Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Medfact: Cuci Hidung Pakai NaCl Kurangi Risiko COVID-19?

Medfact: Cuci Hidung Pakai NaCl Kurangi Risiko COVID-19?

Cuci hidung pakai larutan NaCl disebut-sebut dapat hilangkan virus dan bakteri. Bagaimana dengan infeksi COVID-19? Cek faktanya di sini.

Belum lama ini beredar informasi yang menyebutkan cuci hidung menggunakan larutan natrium klorida (NaCl) dapat menghilangkan virus dan bakteri.

Apakah manfaat cuci hidung dengan NaCl dapat mengurangi risiko penularan COVID-19 juga?

1 dari 2 halaman

Menelusuri Manfaat Larutan NaCl untuk COVID-19

Kabar yang menyebutkan larutan NaCl dapat menghilangkan seluruh virus dan bakteri di rongga hidung merupakan informasi keliru. Dokter Devia Irine Putri mengatakan larutan NaCl juga tidak dapat mengurangi risiko terinfeksi COVID-19.

“Kalau sudah terpapar atau terinfeksi virus, maka tidak bisa dihilangkan dengan cuci hidung. Hanya saja, cuci hidung bisa membantu mengurangi jumlah virus yang ada di mukosa hidung, sehingga risiko peradangan berkurang,” jelas dr. Devia.

Artikel Lainnya: Buah yang Baik Dikonsumsi Pasien COVID-19

Virus corona atau SARS-CoV-2 merupakan virus yang sangat ganas. Pengaruh virus ini pada mukosa hidung dan nasofaring pun sangat signifikan. Hal ini meliputi keluhan anosmia (kehilangan kemampuan indra penciuman).

Mukosa hidung sendiri merupakan jaringan tipis yang melapisi rongga hidung bagian dalam. Jaringan ini berfungsi menghalau bakteri dan alergen berbahaya yang terhirup hidung agar tidak masuk ke paru-paru.

Adapun nasofaring merupakan bagian atas tenggorokan. Letaknya berada di belakang hidung dan di balik langit-langit mulut.

Sebuah penelitian yang dirilis jurnal JAMA Network pada 23 Juli 2020 mengungkapkan, larutan NaCl dapat mendukung mukosiliar hidung atau fungsi pertahanan mukosa hidung.

Mukosiliar hidung merupakan mekanisme mukosa hidung dalam membersihkan diri. Cara kerjanya dengan mengangkut partikel asing yang terperangkap pada parut lendir menuju nasofaring.

Penelitian tersebut menjelaskan, larutan NaCl mungkin aman digunakan pasien COVID-19 yang sebelumnya memiliki rinosinusitis atau kondisi peradangan pada rongga hidung dan sinus paranasalis.

Dengan catatan, cairan NaCl maupun cartridge (botol) yang digunakan untuk menginjeksi NaCl steril dari kontaminasi patogen.

Pasien juga wajib menjaga kebersihan tangan dan permukaan benda di sekitar lokasi injeksi NaCl. Hal ini bertujuan menghindari kemungkinan infeksi hidung lainnya di kemudian hari.

Meski begitu, riset tersebut mengungkapkan, masih butuh penelitian lanjutan guna membuktikan metode tersebut juga efektif mencegah COVID-19.

Riset ini tidak mengonfirmasi khasiat larutan NaCl dalam menghilangkan infeksi virus corona dan mencegah penularannya.

Artikel Lainnya: Sudah Sembuh dari COVID-19, Masih Perlu Konsumsi Vitamin D?

Senada dengan studi tersebut, penelitian lainnya seperti dirilis National Center for Biotechnology Information, AS, pada 15 Agustus 2020 menekankan, butuh uji klinis acak pada populasi besar guna memverifikasi manfaat cuci hidung dengan NaCl dalam mencegah penyebaran coronavirus.

Selama ini, manfaat utama cuci hidung dengan NaCl sendiri, menurut dr. Devia, adalah membersihkan debu dan kotoran yang menumpuk pada hidung.

“Selain itu, mencegah infeksi dan mengurangi kekambuhan pada kasus alergi,” tambahnya.

Berdasarkan studi University of Michigan Health, AS, larutan NaCl juga dapat membersihkan lendir hidung yang kental maupun mengering akibat suhu lingkungan ataupun infeksi.

Manfaat cuci hidung dengan NaCl lainnya dapat membantu fungsi silia pada pasien yang mengalami sinus dan post-nasal drip (aliran lendir berlebih dari hidung ke tenggorokan).

Melansir Healthline, beberapa penelitian menunjukkan cuci hidung dengan larutan NaCl efektif mengobati sinusitis akut dan kronis, serta alergi.

Larutan NaCl disebut-sebut juga dapat menjaga kelembapan selaput lendir dan membuat hidung terasa lebih nyaman.

Itu dia fakta soal manfaat cuci hidung pakai larutan NaCl. Jika ingin tanya lebih lanjut seputar COVID-19, konsultasi ke dokter via Live Chat.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar