HomeInfo SehatDiabetesBolehkah Pasien Diabetes Berhenti Minum Obat?
Diabetes

Bolehkah Pasien Diabetes Berhenti Minum Obat?

Aditya Prasanda, 23 Jul 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Konsumsi obat diabetes menahun bisa bikin pasien jenuh. Namun, bolehkah berhenti obat diabetes sebenarnya? Simak penjelasan dokter di bawah ini.

Bolehkah Pasien Diabetes Berhenti Minum Obat?

Hasil pemeriksaan gula darah Romlah dalam sebulan terakhir normal. Dia pun rajin berolahraga, menerapkan pola makan sehat, serta dapat mengendalikan penyakit diabetesnya dengan baik.

Namun, ada satu hal yang mengganjal pikirannya. Tujuh tahun hidup bersama diabetes, tidak dimungkiri membuat Romlah jenuh minum obat penurun gula darah.

Ibu dua anak itu pun berniat berhenti minum obat diabetes. Mungkinkah? Simak penjelasan medis soal berhenti minum obat diabetes lewat uraian berikut ini.

Bolehkah Berhenti Minum Obat Diabetes?

Dokter Arina Heidyana mengatakan seseorang yang sudah didiagnosis menderita diabetes, pada dasarnya harus minum obat diabetes seumur hidup.

Artikel Lainnya: Waspadai Ancaman Diabetes Burnout, Kondisi Apakah Itu?

Pasalnya, hingga saat ini belum tersedia obat untuk menyembuhkan diabetes. Obat diabetes yang ada hanya berfungsi untuk mengendalikan gula darah. 

Oleh karena itu, dr. Arina berpesan, “Kalau memang diabetesi mau berhenti minum obat, itu harus dengan pemeriksaan dan keputusan oleh dokter yang merawat,” jelasnya.

Senada dengan dr. Arina, Robert Gabbay, MD, PhD, tim medis dari Joslin Diabetes Center di Boston, Amerika Serikat, membenarkan bahwa Anda bisa berhenti minum obat diabetes asalkan sudah melalui persetujuan dokter.

Berikut langkah yang dapat Anda lakukan jika berencana berhenti minum obat diabetes.

1. Temui Dokter Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memberi tahu dokter secara jujur alasan ingin berhenti minum obat diabetes. Dokter kemudian akan mengajukan sejumlah pertanyaan spesifik.

Mengutip WebMD, Gregg Faiman, MD, ahli endokrin dari University Hospitals Case Medical Center di Cleveland mengungkapkan, umumnya dokter akan mengajukan pertanyaan umum seperti:

  • Apakah Anda terlalu sulit untuk tetap minum obat diabetes?
  • Apakah efek samping obat menurunkan kualitas hidup Anda?
  • Apakah harga obatnya terlalu mahal?

Artikel Lainnya: Inilah Tanda Diabetes Tidak Terkontrol yang Perlu Anda Tahu

2. Bersepakat dengan Dokter

Setelah melalui sejumlah pemeriksaan, Anda dan dokter harus saling bersepakat mengenai rencana mengendalikan gula darah ke depan.

“Butuh diskusi mendalam jika ingin menghentikan pengobatan diabetes. Anda harus berkomitmen mengendalikan gangguan metabolisme tersebut,” jelas Greg Faiman.

3. Dokter Turunkan Dosis Obat Perlahan

Jika Anda mengidap diabetes tipe 2 dan mengonsumsi obat metformin, Greg Faiman mengatakan, dokter akan menurunkan dosis obat secara bertahap.

Hal ini dilakukan seiring Anda melakukan proses penurunan berat badan serta menjadi lebih bugar.

“Anda mungkin bisa berhenti minum obat diabetes, setidaknya untuk sementara. Namun, hal itu hanya bisa dilakukan jika Anda memiliki pola hidup sehat, serta sanggup mengontrol gula darah dengan baik selama beberapa bulan mengonsumsi obat berdosis lebih rendah,” jelas Faiman.

Selama proses penurunan dosis obat diabetes, dokter akan tetap mengawasi Anda. Nantinya, dokter dapat menimbang apakah dosis obat yang diberikan layak diturunkan. Dokter bahkan akan menguji, apakah Anda dapat berhenti mengonsumsi obat sama sekali.

4. Rutin Kontrol Gula Darah

Anda tidak cukup hanya konsisten menerapkan pola hidup sehat, mengatur pola makan, hingga menjaga berat badan. Dokter Arina mengatakan, pasien yang berencana berhenti minum obat diabetes harus rajin mengontrol gula darah.

Dokter mungkin akan tetap menyarankan, Anda menjalani pemeriksaan A1c.

Pemeriksaan ini bertujuan mengukur rata-rata kadar HbA1c (hemoglobin A1c) untuk mengendalikan penyakit diabetes.

5. Berhenti Minum Salah Satu Obat

Masih dikutip dari WebMD, kemungkinan untuk berhenti minum obat diabetes akan lebih besar jika Anda hanya mengonsumsi satu obat, misalnya metformin.

Akan tetapi, apabila Anda mengonsumsi beberapa jenis obat diabetes, dokter mungkin hanya menurunkan dosis atau menghentikan konsumsi salah satu obat saja.

Artikel Lainnya: Tips Makan di Luar untuk Penderita Diabetes

6. Tidak Bisa Dilakukan Selamanya

Robert Gabbay, MD mengatakan bahwa diabetes merupakan penyakit progresif atau perlahan membuat kondisi badan memburuk.

Oleh karena itu, ketika pertanyaan “Bolehkah berhenti minum obat diabetes?” diajukan kepadanya, ia mengatakan bahwa orang diabetes tidak bisa berhenti mengonsumsi obat selamanya.

“Ada kondisi tertentu yang mengharuskan Anda tetap minum obat diabetes. Bahkan untuk diabetesi yang memiliki kondisi paling sehat sekalipun,” katanya.

Kombinasi pola hidup sehat, manajemen diabetes yang baik serta konsumsi obat diabetes, menurut Gabbay, dapat membuat angka harapan hidup diabetesi lebih panjang.

Itulah serba-serbi tahapan berhenti minum obat diabetes. Jika ingin tanya lebih lanjut seputar diabetes, konsultasi ke dokter via Live Chat.

(OVI/JKT)

Obat diabetesDiabetes

Konsultasi Dokter Terkait