Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan Anak8 Obat Alami untuk Atasi Luka Jatuh pada Anak
Kesehatan Anak

8 Obat Alami untuk Atasi Luka Jatuh pada Anak

dr. Sepriani Timurtini, 24 Okt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jatuh dan luka terkadang tak bisa dihindarkan saat anak bermain. Jangan buru-buru beri obat medis. Ini cara alami untuk menyembuhkan luka pada anak.

8 Obat Alami untuk Atasi Luka Jatuh pada Anak

Anak yang aktif bermain terkadang tak bisa terbebas dari segala risiko kecelakaan. Misalnya, terjatuh, terbentur, hingga tergores benda-benda di sekitarnya. 

Meskipun luka terlihat tidak berbahaya, orang tua tidak boleh menganggapnya remeh. Pasalnya, luka kecil yang tidak cepat diobati dapat menjadi infeksi yang lebih buruk.

Jika si Kecil termasuk yang aktif dan sering terluka, ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai pertolongan pertama.

Mau tahu apa saja obat alami luka jatuh pada anak? Berikut di antaranya. 

1. Air Bersih Mengalir

Air Bersih

Langkah awal saat anak terluka adalah tetap tenang dan bersihkan luka dengan air bersih mengalir. 

Bersihkan bagian kulit yang terluka dengan air hingga benar-benar bersih dan bebas dari kotoran, benda asing, atau debu yang terlihat. Mama Papa juga boleh menggunakan sabun bila diperlukan. 

Artikel Lainnya: Kenali Bahaya Luka Dalam bagi Kesehatan Anda

2. Tekan Bagian Luka yang Berdarah 

Apabila terjadi perdarahan pada luka, tekan luka tersebut menggunakan kain kassa bersih selama kurang lebih 5 menit. 

Lakukan hal ini sambil memantau apakah darah terus keluar dari luka tersebut.

3. Lidah Buaya 

Jika luka hanya berupa goresan atau luka lecet, setelah benar-benar dibersihkan, orang tua boleh menggunakan lidah buaya (aloe vera) di atas bagian luka tersebut. 

Tanaman ini dikenal karena sifat antimikroba, antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidannya. Daun lidah buaya mengandung zat seperti gel yang kaya akan mineral dan vitamin yang dapat membantu penyembuhan luka.

4. Madu 

Untuk menyembuhkan luka secara alami, cara ini kerap dilakukan. Ya, madu dianggap sebagai obat yang efektif untuk luka karena punya sifat antijamur, antibakteri, antimikroba, dan antiinflamasi. 

Madu bekerja dengan cara mengeringkan dan membunuh bakteri serta kuman di sekitar luka yang terbuka. 

Untuk perawatan luka, disarankan menggunakan madu murni maupun madu manuka. Orang tua bisa mengoleskan madu pada kapas, lalu menempelkannya pada luka yang ada. Setelah itu, tutup dengan perban dan ganti perban secara rutin.

5. Minyak Kelapa 

Ini Manfaat Bercukur dengan Minyak Kelapa (Subbotina-Anna/Shutterstock)

Minyak kelapa merupakan salah satu obat alami luka jatuh pada anak. 

Akan tetapi, karena minyak kelapa belum tentu steril, mengoleskannya langsung pada luka tidak begitu disarankan. 

Jika kondisi kulit sudah mulai tertutup, pengolesan minyak kelapa bisa membantu menjaga kelembapan dan mendukung kulit supaya lebih cepat sembuh.

Artikel Lainnya: Ini Alasan Anda Bisa Demam karena Luka

6. Kunyit 

Sebuah studi pada tahun 2016 menyebutkan bahwa penggunaan kunyit membantu mempercepat penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan kunyit menstimulasi faktor pertumbuhan yang terlibat dalam proses penyembuhan luka. 

Penelitian lain pada tahun 2019 juga menyatakan hal yang senada. Kurkumin dalam kunyit turut meningkatkan produksi kolagen sehingga luka pun cepat sembuh.

Campurkan bubuk kunyit dan air untuk menjadikannya pasta. Setelah itu, oleskan secara tipis pada luka lalu tutup dengan perban. Jangan lupa untuk mengganti perban secara berkala.

Akan tetapi, orang tua harus memastikan luka anak benar-benar bersih sebelum dioleskan pasta kunyit. 

7. Bawang Putih

Siapa sangka bawang putih bisa menjadi obat alami luka jatuh pada anak?

Bumbu dapur beraroma tajam ini memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi, sehingga dapat membantu menghentikan pendarahan, mengurangi rasa sakit, dan menyembuhkan luka lebih cepat. 

Membuat pasta dari bawang putih dan mengoleskannya pada luka terbuka juga dipercaya dapat membantu menangani infeksi eksternal.

8. Kayu Manis

Manfaat Kayu Manis untuk Kecantikan Kulit

Untuk mengobati luka secara alami agar cepat kering, cara yang satu ini bisa efektif. Oleskanlah pasta kayu manis di area yang terluka pada kulit anak.

Sifat antibakteri yang kuat dari kayu manis dipercaya mampu melawan infeksi sekaligus mengurangi peradangan.

Rempah yang satu ini juga bisa membantu memulihkan luka bakar dengan efek dingin yang diberikan. 

Artikel Lainnya: Cara Mengobati Luka di Mulut Bagian Dalam

Itulah beberapa obat alami luka jatuh pada anak. Namun, penggunaannya tidak berlaku pada luka yang berat. Apabila si Kecil hanya luka lecet atau ringan, orang tua bisa mencoba menyembuhkannya dengan cara alami. 

Mengingat bahan alami juga dapat memunculkan reaksi alergi, sebaiknya sebelum menggunakan pastikan anak tidak alergi dengan bahan tersebut. 

Orang tua bisa lakukan uji tempel di area kecil tubuh anak. Tempelkan sedikit bahan alami tersebut di bagian belakang leher atau siku, diamkan selama 24 jam. Jika tidak tampak tanda-tanda alergi, maka bahan tersebut aman digunakan. 

Untuk #JagaSehatmu dan keluarga, baca informasi kesehatan terbaru dan tepercaya hanya di aplikasi KlikDokter. Bila ingin konsultasi seputar kesehatan anak, lebih mudah melalui fitur Tanya Dokter. 

[RS]

LukaAnak

Konsultasi Dokter Terkait