Reproduksi

Bantu Cepat Hamil, Ini Manfaat Stroberi untuk Kesuburan

Tamara Anastasia, 07 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Stroberi mengandung antioksidan tinggi yang dipercaya efektif menjaga kesehatan sperma dan menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel.

Bantu Cepat Hamil, Ini Manfaat Stroberi untuk Kesuburan

Terkadang, merencanakan kehamilan tidak semudah membalikkan tangan. Namun, salah satu cara sukses program hamil yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi buah-buahan, misalnya stroberi.

Stroberi disebut-sebut efektif meningkatkan kesuburan. Buah ini mengandung antioksidan dan vitamin C tinggi. Ada pula kandungan flavonoid kaempferol dan quercetin, serta vitamin B, folat, mangan, dan kalium.

Berikut ini beberapa manfaat stroberi untuk program hamil:

 

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Agar cepat hamil, salah satu faktor yang cukup berpengaruh adalah berat badan. Anda sebaiknya miliki berat badan yang cukup ideal (tidak terlalu kurus atau terlalu gemuk) ketika berencana punya anak.

Melansir Fit for Fertility, stroberi tergolong rendah kalori. Dalam 100 gram buah stroberi hanya mengandung sekitar 30 kalori. Pola makan dengan menyertakan buah stroberi sebagai camilan bisa membantu menurunkan berat badan.

Artikel lainnya: Ragam Buah untuk Kesuburan Kandungan Agar Cepat Hamil

2. Kaya Asam Folat

Stroberi kaya akan folat. Asam folat sangat penting baik sebelum dan sesudah konsepsi (pembuahan). Sebanyak 125 g stroberi bisa memenuhi 10 persen kebutuhan folat harian.

Pada wanita, asam folat diketahui bisa menjaga kesehatan dan fungsi indung telur atau ovarium. Nantinya, manfaat ini akan mendukung proses pembuahan, pembentukan janin, dan menjaga kesehatan kandungan.

Asam folat juga penting untuk meningkatkan sistem kekebalan, melawan infeksi, dan meningkatkan penyerapan zat besi.

3. Kaya Antioksidan

Dokter Reza Fahlevi menjelaskan, “Selain kaya akan vitamin C dan rendah gula, buah stroberi juga punya kandungan antioksidan yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh secara general.”

Untuk kesuburan, antioksidan akan melindungi sperma dari radikal bebas. Pasalnya, radikal bebas bisa menghambat pergerakan dan kualitas sperma, serta menurunkan jumlahnya.

Karenanya, pria dan juga wanita butuh makan makanan kaya antioksidan agar terhindar dari paparan radikal bebas.

Artikel lainnya: Cara Alami Meningkatkan Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil

4. Kaya Vitamin C

Stroberi menjadi salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Kandungan ini akan membantu produksi hormon yang bertanggung jawab menjaga sel telur pada wanita.

Jika stroberi dikonsumsi setiap hari, maka sel telur akan terus terjaga kesehatannya. Tapi, jangan hanya mengandalkan stroberi. Terapkan pula pola hidup sehat lainnya untuk menjaga kualitas sel telur.

5. Meningkatkan Gerak dan Kualitas Sperma

Vitamin C di dalam buah stroberi efektif membantu meningkatkan motilitas (pergerakan) dan kualitas sperma.

Itulah kelima manfaat stroberi untuk kesuburan. Meski begitu, dr. Reza mengatakan penelitian tentang kaitan stroberi dengan kesuburan masih sangat terbatas.

Jadi, belum ada rekomendasi pasti berapa banyak stroberi yang dimakan untuk meningkatkan kesuburan.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar program hamil dan kesuburan, gunakan Live Chat dokter. Anda juga bisa menghitung masa subur lebih mudah dengan Kalender Kesuburan.

(FR/JKT)

stroberiKesuburanProgram Hamil

Konsultasi Dokter Terkait