Kesehatan Umum

Benarkah Air Rendaman Selada Bikin Cepat Tidur?

Tri Yuniwati Lestari, 27 Jul 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Beredar kabar tentang manfaat rendaman air selada untuk tidur. Benarkah air selada bikin ngantuk? Ketahui faktanya di sini.

Benarkah Air Rendaman Selada Bikin Cepat Tidur?

Kurang tidur dapat membuat sulit fokus, badan lemas, dan kehilangan semangat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Namun, ada sebuah tips yang beredar yaitu meminum rendaman air selada untuk tidur. Anda hanya perlu merendam daun selada di air hangat selama beberapa menit, angkat daunnya, lalu minum airnya.

Dikatakan, kurang dari 30 menit Anda akan merasa mengantuk setelah minum rendaman air selada. Lantas, apa benar cara ini efektif dalam medis?

 

Benarkah Manfaat Rendaman Air Selada Bikin Ngantuk?

Melansir Everyday Health, mengenai manfaat air selada untuk tidur, memang ada penelitian yang menjelaskan hubungan selada dengan efek tidur.

Artikel Lainnya: Tanda-tanda Tidur Anda Kurang Nyenyak

Salah satu penelitiannya diterbitkan pada Mei 2017 di jurnal Food Science Biotechnology. Penelitian ini mendukung klaim air selada dapat meningkatkan kualitas tidur.

Studi tersebut menemukan, beberapa varietas ekstrak selada, khususnya selada Romaine warna merah, memengaruhi penambahan durasi tidur pada tikus dalam dosis rendah dan tinggi.

Namun, Michael Breus, PhD, seorang psikolog klinis dan penulis buku, menunjukkan penelitian tersebut tidak banyak mendukung hipotesis bahwa air selada bekerja sebagai pembantu tidur karena berbagai alasan.

Salah satunya, ia mencatat ekstrak selada bukanlah zat yang membuat tikus tertidur, tapi membantu tidur lebih lama.

Michael menjelaskan, tikus-tikus dalam penelitian tersebut telah disuntik dengan obat pentobarbital (obat penenang) agar tertidur segera setelah diberikan campuran air rendaman selada.

Kemudian, para peneliti membandingkan efek menginduksi tidur dari selada daun hijau dan merah serta durasi waktu tidur dari tikus tersebut. Namun, penelitian tidak melihat efek tidur cepat pada tikus.

Melansir Health, Christopher Winter, MD, seorang peneliti dari Charlottesville Neurology and Sleep Medicine, AS, mengatakan selada mengandung lactucarium. Zat ini memiliki struktur yang sama dengan opium yang digunakan untuk obat penenang.

Artikel Lainnya: Berbagai Kebiasaan Sebelum Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Namun, dr. Winter mengatakan, untuk mendapatkan jumlah lactucarium agar menghasilkan rasa mengantuk, diperlukan banyak selada untuk direndam yaitu sekitar 4-5 daun.

Menurut dr. Arina Heidyana, belum ditemukan adanya penelitian pada manusia terkait konsumsi air rebusan selada untuk tidur cepat.

Sampai saat ini, penelitian masih sebatas pada hewan. Dokter Arina menjelaskan, masih belum dapat ditarik kesimpulan apakah meminum rebusan daun selada dapat membuat mengantuk lebih cepat.

Berbahayakah Minum Rendaman Air Selada Sebelum Tidur?

Manfaat air selada untuk tidur memang belum diketahui pasti. Namun, menurut dr. Arina, meminum air rendaman selada tidak akan menimbulkan efek berbahaya. Yang jelas, perhatikan jumlah air selada yang akan diminum terutama saat mau tidur.

“Kebanyakan minum air sebelum tidur malah dapat membuat sering terbangun untuk buang air kecil dan malah mengganggu tidur,” ucap dr. Arina.

Cara membuat tidur atau mengantuk lainnya yang bisa dicoba adalah minum teh chamomile atau teh akar valerian. Minum secangkir teh setiap malam beberapa jam sebelum tidur dapat memberi sinyal ke tubuh untuk beristirahat.

Jika Anda memiliki gangguan tidur, berkonsultasilah dengan dokter atau psikolog melalui layanan LiveChat di Klikdokter.

(FR/AYU)

tidurNutrisiInsomnia

Konsultasi Dokter Terkait