Reproduksi

Sederet Khasiat Semangka untuk Kesuburan Pria dan Wanita

Tamara Anastasia, 04 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidak hanya mencegah dehidrasi, semangka juga punya manfaat untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Berikut selengkapnya tentang manfaat semangka untuk kesuburan.

Sederet Khasiat Semangka untuk Kesuburan Pria dan Wanita

Siapa tak kenal semangka? Buah berkulit kehijauan ini terkenal dengan kandungan nutrisinya, yang bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Salah satu manfaat semangka yang mungkin tidak diduga-duga adalah dapat meningkatkan kesuburan. Oleh karena itu, buah ini sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin oleh pasangan yang sedang program hamil.

Berikut manfaat semangka untuk kesuburan pria dan wanita:

1. Menangkal Radikal Bebas

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, semangka termasuk ke dalam golongan buah yang kaya akan antioksidan. 

“Antioksidan di dalam buah semangka biasanya akan baik untuk melawan radikal bebas, yang bisa mengganggu kesuburan,” kata dr. Sepriani.

“Jadi, secara tidak langsung, buah-buahan seperti semangka memang bisa membantu menjaga kesuburan,” sambungnya.

2. Menyehatkan Prostat

Likopen dalam buah semangka dipercaya bisa membantu motilitas sperma pada pria. Senyawa tersebut juga disinyalir bisa menurunkan risiko kerusakan pada jaringan prostat, sehingga organ tersebut dapat lebih optimal dalam memproduksi sperma yang sehat.

3. Meningkatkan Jumlah Sperma 

Likopen di dalam semangka juga dapat meningkatkan jumlah sperma. Disinyalir, konsumsi 20 miligram likopen dapat membantu meningkatkan jumlah sperma hingga 67 persen.

4. Memperbaiki Sperma Abnormal 

Kandungan asam folat di dalam semangka dapat berfungsi memperbaiki sperma abnormal. 

Asam folat dalam buah semangka akan membentuk materi genetik sehingga baik untuk menyehatkan sperma pria. 

5. Menurunkan Risiko Impotensi 

Kandungan Phyto nutrien atau citrulline dalam semangka tergolong tinggi, terutama pada bagian kulitnya. Senyawa tersebut bisa merelaksasi pembuluh darah, sehingga mampu menurunkan risiko impotensi dan disfungsi ereksi

6. Meningkatkan Gairah Seksual 

Semangka adalah salah satu buah afrodisiak alias bisa meningkatkan gairah seksual. Hal ini berkat kandungan sitrulin pada semangka, yang fungsinya disebut mirip dengan viagra. 

7. Menyehatkan Kondisi Kandungan 

Manfaat semangka untuk kesuburan selanjutnya adalah berkat kandungan asam folat yang tinggi di dalamnya. Senyawa tersebut dapat menyuburkan kandungan, serta menurunkan risiko cacat lahir pada bayi. 

Artikel Lainnya: Semangka untuk Jerawat, Bikin Sembuh atau Tambah Banyak?

Itu dia sederet khasiat semangka untuk kesuburan. Meski demikian, Anda sebaiknya tak hanya bergantung pada buah tersebut. 

Untuk meningkatkan kesuburan dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, Anda mesti mengombinasikan konsumsi semangka dengan makanan sehat dan bergizi lainnya.

Cukupi juga waktu istirahat Anda, lakukan olahraga teratur, dan terapkanlah pola hidup sehat sedini mungkin. Anda pun sebaiknya menghindari rokok dan alkohol, karena keduanya dapat mengganggu kesuburan pada pria maupun wanita.

Apabila kehamilan tak kunjung terjadi meski sudah mengonsumsi semangka secara rutin dan menerapkan pola hidup sehat, Anda sebaiknya melakukan konsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Kesuburan

Konsultasi Dokter Terkait