Perawatan Pria

Rambut Pria Bisa Rontok Akibat Masturbasi atau Onani, Benarkah?

Zahra Aminati, 03 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Terdapat anggapan bahwa salah satu kondisi yang bisa terjadi akibat masturbasi adalah rambut rontok. Apakah medis sependapat dengan hal itu? Cek faktanya!

Rambut Pria Bisa Rontok Akibat Masturbasi atau Onani, Benarkah?

Terdapat banyak teori yang beredar mengenai masturbasi pada pria alias onani. Salah satu teori yang mungkin sudah tak asing di telinga Anda, yaitu masturbasi penyebab rambut rontok.

Dikatakan bahwa pria yang sering melakukan masturbasi atau onani lebih berisiko mengalami kerontokan rambut yang parah.

Apakah medis setuju dengan hal tersebut? Benarkah rambut bisa rontok akibat masturbasi?

Masturbasi pada Pria, Penyebab Rambut Rontok?

Menurut dr. Arina Heidyana, hingga saat ini belum ada penelitian yang mengatakan bahwa masturbasi dapat mengakibatkan rambut rontok pada pria. Dengan kata lain, anggapan tersebut hanyalah mitos belaka.

Mitos masturbasi penyebab rambut rontok mungkin berasal dari pendapat bahwa air mani mengandung protein tingkat tinggi.

Oleh karena itu, setiap ejakulasi, tubuh akan kehilangan protein yang digunakan untuk menunjang pertumbuhan rambut.

Artikel Lainnya: Benarkah Keseringan Onani Bikin Penis Kecil?

Memang benar bahwa air mani mengandung protein tinggi. Faktanya, terdapat protein sekitar 5,04 gram per 100 mililiter air mani.

Akan tetapi, cairan ejakulasi yang keluar dari penis umumnya tidak akan mencapai 100 mililiter. Atas dasar itu, dalam sekali ejakulasi, protein yang terkandung di dalam cairan tersebut hanya sekitar 3,3 hingga 3,7 mililiter. Ini merupakan jumlah yang sedikit.

Selain yang telah disebutkan, ada pula teori lain tentang masturbasi penyebab rambut rontok yang beredar di masyarakat.

Teori ini mengatakan bahwa tindakan tersebut dapat meningkatkan hormon dihydrotestosterone (DHT), yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Tentu saja, sama seperti sebelumnya, hal tersebut hanyalah mitos. Pasalnya, sebuah penelitian tahun 2001 menyatakan bahwa masturbasi atau onani tidak berhubungan dengan produksi hormon DHT.

Sejalan dengan temuan tersebut, hingga saat ini masturbasi pada pria atau onani juga belum terbukti secara medis dapat menyebabkan hal-hal sebagai berikut:

  • Tumbuhnya rambut di telapak tangan
  • Dapat menyebabkan kebutaan
  • Dapat menyebabkan impotensi

Artikel Lainnya: Menilik Frekuensi Ejakulasi yang Ideal bagi Pria untuk Jaga Kesehatan

Penyebab Rambut Rontok yang Sebenarnya

Seperti yang dikatakan sebelumnya, rambut rontok berhubungan erat dengan hormon DHT di dalam tubuh. Ingat, hormon tersebut tak berkaitan dengan masturbasi atau onani.

Jika Anda mengalami rambut rontok, hal tersebut mungkin terjadi akibat pengaruh gaya hidup sehari-hari; seperti pola makan, faktor genetik atau keturunan, konsumsi obat-obatan tertentu, stres, dan lainnya.

Baca selengkapnya tentang penyebab rambut rontok di artikel berikut: (Menurut Dokter, Ini Penyebab Tersering Rambut Rontok).

Masturbasi atau onani tidak terbukti dapat menjadi penyebab rambut rontok. Tindakan ini pun sama sekali tidak mempengaruhi aspek kesehatan rambut seseorang.

Kerontokan pada rambut bisa terjadi karena nutrisi yang dikonsumsi, serta masalah pada gaya hidup. Cara untuk mengatasinya adalah berkonsultasi kepada dokter dan  mengubah pola makan dan gaya hidup menjadi lebih sehat.

Ingin tahu lebih lanjut tentang akibat masturbasi pada kesehatan? Punya pertanyaan mengenai penyebab rambut rontok?

Anda bisa melakukan konsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

MasturbasiKesehatan Rambutonani

Konsultasi Dokter Terkait