Covid-19

Jangan Terlewat, Benda Ini Harus Dibersihkan Saat Isolasi Mandiri

Aditya Prasanda, 02 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bukan hanya gagang pintu dan meja, benda-benda ini juga perlu dibersihkan ketika Anda atau keluarga Anda isolasi mandiri. Apa saja sih?

Jangan Terlewat, Benda Ini Harus Dibersihkan Saat Isolasi Mandiri

Mendisinfeksi ruangan maupun permukaan benda secara rutin sangat dianjurkan ketika Anda atau anggota keluarga menjalani isolasi mandiri COVID-19.

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, disinfeksi dapat dilakukan menggunakan campuran air dan sabun, maupun deterjen.

Hal tersebut berfungsi mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 di permukaan benda dan mengurangi risiko penularan COVID-19. 

Virus corona dapat bertahan di permukaan benda dengan durasi yang beragam, tergantung pada jenis permukaan dan suhu ruangan.

CDC juga menganjurkan untuk mengutamakan membersihkan permukaan benda yang paling sering disentuh, misalnya, meja, kursi, lantai, saklar lampu, pegangan tangga maupun remote televisi atau AC (air conditioner).

Selain barang-barang tadi, nyatanya, masih banyak benda yang perlu dibersihkan ketika menjalani isoman, lho. Apa saja yang harus kita bersihkan? Simak penjelasannya di sini.

1. Pakaian

Mengutip Healthline, sebuah penelitian yang dipublikasikan The Lancet mengungkapkan bahwa coronavirus dapat bertahan di permukaan pakaian selama dua hari.

Oleh karena itu, selepas bepergian ke luar rumah, Anda sangat disarankan langsung mencuci pakaian. Terutama, jika Anda tidak dapat menjaga jarak fisik dengan orang lain. Hal serupa juga berlaku jika ada orang yang batuk dan bersin di sekitar Anda.

Begitu pula pakaian anggota keluarga yang menjalani isolasi mandiri akibat coronavirus. Sebelum mendisinfeksi ruangan maupun mencuci pakaian anggota keluarga yang isoman, Anda dianjurkan untuk menggunakan alat pelindung diri (APD), minimal masker.

Gunakan masker berlapis, di mana lapisan terluar merupakan masker kain. Sementara lapisan dalam adalah masker medis. 

Selanjutnya, pakai sarung tangan kedap air. Pilihlah sarung tangan berbahan plastik sekali pakai atau karet.

Pisahkan pakaian kotor orang yang isoman dan anggota keluarga yang sehat. Cucilah pakaian kotor menggunakan air hangat dan deterjen. Selanjutnya, jemur pakaian di bawah sinar matahari hingga kering.

2. Alat Makan

Penelitian yang dirilis New England Journal of Medicine (NEJM) mengungkapkan coronavirus dapat bertahan selama tiga hari pada peralatan makan berbentuk logam antikarat.

Adapun studi yang dipublikasikan The Lancet mengungkapkan virus corona dapat bertahan selama satu pekan pada logam antikarat.

Itu sebabnya, penting bagi Anda memisahkan alat makan anggota keluarga yang menjalani isolasi mandiri. Gunakan pula spons cuci piring yang berbeda.

Dokter Devia Irine Putri juga merekomendasikan untuk tetap menggunakan sarung tangan ketika mencuci piring pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri.

“Cara mencucinya tetap gunakan sabun cuci piring dan bisa dibilas dengan menggunakan air panas,” jelas dr. Devia.

Air panas berfungsi untuk mematikan virus secara optimal. Berdasarkan sebuah riset di The Lancet, SARS-CoV-2 tidak dapat bertahan hidup di suhu panas 70 derajat Celsius.

Artikel lainnya: Peralatan yang Harus Dimiliki Pasien COVID-19 saat Isolasi Mandiri

3. Perlengkapan Tidur

Benda yang perlu dibersihkan ketika isoman selanjutnya adalah perlengkapan tidur. Anda tetap harus menggunakan sarung tangan dan masker ketika mencuci.

Mulailah dengan mencampurkan deterjen dan air panas. Kemudian rendam sprei, sarung bantal, dan selimut ke dalamnya. 

Cuci perlengkapan tidur menggunakan mesin cuci. Anda juga bisa mencuci secara manual dengan tetap menggunakan sarung tangan.

4. Karpet dan Gorden

Karpet dan gorden merupakan dua benda yang dianjurkan untuk dibersihkan oleh CDC.

Sebab, bukan tidak mungkin, droplet anggota keluarga isoman menyentuh permukaan karpet dan gorden.

Jika Anda membersihkan dua benda tersebut menggunakan vacuum cleaner sangat disarankan menggunakan masker.

Adapun jika Anda ingin mencucinya, CDC menganjurkan Anda menggunakan air hangat serta sabun maupun cairan pembersih khusus untuk permukaan gorden dan karpet.

Artikel lainnya: Syarat Isolasi Mandiri untuk Ibu Hamil dan Menyusui

5. AC atau Pendingin Udara

Cara membersihkan AC adalah dengan menyemprot evaporator, blower, dan filter menggunakan botol sprayer berisi disinfektan.

Gunakan cairan disinfektan berbahan klorin dengan takaran 1 liter klorin per 9 liter air atau karbol dengan takaran 30 ml per 1 liter air.

Lap permukaan chasing indoor AC. Bersihkan filter AC secara berkala. 

6. Alat Pembersih

Alat pembersih untuk hunian pasien isoman juga harus rajin dibersihkan, lho! Alat pembersih tersebut dapat berupa sapu, kain pel, kain lap, dan alat pembersih lainnya.

Caranya, bersihkan alat pembersih di rumah menggunakan campuran air dan sabun. Alat pembersih juga dapat dibersihkan pakai cairan disinfektan.

Setelah dibersihkan, keringkan serta letakkan alat pembersih di tempat yang bersih dan kering.

Ingat, selama mendisinfeksi ruangan, sangat disarankan membuka jendela, agar sirkulasi udara di dalam rumah lancar. Setelah semua permukaan benda sudah dibersihkan dan disinfeksi, lepaskan APD dan masker Anda.

Lalu buang APD dan masker ke tempat sampah terpisah. Kemudian cuci tangan Anda menggunakan sabun dan air mengalir.

Itu dia benda-benda yang perlu dibersihkan ketika menjalani isolasi mandiri. Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar COVID-19 dan penularannya, konsultasikan ke dokter via Live Chat.

[HNS/JKT]

virus corona

Konsultasi Dokter Terkait