Kehamilan

Manfaat Stroberi untuk Kesuburan dan Kehamilan

Aditya Prasanda, 24 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kandungan vitamin C stroberi disebut dapat mendukung program hamil dan kesuburan perempuan. Simak manfaatnya di sini.

Manfaat Stroberi untuk Kesuburan dan Kehamilan

Kesuburan atau fertilitas merupakan kemampuan seseorang dalam bereproduksi. Untuk menunjang kesuburan, ada banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan seperti stroberi.

Kandungan nutrisi dalam stroberi bahkan disebut bermanfaat untuk program kehamilan. 

Dokter Reza Fahlevi mengatakan, ”Stroberi itu banyak mengandung antioksidan, juga banyak vitamin C serta mineral di dalamnya. Jadi bagus sebagai nutrien untuk kesuburan dan kesehatan secara umum.”

Lantas, apa saja manfaat stroberi untuk kesuburan dan kehamilan?

1. Mendukung Kehamilan

Ahli diet, Bridget Swinney, RD, mengungkapkan  bahwa stroberi dipenuhi dengan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kekebalan tubuh yang baik dapat mendukung kesuburan wanita. Perlu Anda tahu, satu cangkir stroberi mengandung 84 mg vitamin C. Jumlah ini dapat memenuhi lebih dari seratus persen Asupan Referensi Diet (DRI) untuk kehamilan. 

2. Mencegah Obesitas

Berdasarkan American Society for Reproductive Medicine (ASRM), obesitas merupakan penyebab ketidaksuburan pada enam persen wanita yang sebelumnya tidak pernah hamil. 

Oleh karena itu, selain menerapkan gaya hidup sehat, Anda dapat mencegah obesitas dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti stroberi.

“Buah-buahan beri itu kadar gulanya tidak terlalu tinggi. Jadi penting juga untuk mencegah terjadinya obesitas. Karena obesitas bisa mengurangi kesuburan,” kata dr. Reza.

3. Mencegah Diabetes

Diabetes dapat memengaruhi tingkat kesuburan wanita, menilik dari Diabetes.co.uk.

Diabetes dapat menyebabkan wanita mengalami menstruasi tidak teratur dan kegagalan ovarium prematur. 

Kegagalan ovarium prematur atau hilangnya fungsi normal indung telur sebelum usia 40 tahun dapat menyebabkan wanita sulit hamil.

Untuk mencegah terjadinya diabetes penyebab ketidaksuburan, Anda dapat mengonsumsi stroberi. Berdasarkan sejumlah studi yang dirilis Healthline, stroberi diyakini bermanfaat mengurangi lonjakan gula darah dan insulin. 

Manfaat stroberi dalam studi tersebut diperoleh setelah partisipan mengonsumsi makanan kaya karbohidrat bersama buah bercita rasa asam tersebut. Hal ini berlaku bila dibandingkan dengan peserta yang mengonsumsi makanan kaya tinggi karbohidrat tanpa asupan stroberi.

4. Mendukung Pertumbuhan Janin

Manfaat strawberry untuk program hamil selanjutnya adalah mendukung tumbuh kembang janin. Bridget Swinney mengatakan vitamin C dalam stroberi penting untuk pembentukan kolagen (salah satu protein yang menyusun tubuh manusia).

Kolagen merupakan protein struktural yang dapat mendukung pembentukan tulang, tulang rawan, dan kulit bayi. 

5. Mencegah Peradangan

Vitamin C di dalam buah stroberi merupakan antioksidan yang baik untuk melindungi perempuan hamil dari risiko peradangan. Dengan mencegah peradangan, stroberi juga menjaga pertumbuhan si kecil.

Sebab sebuah riset yang dirilis oleh Nature Neuroscience menyebutkan peradangan yang dialami bumil dapat meningkatkan risiko penyakit mental maupun gangguan perkembangan otak anak.

Artikel Lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Stroberi Dalam Jumlah Banyak?

Dokter Reza Fahlevi mengatakan tidak ada porsi khusus makan stroberi untuk ibu hamil. Namun, dr. Reza juga tidak menganjurkan bumil mengonsumsi stroberi setiap hari.

“Karena ibu hamil dianjurkan mengonsumsi makanan yang bervariasi. Setiap makanan juga punya kelebihan dan kekurangan nutrisi masing-masing,” katanya.

“Dengan konsumsi makanan yang bervariasi, maka kebutuhan vitamin dan mineral bisa dipenuhi dengan lengkap. Jadi jangan konsumsi stroberi aja. Konsumsi juga jenis buah dan sayur lainnya,” jelas dr. Reza.

Konsumsi stroberi secara berlebihan justru bisa berbahaya. Terutama pada ibu hamil yang punya gangguan lambung.

“Stroberi itu asam, jadi hati-hati. Konsumsi stroberi asam dalam jumlah yang banyak bisa memicu kambuhnya asam lambung,” jelas dr. Reza.

Itu dia deretan manfaat stroberi untuk kesuburan dan kehamilan. Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar kehamilan, konsultasi ke dokter via Live Chat.

(OVI/JKT)

stroberiKehamilanKesuburan

Konsultasi Dokter Terkait