Perawatan Wanita

Efek Pemakaian Crystal X pada Vagina, Bermanfaat atau Berbahaya?

Tamara Anastasia, 29 Agt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Terdapat sebuah teori yang menyebut bahwa crystal X bisa bermanfaat untuk mengencangkan vagina. Apakah medis sependapat? Yuk, cek faktanya!

Efek Pemakaian Crystal X pada Vagina, Bermanfaat atau Berbahaya?

Pada wanita yang sudah berumur, otot vagina dipercaya bisa mengendur sehingga membuat hubungan seksual tidak senyaman sebelumnya. 

Sebagian wanita yang mengalami kondisi tersebut berupaya untuk mengatasinya dengan mengandalkan crystal X. Pasalnya, salah satu manfaat crystal X yang banyak digembar-gemborkan adalah dapat mengencangkan vagina.

Lalu, apakah medis sepaham dengan hal tersebut? Benarkah penggunaan crystal X bisa memberikan manfaat pada vagina?

Mengenal Crystal X dan Fungsinya untuk Organ Kewanitaan

Tips untuk Mengatasi Vagina Gatal (Taras Mikhailyuk/Shutterstock)

Crystal X atau juga dikenal dengan istilah vaginal stick merupakan sebuah tongkat seukuran jari kelingking. Benda ini diklaim mengandung berbagai bahan herbal, yang dipercaya bisa mengencangkan vagina. 

Cara menggunakannya pun mudah. Kamu cukup memasukkan crystal X ke dalam liang vagina, lalu diamkan selama dua menit. Setelahnya, benda tersebut disebut bisa mengencangkan vagina sebelum berhubungan seksual. 

Manfaat crystal X tersebut disinyalir karena kandungan herbal di dalamnya mampu menyerap cairan pelumas alami dari vagina. Oleh karena itu, vagina akan terasa lebih kesat dan kencang.

Artikel Lainnya: Cara Melakukan Senam Kegel

Bukannya Bermanfaat, Waspadai Efek Samping Crystal X

5 Fakta Wajib Tahu tentang Infeksi Vagina (Voyagerix/shutterstock)

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa crystal X bisa membantu mengencangkan vagina. Bukannya bermanfaat, penggunaan crystal X malah bisa mengancam kesehatan organ kewanitaan.

Berikut ini beberapa kemungkinan efek samping yang bisa terjadi akibat penggunaan crystal X pada vagina:

1. Vagina Nyeri

Crystal X mengandung tawas. Karena kandungan tersebut, cairan yang menjadi pelumas alami vagina bisa berkurang. 

Hal ini dapat menyebabkan vagina kering, sehingga malah menimbulkan rasa nyeri apabila melakukan hubungan seksual.

2. Vagina Lecet 

Kulit yang kering akan lebih mudah mengalami iritasi. Hal tersebut nyatanya juga berlaku untuk vagina.

Kekurangan cairan pelumas pada vagina dapat membuat organ tersebut lecet, bahkan terluka. Kondisi vagina yang demikian berpotensi lebih tinggi untuk mengalami perdarahan. 

Artikel Lainnya: Jenis Olahraga yang Bisa Tingkatkan Vitalitas Seksual

3. Iritasi pada Dinding Vagina 

Bahan-bahan herbal yang diklaim ada di dalam crystal X tidak sepenuhnya aman bagi kesehatan vagina. 

Bukan tidak mungkin, paparan bahan-bahan tersebut malah dapat mencetuskan iritasi pada dinding vagina. 

4. Risiko Infeksi 

Benda apa pun yang dimasukan ke dalam vagina bisa meningkatkan risiko infeksi, baik oleh virus, bakteri, parasit, maupun jamur. 

Kondisi tersebut adalah awal mula munculnya keputihan berbau busuk dan menggumpal seperti keju. Bahkan, pada beberapa kasus, infeksi pada vagina dapat pula menyebabkan kanker.

Berbagai risiko ini dapat muncul dalam jangka waktu berbeda-beda. Misalnya, keluhan lecet dan nyeri bisa segera dirasakan saat dan setelah pemakaian. Keluhan iritasi dapat muncul dalam hitungan menit hingga jam.

Beberapa wanita mungkin terpikir untuk menggunakan crystal X saat haid. Namun, hal ini pun kurang disarankan. Karena dampak buruk yang mungkin terjadi, lebih baik kamu menghindari benda yang satu ini.

Wanita yang ingin memiliki vagina kencang sebaiknya melakukan hal alami yang sudah terbukti aman dan efektif. Contohnya senam Kegel, latihan squat, dan yoga.

Crystal X tidak terbukti bermanfaat untuk mengencangkan vagina. Penggunaan benda ini malah dapat mengancam kesehatan organ kewanitaanmu. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu menghindari penggunaannya.

Apabila ingin tahu cara yang terbukti aman dan efektif untuk mengencangkan vagina, kamu dapat konsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui Tanya Dokter. #JagaSehatmu selalu!

[RS]

Crystal X

Konsultasi Dokter Terkait