Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Menelusuri Potensi Manfaat Sambiloto untuk Mengobati Diabetes

Menelusuri Potensi Manfaat Sambiloto untuk Mengobati Diabetes

Manfaat sambiloto untuk diabetes disebut-sebut dapat menurunkan kadar gula darah. Benarkah? Ini faktanya.

Daun sambiloto di Indonesia kerap diolah menjadi jamu. Tanaman bercita rasa pahit ini digadang-gadang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk mengobati diabetes.

Benarkah demikian? Simak penjelasan medis soal manfaat sambiloto untuk diabetes berikut ini.

1 dari 3 halaman

Manfaat Sambiloto untuk Diabetes

Dokter Arina Heidyana mengatakan, daun sambiloto dinilai bermanfaat untuk diabetes karena dianggap mampu mengendalikan gula darah. 

“Kandungan bahan aktifnya yaitu andrographolide (AGL) dinilai mampu meningkatkan produksi insulin dan penyerapan gula,” jelasnya.

Meski begitu, penelitian yang tersedia menurut dr. Arina masih sebatas pada hewan. Dibutuhkan penelitian lanjutan guna memperoleh bukti kuat soal manfaat sambiloto untuk diabetes pada manusia.

Artikel Lainnya: Ragam Tanaman Herbal untuk Atasi Diabetes Secara Alami

Penelitian terkait khasiat daun sambiloto untuk diabetes salah satunya pernah dilakukan Department of Pharmacy, School of Health Sciences, Makerere University, Uganda.

Mengutip The Guardian, para peneliti menyelidiki pengaruh empat ekstrak tanaman herbal, salah satunya sambiloto. Studi dilakukan pada histomorfometri ginjal tikus pengidap diabetes.

Sekitar 42 ekor tikus wistar dewasa sebelumnya diinduksi STZ atau streptozotocin (zat antineoplastik beracun bagi sel beta pankreas). 

Sel beta pankreas merupakan sel tubuh yang berfungsi memproduksi hormon insulin. Ketika sel ini rusak, tubuh mengalami diabetes.

Penelitian tersebut dilakukan guna mengetahui sifat antidiabetes ekstrak tanaman yang diuji pada tikus.

Hasil penelitian menemukan, ekstrak daun sambiloto memiliki kandungan antioksidan flavonoid tinggi dan memiliki sifat antidiabetes pada tikus. 

Penelitian lainnya dilakukan Department of Medicine, Medical Science, University of Maiduguri, Nigeria. 

Mengutip Public Health Nigeria, tim peneliti menemukan ekstrak sambiloto dan metformin (obat penurun gula darah) dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan pada hewan. Hal ini dibandingkan dengan hewan yang memperoleh asupan ekstrak tumbuhan saja.

Adapun penelitian lainnya seperti dirilis American Journal of Biochemistry and Biotechnology mengungkapkan, kombinasi daun sambiloto dan mimba berkhasiat menurunkan glukosa darah pada tikus.

Hasil penelitian pada hewan tersebut juga telah dikonfirmasi studi lain yang dirilis jurnal Phytotherapy Research

Studi tersebut melaporkan, ekstrak daun sambiloto efektif menurunkan gula darah secara optimal pada kelinci normal dan kelinci yang diinduksi aloksan (senyawa kimia perusak sel beta pankreas).

Artikel Lainnya: Sambiloto, Herbal Pahit untuk Antivirus COVID-19

2 dari 3 halaman

Bisakah Sambiloto Mengobati Diabetes?

Sejumlah penelitian memang mengonfirmasi khasiat daun sambiloto untuk menurunkan gula darah pada hewan. Tanaman ini juga diteliti dapat memengaruhi kontrol gula darah pada tingkat tertentu.

Tapi, Kepala Dietetics Department National Hospital, Abuja, Nigeria, Sarah Abagia, mengatakan hal tersebut tidak mengindikasikan daun sambiloto dapat menyembuhkan diabetes.

Manfaat sambiloto untuk diabetes juga belum diketahui jelas pada manusia. Karena, penelitian selama ini hanya dilakukan pada hewan.

Itulah potensi manfaat daun sambiloto untuk diabetes. Ketahui info pengobatan herbal lainnya di Klikdokter.

Jika ingin tanya lebih lanjut seputar diabetes dan obat herbal, konsultasi ke dokter via Live Chat. Kunjungi Belanja Sehat untuk beli susu dan makanan rendah gula.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar