Kesehatan Bayi

Perlukah Bayi Menggunakan Kacamata Hitam Saat Berjemur?

Tri Yuniwati Lestari, 26 Jul 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Berjemur sangat baik dilakukan, termasuk pada bayi. Namun, perlukah kacamata hitam untuk bayi saat berjemur? Berikut penjelasan dokter.

Perlukah Bayi Menggunakan Kacamata Hitam Saat Berjemur?

Paparan sinar matahari amat penting bagi pembentukan vitamin D. Tak heran bayi dan balita turut dibawa berjemur di pagi hari. Sebagai perlindungan, dipakaikanlah kacamata hitam untuk mereka.

Menggemaskan sih, tapi memang sungguhan perlu dipakaikan kacamata hitam bayi dan balita saat berjemur atau keluar rumah? Cek penjelasannya.

Kenapa Kacamata Hitam Balita dan Bayi Dibutuhkan?

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), bayi di bawah usia enam bulan tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

Artikel lainnya: Sakit Kuning, Efektifkah Menjemur Bayi Tiap Pagi untuk Mengatasinya?

Para ahli di American Academy of Ophthalmology menyarankan cara terbaik untuk melindungi bayi dari sinar matahari adalah dengan menggunakan topi, tabir surya dan kacamata hitam.

Melansir dari All about vision, bayi, balita, bahkan anak-anak di bawah usia 10 tahun memiliki mata yang sangat sensitif.

Karena mata mereka masih berkembang, lensa kristal di mata bayi tidak dapat menyaring sinar ultraviolet (UV) matahari seperti halnya orang dewasa.

Selain itu, kelopak mata bayi dan kulit di sekitar matanya juga tergolong sensitif. Bahkan jika bayi menutup mata untuk melindunginya dari sinar matahari, kelopak matanya yang tipis tetap dapat terbakar. 

Karena kulit sekitar mata dan kelopak bayi masih sangat halus, sebagian sinar matahari masih bisa mencapai retina matanya. Oleh sebab itu, bayi membutuhkan kacamata hitam untuk melindungi mata mereka yang halus dan kulit di sekitar mata mereka.

Artikel lainnya: 4 Manfaat Sehat Menjemur Bayi

Dampak Sinar UV pada Mata Bayi

Dijelaskan oleh dr. Reza Fahlevi, Sp. A., sinar ultraviolet dapat berbahaya jika masuk ke mata bayi. Hal itu dapat membuat bayi lebih rentan terhadap kerusakan retina dan masalah penglihatan lainnya.

“Jika ingin berjemur dengan bayi, orang tua perlu memakaikan anaknya kacamata hitam. Hal ini agar mencegah paparan sinar UV langsung ke retina bayi dan menyebabkan gangguan pada retina,” ucap dr. Reza.

Menukil dari ABC.net, radiasi UV dapat menyebabkan sel-sel di permukaan mata atau di dalam mata membelah secara tidak normal. Hal ini dapat menyebabkan perkembangan tumor, yang jinak atau ganas seperti kanker mata.

Bahkan, efek jangka pendek terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan yang dapat menyebabkan berbagai penyakit mata, seiring bertambahnya usia. Beberapa gangguan mata yang mungkin terjadi antara lain degenerasi makula, warna kusam, katarak, bahkan bentuk kanker mata yang langka. 

Selain itu, sinar UV juga sangat berbahaya bagi bayi. Anda tidak dapat memperbaiki kerusakan mata anak akibat paparan sinar UV. 

Artikel lainnya: 5 Aturan Menjemur Bayi di Pagi Hari

Pemilihan Kacamata Hitam Bayi dan Balita

Sebagai panduan, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat memilih kacamata hitam untuk bayi dan balita, yakni:

1. Pilih yang Punya Perlindungan UV

Carilah kacamata hitam untuk bayi Anda yang memiliki perlindungan terhadap sinar UV. Pastikan kacamata hitam bayi Anda memblokir 100 persen sinar UVA (panjang) dan sinar UVB (pendek) atau penyerapan UV hingga 400 nm. 

2. Cari Kacamata yang Pas pada Ukuran Anak Anda

Bayi cenderung menggoyangkan serta menarik pakaian dan kacamata mereka. Untuk itu, carilah kacamata hitam yang pas di wajahnya. Pastikan kacamata hitam sepenuhnya menutupi kulit di sekitar mata dan pipi mereka. 

Hal ini tidak hanya untuk melindungi kulit halus mereka, tetapi juga mencegah sinar UV menyelinap masuk dari samping. Untuk bayi, penggunaan kacamata hitam yang memiliki lensa lebih besar umumnya lebih disarankan.

3. Gunakan Kacamata dengan Lensa Plastik

Meskipun tak ada lensa yang sepenuhnya tidak bisa pecah, lensa plastik dan polikarbonat adalah pilihan yang tepat. Kedua bahan tersebut cenderung tidak mudah pecah dan menyebabkan kerusakan pada wajah bayi.

4. Perhatikan Pemilihan Warna Lensa 

Jika Anda berpikir warna lensa yang lebih gelap dapat membuat anak lebih terlindungi, Anda salah. Bayi biasanya membutuhkan lensa sedang.

Namun, jika Anda berencana untuk berada dalam cahaya yang sangat terang, lensa lebih gelap dapat membantu.

Intinya, carilah kacamata hitam bayi yang memiliki perlindungan UV yang baik. Selain itu, Anda juga perlu melindungi kulit bayi dengan sunscreen dan perhatikan durasi berjemur.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar kesehatan mata anak, Anda dapat berkonsultasi dengan mudah dan cepat melalui layanan Live Chat 24 Jam di aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

MataAnak

Konsultasi Dokter Terkait