Kulit

Manfaat Kulit Pisang untuk Mengatasi Jerawat, Efektifkah?

Zahra Aminati, 01 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak hanya daging buahnya, kulit pisang juga bermanfaat. Salah satunya disebut-sebut untuk jerawat. Cek di sini manfaat kulit pisang untuk jerawat.

Manfaat Kulit Pisang untuk Mengatasi Jerawat, Efektifkah?

Ada banyak sekali solusi untuk mengatasi kulit berjerawat. Tapi, apakah satu pun tidak ada yang berhasil di kulit Anda? Jangan kecewa dulu. Sudahkah Anda tahu manfaat kulit pisang untuk jerawat?

Mungkin Anda terheran sekarang. Namun, sejumlah penelitian mengungkap potensi buah tropis ini untuk mengatasi jerawat. Yuk, simak di sini ulasannya. 

Efektifkah Kulit Pisang untuk Mengatasi Jerawat?

Sejumlah kandungan nutrisi di dalam pisang ditengarai jadi penyebab potensi tersebut. Salah satunya, pisang kaya dengan kandungan dengan antioksidan seperti lutein.

Senyawa ini membantu melindungi kulit dari faktor penyebab kerusakan, seperti matahari.

Artikel Lainnya: Kebiasaan Buruk yang Bisa Picu Munculnya Jerawat

Menurut penelitian tahun 2018, kulit pisang juga memiliki fenolat yang di dalamnya terdapat sifat antimikroba dan antioksidan yang kuat. Keduanya berguna untuk mencegah dan mengatasi kulit berjerawat. 

Studi tahun 2012 juga mengatakan ekstrak kulit pisang punya sifat anti-inflamasi yang berguna bagi jerawat. 

Di dalam pisang juga adanya sumber asam lemak esterifikasi yang melimpah. Asam lemak ini bisa mengatasi masalah kulit seperti eksim dan psoriasis. Mineral zinc di dalam pisang yang bisa membantu untuk memerangi jerawat. 

Lantas, bagaimana tanggapan dokter soal hal ini? Dokter Arina Heidyana menjelaskan, belum ada studi yang menjelaskan kulit pisang bisa mengatasi jerawat secara langsung.

“Ada memang penelitian tentang kandungan kulit pisang, seperti zat antiinflamasinya yang sering dikaitkan untuk mengobati jerawat. Namun, belum ada penelitian langsung tentang kulit pisang untuk jerawat,” jelasnya. 

Cara Menggunakan Kulit Pisang untuk Mengatasi Bekas Jerawat

Jadi, belum ada cukup bukti penelitian komprehensif soal manfaat kulit pisang untuk masalah jerawat.

Namun, menilik potensinya di sejumlah penelitian, tak ada salahnya Anda mencoba menghilangkan jerawat dengan kulit pisang. 

Berikut beberapa langkahnya:

  • Langkah 1: Mulailah dengan mencuci muka Anda dengan menggunakan sabun pembersih wajah. Selanjutnya, keringkan dengan handuk. 
  • Langkah 2: Ambillah sepotong kecil kulit pisang. Gosokkan kulit pisang bagian dalam pada daerah yang ingin diobati sampai kulitnya berubah menjadi cokelat.
  • Langkah 3: Biarkan dulu selama 30 menit. Kemudian, bilaslah dengan air hangat. Anda juga bisa membiarkannya semalaman dan mencucinya pada keesokan harinya.

Artikel Lainnya: Benarkah Jerawat Bisa Menular? Ini Fakta Medisnya

Anda bisa juga menggunakan oatmeal yang dicampur dengan kulit pisang untuk dijadikan masker wajah. Oleskan bahan-bahan ke wajah, lalu pijat. 

Jika dilakukan secara teratur, kebiasan ini akan membantu menghilangkan kemerahan sekaligus menenangkan kulit.

Pastikan Anda tidak alergi terhadap pisang ataupun kulit pisang. Anda bisa melakukan tes kecil di area kulit. 

Tunggu setidaknya 24 jam lalu lihat reaksinya. Bila baik-baik saja dan tidak muncul gejala tak biasa, Anda bisa melakukannya di area yang lebih besar.

Itulah sekilas tentang manfaat kulit pisang untuk jerawat. Bila Anda masih punya pertanyaan seputar cara menghilangkan jerawat dengan kulit pisang, chat langsung dokter melalui fitur LiveChat Klikdokter. 

(HNS/AYU)

kulitbuahJerawat

Konsultasi Dokter Terkait