Kanker

Minum Air Panas Saat Perut Kosong, Bisa Bunuh Sel Kanker?

Tamara Anastasia, 25 Jul 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Minum air putih panas dianggap punya beragam manfaat untuk tubuh. Tapi, membunuh sel kanker apakah jadi salah satunya? Ketahui di sini.

Minum Air Panas Saat Perut Kosong, Bisa Bunuh Sel Kanker?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa minum air putih bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Terutama di pagi hari, segelas air putih memang bisa menggantikan cairan yang hilang setelah tidur di ruangan ber-AC semalaman.

Menurut beberapa klaim, minum air panas di pagi hari ketika perut kosong dikatakan bisa membunuh sel kanker. Benarkah?

Klaim Minum Air Panas Bisa Atasi Sel Kanker

Beredar kabar, jika bangun di pagi hari dan minum empat gelas air panas, Anda dapat menyingkirkan banyak penyakit termasuk membunuh sel kanker.

Contoh yang disebutkan, minum 4 gelas air panas di pagi hari dengan perut kosong selama 9 bulan bisa menyembuhkan kanker. Lalu, minum empat gelas air panas setiap hari selama 1 bulan bisa menghilangkan diabetes.

Kabar tersebut juga menyebutkan, minum air dingin bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan hati.

Artikel lainnya: Air Fryer Bisa Menyebabkan Kanker, Mitos atau Fakta?

Pada dasarnya, air putih bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Tapi, tidak berarti dapat membunuh sel kanker maupun menyembuhkan penyakit lainnya.

Australian Federal Police melalui laman AFP Fact Check pun ikut turun tangan untuk meluruskan informasi tersebut. Mereka tidak berhasil menemukan nama dokter yang membagikan klaim bohong tersebut.

Baik air panas maupun dingin, keduanya tidak memiliki kekuatan untuk menyembuhkan penyakit kanker. Hal yang sama juga dikatakan oleh dr. Arina Heidyana.

Dokter Arina menjelaskan, “Minum air panas saat perut kosong tidak bisa membunuh sel kanker. Bahkan, ada rumor yang mengatakan air alkaline juga bisa mengobati kanker dan ini tidak benar. Belum ada bukti kuat untuk mendukung klaim-klaim tersebut.”’

Artikel lainnya: Efektifkah Air Rebusan Daun Sirsak untuk Mengobati Kanker Payudara?

Minum Air Putih Tetap Bermanfaat untuk Penderita Kanker

Meski tidak bisa mengobati kanker, minum air putih yang cukup bisa membantu meningkatkan kesehatan penderita kanker.

Air mineral adalah salah satu komponen terpenting untuk detoksifikasi tubuh dan mengedarkan nutrisi ke seluruh tubuh. Sebagian besar fungsi tubuh didukung oleh air, seperti menjaga suhu tetap normal, membuang racun, dan sebagainya.

Air putih juga membuat sistem pencernaan lebih sehat. Pasien kanker bisa terhindar dari sembelit bila cukup minum air.

Selama menjalani pengobatan kanker, tubuh sering merasa lelah. Selain istirahat, minum air putih disarankan untuk pasien kanker agar tidak lemas.

Jadi, air putih bukanlah obat kanker, namun memang berperan penting dalam pemulihan pasien kanker.

Bila ingin bertanya lebih lanjut seputar perawatan pasien kanker, gunakan Live Chat dengan dokter.

(FR/JKT)

Air PutihMinum Air PutihKanker

Konsultasi Dokter Terkait