Sukses

Tips Nikmati Croffle Tanpa Takut Berat Badan Naik

Croffle kini tengah jadi camilan hits. Tapi, sehatkah sering makan croffle dengan bermacam topping? Simak tips makan croffle sehat dari dokter.

Croffle (gabungan “croissant” dan “waffle”) adalah roti croissant berlapis mentega yang dipanggang di dalam cetakan wafel.

Jajanan yang satu ini tengah hits di kalangan pecinta kuliner karena teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Meski sangat menggiurkan, Anda perlu tahu cara makan croffle yang lebih sehat. Pasalnya, melimpahnya topping manis dan asin pada croffle bisa saja bikin berat badan naik bila konsumsinya tidak dikontrol.

Jika ingin tetap menikmati croffle tanpa takut berat badan bertambah, simak tipsnya berikut ini.

Artikel Lainnya: Rekomendasi Camilan Sehat Agar Anak Betah di Rumah

1 dari 2 halaman

Cara Makan Croffle Tanpa Takut Gemuk

Dokter Devia Irine Putri mengatakan, makan makanan manis terlalu sering tidak baik untuk kesehatan.

Konsumsi makanan manis berlebihan dapat menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, sebaiknya croffle tidak dikonsumsi setiap hari. Croffle terbuat dari gula dan tepung, sehingga dapat membuat berat badan naik jika dikonsumsi terlalu sering.

“Sebenarnya tidak ada aturan pasti berapa kali seminggu yang aman mengonsumsi croffle. Namun, mengingat nilai gizinya kurang baik, maka jangan terlalu sering. Mungkin bisa hanya 1-2 kali seminggu,” saran dr. Devia.

Berikut tips makan croffle yang masih aman untuk menjaga berat badan:

  1. Batasi makan croffle dalam jumlah yang tidak berlebihan.
  2. Pilih ukuran croffle yang lebih kecil. Cara makan croffle ini juga bisa menghindarkan Anda dari konsumsi yang berlebihan dalam sekali makan.
  3. Jika ukuran croffle besar, bagi 2 bagian untuk 2 kali makan.
  4. Tidak menambahkan terlalu banyak pemanis atau mentega tambahan. Lebih baik makan croffle dengan butter rendah lemak. Bila ingin menambahkan sirup maple, gunakan secukupnya.
  5. Hindari menambahkan banyak selai cokelat atau saus manis lainnya misalnya karamel. Gunakan dipping sauce manis secukupnya, begitu juga dengan saus keju.

Artikel Lainnya: Pilihan Camilan Dingin untuk Ibu Hamil di Malam Hari

  1. Sebaiknya kombinasikan croffle dengan potongan buah, seperti alpukat, strawberry, dan blueberry, serta yoghurt. Agar aromanya makin menggugah selera, taburkan sedikit bubuk cinnamon.
  2. Jika ingin mengonsumsi croffle setiap hari, bisa buat sendiri dengan bahan-bahan yang lebih sehat dan dikendalikan komposisinya.

Misalnya, gunakan susu low calorie atau low fat dan tepung kelapa. Batasi pemberian gula atau tidak menggunakannya sama sekali.   

Secara umum, penting untuk menjaga asupan makanan demi menjaga berat badan dan terhindar dari penyakit kronis.

Hindari terlalu sering konsumsi minuman manis, junk food, makanan berlemak, dan camilan manis lainnya.

Imbangi pola makan sehat dengan olahraga teratur minimal 3 kali seminggu. Minum banyak air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Dapatkan tips ngemil dan makan sehat lainnya di Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi lebih mudah dan cepat melalui layanan LiveChat dokter. Kunjungi Belanja Sehat untuk beli makanan dan camilan sehat.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar