Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Kulit Bisa Mengalami Lima Hal Ini Jika Peredaran Darah Tak Lancar

Kulit Bisa Mengalami Lima Hal Ini Jika Peredaran Darah Tak Lancar

Peredaran darah yang tidak lancar dapat memengaruhi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kulit. Apa dampak peredaran darah tak lancar bagi kulit?

Kulit yang kurang sehat dapat ditandai dengan gejala kusam, kering, kemerahan, dan mudah iritasi. Kondisi tersebut tak selalu disebabkan oleh paparan debu atau pemakaian skincare yang kurang cocok.

Peredaran darah dalam tubuh yang kurang lancar juga bisa memengaruhi kesehatan kulit.

Menurut dr. Atika, “Kulit dan sirkulasi darah saling berhubungan karena sirkulasi darah akan mengantarkan sari-sari makanan dan oksigen ke kulit.”

Peredaran darah juga membantu mengangkut racun dan karbon dioksida di dalam tubuh untuk keluar melalui kulit. Jika sistem peredaran darah tidak lancar, hal ini akan berdampak kepada penampilan dan fungsi kulit Anda.

Artikel Lainnya: Ini Kebutuhan Vitamin untuk Lancarkan Peredaran Darah

Berikut adalah masalah-masalah kesehatan kulit yang muncul akibat peredaran darah tidak lancar.

1 dari 4 halaman

1. Kulit Lebih Kusam

Peredaran darah yang tidak lancar dapat menyebabkan pasokan oksigen serta nutrisi ke kulit jadi berkurang.

Dampaknya, warna kulit Anda dapat berubah. Kekurangan oksigen dapat membuat kulit terlihat kusam dan pucat.

2. Muncul Bercak di Kulit

Bercak dapat muncul saat kulit tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Lalu, bila peredaran darah yang mengandung oksigen terhambat atau tak bekerja maksimal, racun dapat menumpuk di dalam kulit. Penumpukan racun dapat menyebabkan munculnya bercak-bercak gelap di kulit.

2 dari 4 halaman

3. Muncul Ruam

Peredaran darah yang kurang lancar dapat membuat racun menumpuk di kulit. Dampaknya, sel-sel di dalam kulit jadi kurang sehat dan rentan mengalami peradangan.

Lalu ketika tidak mendapatkan suplai darah yang cukup, kulit jadi kering akibat tidak terhidrasi dengan baik.

4. Sulit Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan penyebab utama dari penuaan dini. Untuk menangkal dan melawan radikal bebas, kulit membutuhkan antioksidan.

Antioksidan dibawa oleh darah ke seluruh organ tubuh, termasuk ke kulit. Jika peredaran darah tidak lancar, maka kulit tidak mendapatkan antioksidan dalam jumlah cukup.

Bahaya radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel sehat di kulit. Salah satu dampak radikal bebas adalah muncul tanda penuaan dini seperti adanya kerutan dan garis-garis halus di kulit.

Artikel Lainnya: Manfaat Kunyit untuk Melancarkan Peredaran Darah

3 dari 4 halaman

5. Muncul Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Peredaran darah yang tidak lancar dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Anda perlu tahu, kulit di sekitar mata sangat tipis dan halus.

Bila peredaran darah kurang lancar, kulit bagian mata akan kekurangan pasokan darah yang mengandung oksigen. Dampaknya, warna kulit bawah mata Anda menjadi kebiruan atau gelap.

Untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh, ada beberapa hal dasar yang dapat Anda lakukan. Di antaranya, Anda harus menjalani gaya hidup sehat, seperti makan makanan bergizi dan berolahraga.

Anda juga dapat berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan ke dokter mengenai masalah kulit yang muncul akibat peredaran darah kurang lancar.

Apabila mau tahu informasi kesehatan lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar