Perawatan Wanita

Manfaat Pijat Payudara yang Perlu Anda Ketahui

Zahra Aminati, 04 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Payudara merupakan aset penting bagi wanita. Anda ingin menjaga kesehatannya? Coba lakukan pijat payudara. Berikut manfaat memijat payudara?

Manfaat Pijat Payudara yang Perlu Anda Ketahui

Sebagai salah satu aset wanita, payudara tentu perlu dijaga kesehatannya. Nah, salah satu cara untuk menjaga kesehatan keduanya adalah dengan melakukan pijat payudara. 

Aktivitas ini berbeda dengan pemeriksaan payudara sendiri atau pijatan sebagai bagian dari rangsangan seksual dari pasangan.

Pijat payudara dilakukan dengan gerakan melingkar, lalu berpindah ke ketiak dan tulang dada. Gerakan ini dapat dilakukan sendiri atau bersama ahli pijat profesional. 

Beberapa sumber menyebutkan, pijat payudara dapat dikategorikan sebagai salah satu bentuk self love yang memiliki segudang manfaat. Berikut beberapa manfaat pijat payudara:

1. Meredakan Ketegangan pada Payudara

Dari sudut pandang Ayurveda, metode pengobatan kuno asal India, pijat payudara dapat membantu melepaskan ketegangan.

Jika Anda tidak dipijat, payudara bisa “mandek” karena sebagian besar jaringannya terdiri dari lemak.

Memijat dan menekan payudara dengan gerakan tertentu dapat membantu membersihkan saluran di mana lemak menumpuk.

Penumpukan lemak di jaringan tubuh akan dapat berkontribusi pada pembentukan benjolan jinak. Pijatan dapat membantu memecah benjolan tersebut.

2. Melancarkan ASI pada Ibu Menyusui

Menurut dr. Sepriani L. Limbong, pijat payudara juga dapat bermanfaat bagi ibu menyusui.

“Pada ibu menyusui, pijat payudara bisa menolong untuk membuat lebih rileks, nyaman, dan melancarkan aliran ASI,” jelasnya.

Memijat payudara dapat membantu merangsang aliran darah ke kelenjar susu. Sirkulasi yang lancar dapat melepaskan oksitosin, hormon yang menghambat stres dan depresi.

Memijat payudara secara teratur dapat menjaga ASI dan membuat proses menyusui tidak terlalu menyakitkan.

3. Dapat Membantu Drainase Limfatik

Payudara adalah bagian dari sistem limfatik, yang dapat menjadi padat dan tersumbat, terutama jika Anda pernah menjalani operasi di dada atau area payudara.

Memijat dan melepaskan sumbatan di daerah dada dapat membantu detoksifikasi sistem limfatik. 

Namun, jika Anda pernah menjalani operasi di area dada atau payudara, konsultasikan pada dokter Anda mengenai manfaat memijat payudara yang satu ini.

Artikel lainnya: Berbagai Faktor yang Menentukan Ukuran Payudara Wanita

4. Dapat Meredakan Pembengkakan

Ketika sedang menyusui, Anda mungkin merasa pegal dan sakit di payudara. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan pijat payudara menggunakan minyak esensial. 

Setelah itu, selesaikan pijatan dengan mandi air panas, sauna, atau mengaplikasikan handuk panas. Cara-cara tersebut dapat membuka pori-pori dan membiarkan minyak meresap ke dalam kulit.

Tentunya hal ini dapat membantu meredakan pembengkakan di dalam tubuh.

5. Bermanfaat untuk Menghilangkan Stres

Pijat bisa menjadi sarana meditatif, terutama jika dilakukan di area yang sensitif. Tekanan yang dilakukan dengan lembut di area sensitif akan mengirim sinyal pada sistem saraf sebagai energi penyembuhan yang positif.

Efeknya, Anda bisa menekan pikiran cemas atau marah dan bisa menjadi pereda stres yang hebat.

Itulah beberapa manfaat pijat payudara. Anda tertarik melakukannya? Tak ada salahnya mencoba memijat sendiri atau meminta bantuan professional.

Jangan ketinggalan tips lain menjaga kesehatan dan kekencangan payudara. Unduh aplikasi Klikdokter di ponsel pintar Anda sekarang juga!

[HNS/JKT]

Payudara

Konsultasi Dokter Terkait