THT

Metode Penyembuhan Kondisi Hidung Bengkok

Zahra Aminati, 26 Jul 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Hidung bengkok bisa terjadi akibat cedera. Jangan khawatir, ada cara menyembuhkan tulang hidung yang bengkok, simak kata dokter.

Metode Penyembuhan Kondisi Hidung Bengkok

Dalam kondisi tertentu, hidung bisa mengalami perubahan bentuk, seperti hidung bengkok. Crooked nose atau hidung bengkok merupakan keadaan hidung yang tidak mengikuti garis lurus vertikal di tengah wajah. 

Keparahan bengkok bisa tergolong ringan maupun berat, tergantung penyebabnya. Kondisi ini dapat mengganggu penampilan dan bahkan pernapasan. 

Untuk mengatasinya, simak penjelasan dokter tentang cara meluruskan hidung bengkok. 

Hidung Bengkok, Bagaimana Penyembuhannya?

Menurut dr. Atika, penyebab hidung bengkok yang paling sering terjadi adalah adanya cedera, “Misalnya terjatuh, kecelakaan (termasuk kecelakaan motor), kontak ketika berolahraga, dan perkelahian fisik,” ujarnya. 

Penyebab tulang hidung bengkok lainnya yaitu septum yang menyimpang dari poros tengah. Septum merupakan dinding pemisah antara saluran hidung sebelah kiri dan kanan. 

Jika septum menyimpang, berarti dinding ini condong ke satu sisi dan sebagian menghalangi satu sisi hidung. Beberapa orang dilahirkan dengan septum yang menyimpang. Kondisinya bisa semakin parah jika terjadi cedera.

Septum yang menyimpang tidak cuma membuat hidung tampak bengkok. Hal yang sama juga dapat menyebabkan mimisan, sulit bernapas, dan lain-lain.

Untuk penanganannya, dr. Atika menjelaskan, “Kalau tidak berat patahnya, kadang bisa langsung diluruskan oleh dokter THT secara manual, menggunakan instrumen medis (bukan operasi). Prosedurnya dilakukan bukan di ruang operasi, tetapi di-setting di tempat praktik biasa.”

“Pelurusan hidung harus segera dilakukan setelah patah tulang hidung terjadi. Namun, jika patahnya sulit diatasi dan sudah lama terjadi, diperlukan operasi untuk meluruskannya,” lanjutnya.

Operasi Menjadi Solusi untuk Hidung Bengkok

Operasi atau pembedahan biasanya diperlukan untuk kasus hidung bengkok yang lebih parah. Ada dua jenis operasi hidung, yaitu rhinoplasty dan septoplasty. Melansir Healthline, berikut pemaparannya:

  • Rhinoplasty 

Fokusnya pada perubahan di bagian luar hidung. Ada dua jenis rhinoplasty, yaitu kosmetik dan fungsional. Rhinoplasty kosmetik hanya berfokus pada penampilan. Sedangkan, yang fungsional untuk memperbaiki masalah pernapasan. 

  • Septoplasty

Septoplasty dapat menjadi cara meluruskan hidung lainnya. Caranya, dinding di antara saluran hidung akan dibentuk kembali. Jika punya hidung bengkok akibat septum yang menyimpang, dokter kemungkinan akan menyarankan septoplasty

Di samping meluruskan tulang hidung, septoplasty pun bisa meredakan sumbatan jalan napas akibat septum menyimpang.

Artikel lainnya: Hidung Perih Seperti Kemasukan Air, Tanda Penyakit Apa?

Hati-hati dengan Cara Menyembuhkan Hidung Bengkok Lain yang Beredar

Hidung bengkok dikatakan bisa disembuhkan dengan cara latihan olahraga. Latihan pergerakan wajah yang bisa meluruskan hidung bengkok banyak ditemukan di internet. 

Beberapa dari latihan ini melibatkan alat, seperti pembentuk hidung. Alat ini diletakkan di lubang hidung sambil melebarkan hidung. 

Namun, apakah latihan ini benar-benar efektif dan aman? Nyatanya, hingga saat ini belum ada pembuktian ilmiah yang mengatakan bahwa cara tersebut bisa berhasil. 

Sebagian besar struktur hidung tersusun dari jaringan dan tulang. Jadi, bagian tersebut tidak bisa diubah hanya dengan cara berolahraga. 

Pengobatan tanpa pembedahan untuk memperbaiki hidung bengkok yang dianggap efektif adalah filler. Suntikan filler berisi bahan yang dapat menyamarkan bengkok di tulang hidung dan tulang rawan. Caranya, bahan tersebut digunakan untuk mengisi jaringan lunak hidung yang tidak berada di tengah. 

Bahan filler bisa meliputi asam hialuronat (HA), dan gel kalsium hidroksilapatit (CaHA), dan silikon.

Penggunaan gel kalsium hidroksilapatit  dan asam hialuronat dan HA punya efek samping meski kecil. Sementara itu, silikon berpotensi menyebabkan peradangan parah. 

Pada dasarnya, semua jenis filler dapat meningkatkan risiko penipisan kulit dan infeksi. Bila ingin menggunakannya, disarankan berkonsultasi dulu dengan dokter.

Konsultasi kini lebih mudah menggunakan Live Chat dokter THT. Ketahui pertolongan pertama dan penyembuhan medis lainnya di Klikdokter.

(FR/JKT)

KecelakaanOperasi PlastikHidung