Kulit

Obat Alami untuk Mengatasi Infeksi Jamur pada Vagina

Tamara Anastasia, 04 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Infeksi jamur pada vagina bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Tak perlu khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan obat alami infeksi jamur pada miss v berikut ini!

Obat Alami untuk Mengatasi Infeksi Jamur pada Vagina

Infeksi jamur pada vagina adalah kondisi yang mesti diwaspadai. Pasalnya, keadaan tersebut dapat menyebabkan keputihan yang terasa gatal, bahkan menggumpal seperti keju.

Penderita infeksi jamur vagina mesti segera mengobati penyakitnya agar tidak bertambah parah.

Salah satu metode yang mungkin efektif dalam mengobati infeksi jamur pada vagina adalah dengan mengandalkan bahan-bahan alami.

Berikut ini beberapa obat alami infeksi jamur pada miss v yang bisa Anda jadikan pilihan:

1. Yoghurt

Yoghurt adalah makanan yang mengandung probiotik. Ini artinya, jenis makanan tersebut memiliki kandungan bakteri baik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh manusia. 

Studi tahun 2017 menyatakan, mengonsumsi yoghurt secara rutin dan teratur dapat meningkatkan mikrobioma usus dan dapat menghilangkan ragi di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan probiotik dalam yoghurt juga bisa membantu melawan infeksi candida albican yang merupakan penyebab dari infeksi jamur vagina. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup makan satu porsi yoghurt setiap hari. 

2. Asam Borat 

Asam borat topikal direkomendasikan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sebagai obat alami untuk mengatasi infeksi jamur pada vagina. 

Kendati demikian, asam borat tidak dianjurkan untuk digunakan dalam jangka panjang. Bahan alami ini bisa meningkatkan risiko kerusakan ginjal, gangguan peredaran darah, bahkan kematian. 

Jika Anda khawatir atau tak mengetahui dosis asam borat yang tepat untuk mengatasi infeksi jamur pada miss v, lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

3. Minyak Oregano

Oregano merupakan salah satu bahan dapur yang mudah ditemukan di pasaran. Anda bisa memilih minyak oregano sebagai obat alami untuk mengatasi infeksi jamur vagina. 

Faktanya, sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa minyak esensial oregano efektif menghambat pertumbuhan C. albicans

Tapi, perlu diingat, minyak oregano adalah pengencer darah alami. Atas dasar itu, hindari penggunaannya apabila Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa efektif dalam melawan jamur C. Albicans, penyebab infeksi jamur pada vagina. 

Caranya, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada vagina yang mengalami infeksi jamur. Oleskan tipis-tipis saja, dan diamkan selama beberapa saat. Setelahnya, bilas dengan air mengalir tanpa menggunakan sabun dari arah depan ke belakang. 

5. Cuka Apel

Cuka apel juga termasuk salah satu obat alami untuk mengatasi jamur pada kemaluan wanita. 

Caranya, tambahkan setengah cangkir cuka sari apel ke dalam bak mandi yang sudah berisi air bersuhu suam-suam kuku. Berendamlah di air tersebut selama 20 menit. Pastikan Anda berendam tidak melebihi durasi yang telah disebutkan. Berendam melebihi waktu tersebut malah membahayakan kesehatan kulit secara keseluruhan.

6. Bawang Putih 

Dalam studi lab yang dilakukan beberapa tahun silam, bawang putih terbukti dapat memberantas jamur Candida. 

Anda dapat menikmati manfaat tersebut dengan menambahkan bawang putih pada asupan sehari-hari. Hindari mengoleskan bawang putih secara langsung ke vagina, karena malah dapat menyebabkan iritasi dan hal-hal merugikan lainnya.

7. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah antiseptik yang dapat membunuh bakteri dan ragi. Menurut CDC, senyawa ini diproduksi secara alami oleh bakteri Lactobacillus di vagina dan merupakan bagian dari aktivitas biologis tubuh untuk melawan ragi.

Untuk dapat merasakan manfaat yang satu ini, Anda mesti menjaga kebersihan vagina dengan saksama. Caranya, hindari penggunaan sabun berpewangi atau vaginal douching. Saat membasuh vagina, pastikan air mengalir dari arah depan ke belakang.

Hindari memaparkan Hidrogen peroksida secara langsung ke vagina, karena berpotensi menimbulkan dampak yang merugikan kesehatan organ kewanitaan Anda.

Artikel Lainnya: Amankah Penggunaan Tisu Vagina atau Feminine Wipes

Itu dia beberapa obat alami infeksi jamur pada miss v. Perlu digarisbawahi, bahan-bahan tersebut mungkin akan menimbulkan reaksi yang berbeda pada setiap orang. 

Sebagian orang mungkin tidak akan merasakan reaksi apa pun. Sementara bagi sebagian yang lain, bahan-bahan tadi bisa saja membuat infeksi vagina bertambah parah.

Karena pada dasarnya, kata dr. Sepriani Timurtini Limbong, hingga saat ini belum ada penelitian sahih yang mengatakan bahwa bahan-bahan alami tersebut dapat mengobati infeksi jamur pada vagina.

“Sebenarnya memang tidak direkomendasikan untuk memakai bahan alami. Jika ingin mengobati infeksi jamur vagina dengan efektif dan aman, gunakanlah obat antijamur yang direkomendasikan oleh dokter,” saran dr. Sepriani.

Anda diminta untuk lebih berhati-hati apabila ingin memanfaatkan bahan-bahan alami di atas sebagai obat jamur pada kemaluan wanita. Agar lebih aman, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

herbalVaginaInfeksi Jamur

Konsultasi Dokter Terkait