Covid-19

Buah yang Baik Dikonsumsi Pasien COVID-19

dr. Arina Heidyana, 06 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Buah dapat bermanfaat untuk menunjang pemulihan pasien COVID-19. Apa saja buah yang direkomendasikan untuk kondisi COVID-19? Simak di sini.

Buah yang Baik Dikonsumsi Pasien COVID-19

Buah-buahan sebaiknya masuk ke dalam menu makanan Anda saat terkena COVID-19. Kandungan nutrisi yang beragam dari buah-buahan bisa melengkapi kebutuhan gizi harian yang kurang atau yang tidak Anda dapatkan dari makanan utama.

Vitamin, mineral, dan antioksidan yang terkandung dalam buah juga dapat membantu meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh Anda.

Kendati bukan pengobatan utama, konsumsi makanan bergizi seperti buah untuk penderita COVID-19 penting dilakukan agar kondisi kesehatan tetap terjaga.

Apa saja buah yang bagus untuk penderita COVID-19? Yuk, kita bahas satu per satu di sini.

1. Jeruk

Buah jeruk banyak direkomendasikan oleh dokter kepada para pasiennya yang terkena COVID-19. Jeruk diketahui memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. 

Vitamin C diduga dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang berfungsi membangun sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi patogen. 

Oleh karena itu, jeruk bisa menjadi buah yang bagus untuk penyembuhan COVID-19.

2. Lemon

Sama seperti jeruk, lemon merupakan sumber vitamin C yang baik. Satu buah lemon mengandung 31 mg vitamin C, atau sekitar 51 persen dari rekomendasi asupan harian (RDI).

Lemon dapat menjadi buah yang bagus untuk penderita COVID-19 dengan riwayat penyakit jantung dan stroke. Penelitian mengungkapkan, konsumsi buah kaya vitamin C seperti lemon dapat mengurangi risiko kedua penyakit tersebut.

3. Stroberi

Si mungil merah ini merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Berdasarkan sejumlah penelitian, antioksidan vitamin C dalam stroberi tidak hanya bermanfaat untuk kekebalan tubuh, tetapi baik pula untuk kesehatan kulit.

Selain vitamin C, stroberi juga kaya akan kalium. Mineral ini menunjang sejumlah fungsi tubuh, termasuk membuat tekanan darah lebih baik. 

Artikel lainnya: Studi: Makan Sayur dan Buah Minimalkan Risiko COVID-19

4. Pepaya

Anda tentu sudah tahu bahwa manfaat buah ini sangatlah melimpah. Pepaya mengandung enzim pencernaan yang disebut papain. Enzim ini memiliki efek anti-peradangan.

Pepaya pun mengandung kalium, magnesium, dan folat yang cukup serta bermanfaat bagi kesehatan.

5. Blueberry

Tahukah Anda, blueberry juga salah satu buah yang baik untuk penderita COVID-19?

Bluberi mengandung sejenis flavonoid yang disebut antosianin. Zat yang memiliki sifat antioksidan ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebuah penelitian pada tahun 2016 menemukan bahwa flavonoid berperan penting dalam meningkatkan kekebalan saluran pernapasan.

Hasil penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan kaya flavonoid memiliki risiko lebih kecil terinfeksi saluran pernapasan ataupun flu biasa.

6. Pisang

Pisang kaya akan prebiotik, sejenis serat yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. 

Seperti yang diketahui, salah satu fungsi bakteri baik di usus adalah untuk menguatkan sistem imun dan daya tahan tubuh. Inilah mengapa pisang menjadi salah satu buah yang bagus untuk penderita COVID-19.

Pisang juga kaya akan kalium, polifenol, dan fitosterol yang mendukung kesehatan secara keseluruhan. 

7. Apel

An apple a day keeps the doctor away. Rasanya ungkapan tersebut tidak berlebihan.  

Buah apel memiliki beberapa kandungan vitamin, seperti vitamin C, vitamin A, dan vitamin K.

Oleh karena itu, mengonsumsi apel secara teratur dapat menurunkan risiko berbagai penyakit. Mulai dari penyakit jantung, kanker, obesitas, hingga gangguan neurologis. 

Artikel lainnya: Bahaya Penyakit Penyerta pada Pasien Covid-19

8. Semangka

Kandungan antioksidan dalam semangka melimpah, seperti vitamin A, vitamin C, beta-karoten, dan likopen. 

Diketahui bahwa diet tinggi likopen berkaitan dengan penurunan tingkat stres oksidatif dan peradangan di dalam tubuh. 

Tingkat peradangan yang terjadi di tubuh pasien COVID-19 sering kali meningkat secara signifikan. Oleh karena itu, dibutuhkan asupan seperti buah semangka yang memiliki efek anti radang untuk membantu penyembuhan.

9. Kiwi

Tak hanya tinggi vitamin C, kiwi juga mengandung folat, vitamin K, dan kalium yang penting untuk penyembuhan COVID-19. 

Kombinasi kandungan tersebut bekerja di dalam tubuh untuk membangun sel-sel yang sehat, melawan infeksi, serta menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

10. Alpukat

Salah satu buah yang bagus untuk penderita COVID-19 adalah alpukat. Buah berwarna hijau ini mengandung lemak tak jenuh serta rendah gula.

Sebaiknya hindari konsumsi lemak jenuh seperti yang terdapat pada keju, mentega, atau daging berlemak untuk menghindari meningkatnya peradangan dalam tubuh akibat COVID-19. 

11. Kelapa

Beberapa pasien COVID-19 mengalami gejala diare. Saat diare, sangat penting untuk menjaga asupan cairan dan mengganti cairan yang hilang agar tidak dehidrasi.

Nah, kelapa bisa menjadi pilihan buah yang baik untuk penderita COVID-19 dengan gejala diare

Kelapa, baik air dan dagingnya, mengandung mineral yang dapat menghidrasi tubuh Anda saat diare.

Artikel lainnya: Daftar Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Usai Vaksinasi COVID-19

12. Mangga

Mangga merupakan sumber kalium, folat, serat, dan vitamin A, C, B6, E, dan K. Kandungan polifenol di dalamnya pun sangat baik untuk mereka yang sedang mengalami COVID-19. 

Selain itu, mangga mengandung mangiferin, antioksidan kuat yang terbukti dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit.


13. Anggur

Selain baik untuk kesehatan jantung, anggur juga merupakan buah yang bagus untuk penyembuhan COVID-19. Kandungan vitamin K di dalamnya dapat melindungi paru-paru Anda dari kerusakan akibat virus corona.

Salah satu penelitian menerangkan bahwa defisiensi vitamin K saat terkena COVID-19 berpotensi tinggi merusak paru-paru dan memperburuk keadaan pasien. 

14. Nanas

Nanas merupakan buah yang tinggi akan kandungan vitamin C. Dalam 100 gram nanas terdapat sekitar 47 mg vitamin C yang penting untuk sistem imun. 

Kandungan polifenolnya juga baik dalam mengatasi peradangan dalam tubuh.

15. Buah Naga

Buah naga kaya akan berbagai nutrisi, termasuk serat, zat besi, magnesium, serta vitamin C dan E.

Buah naga juga tinggi akan kandungan likopen. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, likopen penting dalam proses penyembuhan pasien COVID-19 karena bersifat sebagai anti radang.

Deretan buah yang bagus untuk penderita COVID-19 meliputi jeruk, stroberi, mangga, kelapa, pepaya, dan lainnya. 

Walaupun belum ada penelitian yang menemukan efektivitas buah dalam mengatasi infeksi virus corona, kandungan dari buah-buahan memang sangat baik untuk meningkatkan sistem imun.

Baca artikel lainnya mengenai COVID-19 di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Tanya Dokter.

[RS]

virus coronabuahcovid

Konsultasi Dokter Terkait