HomeInfo SehatPernapasanTips Perawatan di Rumah untuk Mengatasi Mengi
Pernapasan

Tips Perawatan di Rumah untuk Mengatasi Mengi

Tri Yuniwati Lestari, 06 Agu 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anda mengalami mengi atau suara siulan saat bernapas? Tidak perlu panik, ya. Berikut beberapa cara menghilangkan mengi dengan perawatan rumahan.

Tips Perawatan di Rumah untuk Mengatasi Mengi

Mengi terjadi akibat peradangan dan penyempitan di saluran udara menuju paru-paru. Bunyi mirip siulan saat bernapas ini paling sering terdengar pada individu dengan kondisi kronis jangka panjang, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Dalam beberapa kasus, mengi dapat juga disebabkan oleh kelebihan lendir di saluran udara atau penyakit lainnya, seperti GERD dan radang paru-paru.

Kondisi ini pada umumnya membutuhkan penanganan medis. Akan tetapi, pada kasus tertentu, mengi bisa dibantu dengan pengobatan ala rumahan.

Cara Mengatasi Mengi di Rumah

Berikut beberapa cara menghilangkan mengi di rumah. 

1. Hidroterapi

Dijelaskan dr. Dyah Novita Anggraini, salah satu cara untuk mengurangi gejala mengi di rumah adalah dengan melakukan metode hidroterapi. Cara ini melibatkan penggunaan air untuk tujuan kesehatan.  

Artikel Lainnya: Penyebab Sesak Napas saat Tidur yang Mesti Anda Waspadai

Beberapa pilihan hidroterapi untuk mengobati mengi meliputi:

  • Minum Banyak Air

Menjaga saluran udara tetap lembap dengan minum banyak air dapat membantu mencegah dehidrasi, yang bisa memperburuk mengi.

  • Menggunakan Humidifier

Mengi dapat memburuk saat menghirup udara kering. Humidifier di dalam ruangan dapat membantu melembapkan dan melonggarkan saluran udara untuk menghindari mengi.

  • Mandi Air Hangat

Udara lembap saat mandi air hangat dapat melonggarkan saluran udara untuk mengurangi mengi.

  • Minuman Teh Hangat

Teh hangat dapat meredakan penyempitan, sekaligus melonggarkan saluran udara.

  • Inhaler Uap

Menghirup udara hangat dan kaya kelembapan dari inhaler dapat membantu membersihkan sinus dan membuka saluran udara yang menyempit.

2. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Makan makanan bernutrisi dapat membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan mengi. Berikut beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk menghindari mengi berdasarkan nutrisinya.

  • Makanan Tinggi Vitamin C

Melansir verywell, vitamin C telah banyak diakui manfaatnya bagi sistem pernapasan, termasuk sebagai cara mengatasi mengi. 

Studi menunjukkan, konsumsi buah dan sayuran kaya vitamin C, seperti jeruk, paprika, tomat, beri, brokoli, dan bayam dapat mengurangi mengi. Vitamin ini bahkan berdampak positif pada kesehatan paru-paru.

Artikel Lainnya: Penyebab Sesak Napas Setelah Makan

  • Makanan Tinggi Vitamin D

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat berdampak pada asma, yang menyebabkan gejala mengi. 

Konsumsi makanan yang kaya vitamin D, seperti daging merah, produk susu, dan ikan salmon untuk mencegah terjadinya mengi. Anda juga dapat meningkatkan kadar vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari.

  • Makanan Tinggi Vitamin E

Vitamin E memiliki beberapa sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan di saluran udara serta lendir penyebab mengi.

Konsumsi makanan seperti almond, paprika merah, selai kacang, labu, bayam, dan biji bunga matahari yang kaya akan kandungan vitamin E dapat membantu penderita asma terhindar dari mengi.

  • Konsumsi Jahe

Dijelaskan oleh dr. Dyah Novita, cara menghilangkan mengi atau mencegah mengi lainnya adalah jahe. 

Herbal ini dapat membantu mengendurkan otot di saluran napas dan membantu mengurangi penyempitan yang menyebabkan mengi. 

“Jahe mengandung senyawa antioksidan yang dapat berguna untuk tubuh dan juga membantu menangkal virus yang memengaruhi sistem pernapasan,” ucap dr. Dyah Novita.

Masih dari verywell, satu studi telah menunjukan bahwa ekstrak jahe dapat membantu mengendalikan asma dan juga memberikan efek positif pada sel-sel di saluran udara.

Artikel Lainnya: 10 Penyebab Anda Sering Sesak Napas

3. Latihan Pernapasan

Mengi berhubungan dengan saluran pernapasan. Artinya, rutin melatih pernapasan dapat membantu Anda terhindar dari kekambuhan mengi.

Melakukan latihan pernapasan dapat memperkuat kapasitas paru-paru dan membuat paru-paru lebih efisien. Hal tersebut dapat mengurangi peluang terjadinya mengi.

Namun perlu diingat, latihan pernapasan hanya boleh dilakukan saat pernapasan Anda terasa nyaman. Jangan lakukan latihan pernapasan saat sesak napas atau kesulitan bernapas.

Salah satu gerakan yang bisa dicoba adalah latihan pernapasan bibir mengerucut. Ini adalah teknik yang memperlambat laju pernapasan, menjaga saluran udara terbuka lebih lama, dan membuat setiap napas lebih efektif.

Ketika Anda dapat bernapas lebih teratur, sesak napas juga dapat dihindari. Cara melakukan pernapasan bibir, sebagai berikut:

  • Tarik napas melalui hidung selama 2-4 detik.
  • Kerucutkan bibir dan embuskan napas melalui mulut setidaknya 2 kali lebih lama (4-8 detik).
  • Lanjutkan latihan ini beberapa kali sampai napas Anda terasa lebih lega.

Mengi Anda kemungkinan akan membaik atau bahkan mereda setelah bernapas dengan bibir yang mengerucut.

Itu dia tadi beberapa cara menghilangkan mengi yang bisa Anda lakukan di rumah. Saran dr. Dyah Novita, jika mengi terjadi karena Anda memiliki asma atau penyakit kronis lainnya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

Konsultasikan gangguan pernapasan Anda langsung dengan dokter melalui layanan LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

pernapasan

Konsultasi Dokter Terkait