Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mengulas Demiseksual, Ketertarikan Seksual karena Ikatan Emosional

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Mengulas Demiseksual, Ketertarikan Seksual karena Ikatan Emosional

Selain heteroseksual dan homoseksual, masih ada orientasi seksual yang disebut demiseksual. Apakah itu demiseksual dan bagaimana ciri-cirinya?

Selama ini, mungkin Anda hanya mengenal dua orientasi seksual, yakni heteroseksual (tertarik pada lawan jenis) dan homoseksual (tertarik pada sesama jenis). Nyatanya, masih banyak jenis orientasi seksual lain yang jarang diketahui.

Salah satunya adalah demiseksual (demisexual). Yuk, kita kenali lebih dekat soal demiseksual dan ciri-cirinya.

1 dari 3 halaman

Apa Itu Demiseksual?

Demiseksual adalah sebutan untuk orang yang tertarik secara seksual karena adanya ikatan emosional. Dengan kata lain, seorang demiseksual hanya mengalami ketertarikan seksual setelah terbentuknya ikatan emosional.

Menurut Psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi., demiseksual seperti tipe preferensi seseorang dalam melihat daya tarik pasangan.

“Demiseksual itu tidak melihat aspek lain selain kedekatan emosional sebagai penentu memilih pasangan,” ujarnya.

Artikel lainnya: Terangsang saat Melihat Rambut, Mungkin Anda Mengidap Trichopilia!

Mungkin Anda bertanya bukankah bercinta dengan orang yang sudah dekat secara emosional adalah lazim? Betul. Perbedaannya, demiseksual bukan hanya tentang berhubungan seks.

Secara lebih jauh, ini tentang kemampuan untuk merasa tertarik secara seksual kepada orang-orang tertentu yang dekat secara emosional. Tak melulu soal cinta, demiseksual juga bisa terkait dengan hubungan persahabatan. 

Orientasi seksual lainnya, seperti homoseksual atau heteroseksual, bisa saja memiliki hasrat seks tanpa perlu mengenal pasangannya. Inilah salah satunya perbedaannya dengan demiseksual.

Contoh lain, Anda dapat tertarik secara secara seksual dengan tokoh idola hingga memiliki hasrat atau fantasi seks tentangnya, tanpa perlu mengenal mereka. Hal ini tidak terjadi pada orang dengan demiseksual.

Orang demiseksual biasanya akan berkencan untuk waktu yang lama, sebelum memutuskan untuk berhubungan seks. Hal ini bukan karena mereka tidak ingin, tapi karena perlu waktu untuk terhubung hingga tertarik secara seksual kepada pasangannya.

Anda juga dapat menjadi demiseksual, meski Anda seorang homoseksual, heteroseksual, biseksual, dan orientasi seksual lainnya.

Artikel lainnya: Fobia Seksual yang Aneh dan Jarang Diketahui Orang

2 dari 3 halaman

Ciri-ciri Demisexual

Seseorang dengan orientasi demiseksual pada umumnya dapat dikenali dengan ciri-ciri berikut:

  • Jarang merasa tertarik secara seksual kepada orang yang dilihat di jalan, orang asing, atau yang baru dikenal. 
  • Anda sering merasa tertarik secara seksual kepada seseorang yang dekat dengan Anda (seperti teman, sahabat, atau pasangan romantis).
  • Hubungan emosional dengan seseorang memengaruhi apakah Anda merasa tertarik secara seksual kepada mereka.
  • Anda tidak terangsang atau tertarik memikirkan hubungan seks dengan seseorang yang tidak Anda kenal baik, bahkan jika mereka memiliki wajah yang rupawan atau kepribadian yang menyenangkan.

Poin-poin di atas merupakan ciri-ciri umum dari demiseksual. Namun, tidak semua demiseksual memiliki ciri yang sama. 

Apakah Demiseksual Merupakan Kelainan?

Menurut Psikolog Ikhsan, demiseksual tidak masuk ke dalam kategori kelainan seksual. “Alasannya, mereka hanya sebuah orientasi seksual seseorang,” ujarnya. 

Psikolog Ikhsan menambahkan, jika orang tersebut tidak masalah dengan orientasi seksualnya, tidak perlu ke psikolog.

“Tetapi, jika ini membuatnya tidak nyaman, perlu konseling untuk mencari tahu apa penyebabnya, apa yang membuatnya tidak nyaman, bisa didiskusikan bersama psikolog,” jelasnya. 

Yuk, konsultasi langsung masalah kesehatan mental Anda dengan dokter dan psikolog melalui fitur Live Chat dari aplikasi Klikdokter

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar