Kulit

Daftar Penyakit yang Ditandai dengan Flu dan Ruam Kulit

Zahra Aminati, 04 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Flu dan ruam kulit dapat menjadi gejala dari beberapa penyakit. Kenali dan waspadai gejala yang menyertai, agar pengobatan yang tepat bisa segera dilakukan.

Daftar Penyakit yang Ditandai dengan Flu dan Ruam Kulit

Sistem kekebalan tubuh yang sedang melemah dapat membuat Anda lebih mudah terserang infeksi virus. Sekian gejala yang biasanya muncul akibat kondisi tersebut, yaitu flu dan ruam kulit.

Meski demikian, Anda sebaiknya tidak lengah. Pasalnya, gejala flu disertai ruam pada kulit tak hanya bisa terjadi sebagai akibat dari infeksi virus.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, flu dan ruam kulit juga bisa terjadi akibat penyakit lainnya.

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa memberikan gejala flu dan ruam kemerahan pada kulit:

1. Herpes Zoster

Herpes zoster disebabkan oleh virus cacar air, yang dapat mengendap di dalam tubuh selama bertahun-tahun sebelum kambuh.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan munculnya ruam menyakitkan di wajah atau bagian tubuh lainnya.

Selain itu, ada pula gejala lain yang menyertai, seperti flu, sakit kepala, dan kepekaan terhadap cahaya.

Artikel Lainnya: Deretan Penyakit Berbahaya yang Sering Dikira Masuk Angin

2. Rocky Mountain Spotted Fever

Rocky Mountain Spotted Fever merupakan penyakit musiman yang disebabkan oleh gigitan kutu.

Penyakit ini dimulai dengan gejala seperti flu yang disertai ruam pada hari keempat. Ruam biasanya akan muncul pada pergelangan tangan dan kaki akibat reaksi alergi.

3. Penyakit Meningokokus

Meningokokus atau juga dikenal dengan istilah meningitis adalah penyakit yang bisa berakibat fatal apabila tak segera ditangani.

Penyakit ini dimulai dengan gejala demam, sakit kepala, dan leher kaku. Selain itu, ada pula gejala lain yang mungkin menyertai, yaitu flu dan ruam kulit.

Gejala tersebut dapat muncul tiba-tiba, meski baru terpapar oleh virus yang menyebabkannya.

4. Penyakit Kelima

Penyakit kelima atau Eritema infectiosum merupakan kondisi yang sering terjadi pada anak usia 4–10 tahun.

Penyakit ini ditandai demam ringan dan ruam yang membuat pipi berubah warna menjadi merah cerah. Ruam tersebut juga biasanya akan muncul di lengan dan kaki setelah demam dimulai

Artikel Lainnya: Tanda Penyakit Ini Bisa Dilihat Lewat Kuku

5. Penyakit Lyme

Penyakit lyme penyakit yang disebabkan oleh gigitan kutu. Gejala dari penyakit ini biasanya muncul 1-2 minggu setelah gigitan.

Tanda-tanda awal penyakit lyme mirip dengan flu, yaitu nyeri sendi, demam, dan kelelahan. Jika tidak diobati, penderitanya bisa mengalami ruam kemerahan pada kulit.

6. Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut (HFMD)

Penyakit tangan, kaki, dan mulut merupakan kondisi yang terjadi akibat infeksi virus Coxsackie.

Penyakit ini dapat menyebabkan gejala pilek dan lecet pada mulut, tangan, maupun kaki. Tak sedikit pula penderita penyakit HFMD yang mengembangkan gejala ruam kemerahan pada kulit.

7. Lupus

Lupus merupakan penyakit autoimun yang gejalanya meliputi nyeri sendi, kelelahan, dan ruam pada kulit.

Penyakit ini adalah kondisi yang berlangsung menahun, dan mesti diberikan tata laksana yang benar agar tidak mengalami perburukan kondisi.

8. Roseola

Roseola adalah penyakit infeksi yang umumnya terjadi pada anak usia 6 bulan hingga 2 tahun.

Penyakit ini menyebabkan gangguan saluran pernapasan atas dan demam tinggi, yang diikuti dengan ruam pada kulit.

Artikel Lainnya: Kulit Berubah Warna Menjadi Biru Keunguan Tanda Penyakit Jantung?

9. Mononukleosis

Mononukleosis merupakan infeksi virus yang menyebabkan kelelahan ekstrem, demam, sakit tenggorokan, nyeri otot, dan ruam.

Penyakit ini sering terjadi pada remaja dan orang dewasa muda. Hal ini karena mononukleosis ditularkan melalui air liur yang berasal dari penderita. Atas alasan itu juga, mononukleosis sering disebut dengan penyakit berciuman.

Itu dia beberapa penyakit yang ditandai dengan gejala flu disertai ruam kulit. Jika Anda merasa mengalami gejala-gejala yang berkaitan dengan penyakit tersebut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Sebagian dari penyakit yang bergejala flu dan ruam kulit memang tidak berbahaya. Namun, Anda tetap dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter agar bisa segera pulih.

Ingin konsultasi kepada dokter tanpa perlu datang ke klinik? Anda dapat memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

Fluruam kulit

Konsultasi Dokter Terkait