Sukses

Jangan Ucapkan Hal Ini pada Orang yang Mengidap Kanker

Saat teman didiagnosis kanker, ada beberapa ucapan yang sebaiknya tidak dilontarkan. Menurut psikolog, kalimat-kalimat ini pantang diucapkan!

Mendengar kerabat atau teman divonis mengidap kanker pastinya menimbulkan duka tersendiri di hati Anda. Berbagai ucapan semangat dan doa agar cepat sembuh pasti akan dilontarkan kepada pasien kanker. 

Kendati begitu, Anda harus tahu kalimat atau hal apa yang tidak boleh dikatakan pada pasien kanker. 

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, berikut beberapa kalimat atau ucapan yang sebaiknya tidak diucapkan kepada teman yang menderita kanker

1. “Mungkin ini karena pola hidup kamu yang buruk”

“Kita tidak boleh ikut menyalahkan pola hidup penderita kanker. Hal ini membuat penderita kanker menjadi semakin terpojok dan merasa bersalah atas apa yang sudah dilakukan semasa hidupnya,” jelas psikolog Ikhsan.  

Mengucapkan kalimat ini juga dapat membuat pengidap kanker merasa putus asa dan tidak punya semangat hidup.

Artikel Lainnya: Jangan Katakan Ini pada Penderita Kanker Paru

1 dari 3 halaman

2. “Setiap orang pasti punya masalah, jadi jangan terlalu dibuat stres”

Setiap manusia memiliki masalah di dalam hidupnya. Akan tetapi, tidak boleh membandingkan masalah Anda dengan apa yang orang lain hadapi. 

Setiap individu memiliki beban atau kesanggupan yang berbeda-beda saat tertimpa musibah. Jadi, jangan menyamakan atau membandingkan masalah Anda dengan orang lain, termasuk kepada orang yang didiagnosis mengidap kanker. 

3. “Jangan fokus ke satu pengobatan, coba pakai pengobatan lainnya” 

Anda tidak bisa memaksa penderita kanker untuk melakukan berbagai macam pengobatan, baik pengobatan alternatif atau pengobatan modern. Meski maksud dan tujuan Anda baik, tapi coba konsultasikan dulu dengan dokter atau orangtua dari kerabat mengenai pengobatan ini. 

Menurut Psikolog Ikhsan, penderita kanker mungkin tidak ingin mencoba  pengobatan lain karena treatment utama penyakit ini umumnya sudah memberikan efek samping parah dan berat.

4. “Kalau kena kanker seperti ini, pekerjaan kamu bakal gimana?”

Saat teman sedang fokus menjalani pengobatan kankernya, sebaiknya Anda tidak bertanya terlalu banyak mengenai pekerjaan mereka.

Lebih baik ganti pertanyaan tersebut dengan kalimat yang lebih menenangkan seperti, “Sudah, nggak usah dipikirkan masalah pekerjaannya. Fokus dulu pengobatan supaya cepat sehat. Kalau sudah pulih, baru boleh kembali bekerja seperti biasa.”

Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Kanker yang Bisa Menimbulkan Jerawat

2 dari 3 halaman

5. “Bagaimana, sudah bikin surat wasiat belum?”

Penderita kanker tidak perlu mendengar ucapan seperti ini. Meski beberapa orang melontarkan kalimat ini dengan tujuan bercanda, ucapan ini justru membuat pasien kanker semakin rendah diri dan pesimis untuk bisa sembuh.

6. “Maaf nggak bisa jenguk karena masih sibuk bekerja”

Alasan sibuk bekerja justru bisa menyinggung perasaan penderita kanker. Apabila tidak bisa menyempatkan diri untuk menjenguk, jelaskan dengan alasan yang netral dan tidak menyakiti hati pasien kanker. 

Terkadang, penderita kanker hanya butuh teman untuk berbincang dan bercerita. Dengan hadirnya Anda sebagai teman ngobrol atau curhat, pikiran mereka tentang kondisi kanker yang dialaminya dapat teralihkan. 

7. “Penampilan kamu buruk banget, semoga cepat kembali seperti dulu”

Beberapa efek samping pengobatan kanker dapat membuat tubuh pasien terlihat lebih kurus dan tak bersemangat. Tanpa perlu diberi tahu, penderita kanker umumnya sadar bahwa penampilan mereka berubah. 

Maka itu, pantang menyinggung penampilan pasien kanker yang umumnya pasti mengalami perubahan.

Itu dia ketujuh hal yang tidak boleh dikatakan pada pasien kanker. Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar