Kanker

Panduan Self Care untuk Perawatan Kanker Payudara

Tamara Anastasia, 07 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Guna menunjang kesembuhan, penderita kanker payudara dianjurkan untuk melakukan self care. Seperti apa self care yang tepat untuk perawatan kanker payudara? Cek di sini.

Panduan Self Care untuk Perawatan Kanker Payudara

Dinyatakan mengalami kanker payudara tentu dapat menambah beban pikiran seorang wanita. Meski demikian, bukan berarti Anda hanya bisa pasrah dan menerima keadaan begitu saja.

Anda tetap harus berupaya melawan penyakit tersebut, agar tingkat kesembuhan bisa bertambah. Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk hal tersebut adalah self care.

Berikut ini panduan self care yang tepat untuk perawatan kanker payudara agar kondisi tidak semakin parah:

1. Konsultasi dengan Pakar Kesehatan 

Anda wajib mengonsultasikan kondisi yang sedang dialami kepada dokter. Anda bisa melaporkan gejala, dan menanyakan segala hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang kesembuhan. 

Anda juga bisa bertanya kepada dokter mengenai gaya hidup yang tepat guna membantu mengoptimalkan proses penyembuhan. Jika nantinya Anda diminta untuk rutin kontrol ke dokter, sebaiknya patuhi anjuran tersebut. 

2. Terima Bantuan Orang Lain

Sebelum terdiagnosis mengalami kanker payudara, Anda mungkin termasuk orang yang mandiri sehingga merasa tak memerlukan uluran tangan dari orang lain. 

Namun, hal seperti itu tidak melulu baik bagi diri sendiri, apalagi di saat Anda mengalami penyakit yang cukup berat seperti kanker payudara.

Cobalah untuk mulai membuka diri untuk meminta dan menerima bantuan orang lain, agar kondisi yang Anda alami tidak terasa semakin sulit. 

Menerima bantuan orang lain juga bisa membantu memicu munculnya pikiran bahwa Anda tak sendirian dalam menghadapi kondisi ini.

3. Bercerita dengan Kerabat 

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi, Psikolog, membicarakan apa yang sedang dirasakan bisa membuat beban dalam pikiran berkurang. 

Tujuan lain dari cerita dengan kerabat adalah untuk mengurangi emosi dan pikiran negatif yang mungkin bisa muncul sewaktu-waktu selama perawatan kanker payudara.

4. Cari Informasi Tentang Pola Hidup Sehat 

“Mulai mencari informasi-informasi yang berhubungan dengan gaya hidup sehat,” saran Ikhsan.

“Mulailah juga mencoba untuk membuat jadwal satu per satu tentang aktivitas sehat apa yang bisa dilakukan, seperti tidur 7–8 jam, membatasi makanan tertentu, atau melakukan olahraga ringan dan rutin,” sambungnya.

Artikel Lainnya: Benarkah Penderita Kanker Tidak Boleh Mengonsumsi Gula dan Susu?

5. Habiskan Waktu di Luar Rumah

Jangan sungkan untuk pergi ke luar rumah sambil bersantai. Tak perlu jauh-jauh; di halaman rumah pun sudah cukup.

Anda bisa melakukannya sambil menyiram pohon, berkebun, atau sekadar menikmati suasana setempat. 

Namun, ingat, jangan lakukan aktivitas yang berat, karena dikhawatirkan akan berdampak kurang baik pada kondisi kesehatan Anda. 

Hindari juga berjemur di bawah matahari saat cuaca sedang terik, karena malah bisa menyebabkan badan lemas dan dehidrasi.

6. Melakukan Hobi

Meski mengalami kanker payudara, bukan berarti Anda tak bisa melakukan hobi yang disenangi. 

Jika hobi Anda melibatkan aktivitas berat, cobalah untuk mencari kegiatan lain yang juga menyenangkan tanpa perlu usaha lebih; seperti menulis jurnal, membuat vlog, menggambar, atau bermain games

7. Sadari Kemampuan diri 

“Sadarilah batasan diri. Contoh, Anda sudah tidak bisa melakukan kegiatan berat. Maka, dengan tidak melakukannya, Anda sudah melakukan self care karena turut menjaga kondisi tubuh yang sedang tidak baik-baik saja,” ucap Ikhsan.

“Konsultasikan kepada dokter jika Anda ingin tahu lebih pasti sejauh mana batasan diri. Anda juga bisa menanyakan aktivitas apa saja yang masih mungkin dilakukan dengan kondisi saat ini,” tutur Ikhsan. 

Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Kanker yang Bisa Menimbulkan Jerawat

8. Fokus dengan Kesembuhan

Fokuskan pikiran Anda pada perawatan yang sedang dilakukan. Jadikan kesembuhan sebagai prioritas utama yang mesti diraih dengan segala upaya. 

Apabila Anda susah sembuh, boleh saja jika Anda ingin melakukan kegiatan seperti dahulu kala. 

9. Temukan Tujuan Hidup

Tidak sedikit penderita kanker yang ingin menyerah dengan kondisinya. Hal ini justru bisa memicu aura negatif, dan menyulitkan proses penyembuhan. 

Karenanya, akan lebih baik jika Anda menemukan dan memupuk kembali tujuan dalam hidup. Anda bisa membuat daftar; hal apa saja yang ingin dilakukan ketika sudah sembuh nanti.

Butuh bantuan lebih lanjut terkait perawatan kanker payudara? Anda bisa meminta saran secara langsung dari dokter maupun psikolog melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

KankerKanker Payudara

Konsultasi Dokter Terkait