Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Menyingkap Manfaat Minyak Kasturi untuk Kesehatan Vagina

Menyingkap Manfaat Minyak Kasturi untuk Kesehatan Vagina

Minyak kasturi dianggap bermanfaat untuk kesehatan vagina. Apakah medis sependapat dengan ini? Berikut fakta mengenai manfaat minyak kasturi untuk kewanitaan.

Anda mungkin sudah tidak asing dengan castor oil atau minyak kasturi. Bahan alami yang memiliki harga relatif tinggi ini menjadi incaran sebagian orang, karena diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan.

Satu di antara manfaat yang disinyalir ada di dalam minyak kasturi adalah menjaga kesehatan vagina.

Artikel Lainnya: Manfaat Buah Cranberry untuk Kesehatan Vagina

Lebih lengkapnya, berikut ini beberapa manfaat castor oil untuk vagina yang konon bisa Anda rasakan apabila diaplikasikan secara rutin dan teratur ke organ kewanitaan:

1 dari 4 halaman

1. Membuat Vagina Lebih Wangi

Minyak kasturi punya aroma yang cukup kuat dan bisa bertahan lama. Karenanya, penggunaan minyak kasturi pada vagina bisa membuat organ intim memiliki aroma yang lebih wangi.

Hal tersebut bisa membuat wanita lebih percaya diri, khususnya saat sedang melakukan hubungan seks dengan pasangan.

2. Mencegah Perdarahan Setelah Haid

Biasanya, 1 atau 2 hari setelah haid akan muncul bercak darah sisa yang mungkin belum dibuang. Hal ini konon bisa dicegah dengan mengaplikasikan minyak kasturi pada vagina.

Diyakini bahwa mengoleskan minyak kasturi pada vagina bisa mencegah darah tersebut keluar. Dengan demikian, wanita tidak perlu khawatir mengalami ‘kebocoran’ lantaran tidak menggunakan pembalut setelah haid selesai.

2 dari 4 halaman

3. Mengencangkan Kulit Vagina

Kandungan omega 3 dan 6 dalam minyak kasturi disebut bisa meregenerasi jaringan kulit di sekitar vagina, sehingga penampilannya tampak lebih kencang.

Hal itu pula yang menjadi alasan mengapa sebagian produk kecantikan menggunakan minyak kasturi sebagai bahan dasarnya.

4. Mengurangi Infeksi

Terdapat sebuah teori yang menyatakan bahwa minyak kasturi bisa mengobati infeksi jamur pada vagina.

Selain itu, minyak alami tersebut juga konon memiliki kemampuan untuk mengurangi gatal pada bagian vulva di vagina.

3 dari 4 halaman

5. Mencegah Kuman Penyebab Penyakit pada Vagina

Minyak kasturi mengandung senyawa yang disebut asam risinoleat. Kandungan tersebut dianggap memiliki sifat antimikroba, antibakteri, antijamur, dan antiradang.

Oleh karena itu, mengoleskan minyak kasturi pada vagina secara rutin disinyalir dapat mencegah pertumbuhan bakteri, ragi, jamur, dan virus.

Tidak hanya itu, minyak kasturi juga diklaim memiliki senyawa asam undecenoic. Senyawa ini dikatakan dapat membantu mengurangi peradangan dan merangsang efek pembersihan sel-sel kulit atau jamur di sekitar vagina yang mati.

Artikel Lainnya: Efek Samping Air Daun Sirih untuk Area Kewanitaan

Itu dia beberapa manfaat minyak kasturi yang menurut anggapan sebagian orang bisa Anda rasakan apabila mengoleskannya secara rutin pada vagina.

Sayangnya, hingga saat ini manfaat tersebut baru bersifat anggapan alias belum benar-benar terbukti lewat penelitian.

“Penggunaan minyak kasturi sebenarnya tidak disarankan secara medis, karena belum ada penelitian yang dapat memastikan manfaatnya,” ujar dr. Sara Elise Wijono, MRes.

“Selain itu, minyak kasturi juga bisa mengganggu keseimbangan kadar asam (pH) dan kuman normal yang ada pada vagina. Hal ini malah bisa membuat organ kewanitaan Anda berisiko mengalami gangguan kesehatan,” tegasnya.

Manfaat minyak kasturi untuk vagina masih sebatas dugaan semata. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaannya agar organ kewanitaan Anda tidak malah mengalami masalah kesehatan.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai fakta kesehatan lainnya, Anda bisa melakukan konsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar