan yang tinggi, minyak plum dapat secara efektif mempercepat produksi kolagen dan elastin.

Keduanya dapat membantu Anda menghambat tanda-tanda penuaan, seperti kerutan. 

Tips Menggunakan Minyak Plum untuk Kulit

Karena kandungannya, minyak plum bisa ditambahkan ke dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda. 

Anda bisa menggunakannya dengan cara mengoleskannya langsung pada wajah yang sudah dibersihkan. Oleskan minyak plum secara lembut ke permukaan kulit, lalu berikan pijatan lembut. 

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Kurma Untuk Kecantikan Kulit

Melansir Byrdie, relatif aman mengoleskan minyak plum dua kali sehari. Yakni di pagi hari, sebelum menggunakan pelembap dan riasan, serta di malam hari, sebagai bagian dari rutinitas kulit malam Anda.

Yang perlu diperhatikan, pastikan Anda tidak alergi buah plum. Untuk mengeceknya, oleskan plum oil dalam jumlah kecil di kulit. Tunggu setidaknya beberapa jam.

Bila tidak ada reaksi berlebihan, seperti ruam, merah, rasa panas, Anda bisa menggunakannya di area yang lebih luas.

Anda tertarik mendapatkan manfaat minyak plum di atas. Boleh saja, yang terpenting imbangi juga dengan rutinitas perawatan kulit lainnya agar hasilnya semakin maksimal. 

Simak informasi seputar kesehatan kulit lainnya hanya di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

kulitbuah

Konsultasi Dokter Terkait