Sukses

Manfaat Permainan Bola Voli untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya membakar kalori, olahraga voli juga memiliki sejumlah manfaat lain yang penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Cek selengkapnya di sini.

Pernahkah Anda bermain voli? Jangan-jangan, Anda salah satu penggemar jenis olahraga yang satu ini?

Tidak dimungkiri, olahraga voli di Indonesia memang tidak setenar sepak bola atau badminton.

Meski demikian, olahraga beregu yang menuntut kerja sama, kekuatan dan kelincahan tubuh ini memiliki segudang manfaat yang tidak kalah menyehatkan, lho!

Artikel Lainnya: Olahraga yang Cocok Dilakukan Usai Bekerja

Berikut ini beberapa manfaat voli bagi kesehatan tubuh Anda:

1 dari 4 halaman

1. Efektif Membakar Kalori

Mengutip Red River College, sebuah penelitian yang dilakukan Harvard Medical School mencoba mengungkap jumlah kalori yang dibakar ketika seseorang bermain voli.

Faktanya, bermain voli harian—di luar kompetisi profesional—selama 30 menit di lapangan biasa (bukan pasir) dapat membakar 90–133 kalori.

Sementara itu, bermain voli pada kompetisi profesional menggunakan jenis lapangan dan durasi serupa dapat membakar 120–178 kalori.

Penelitian juga menemukan bahwa bermain voli di tanah pasir yang kurang stabil dapat membakar hingga 480 kalori.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, manfaat tersebut diperoleh dari gerakan melompat dan lari yang dilakukan secara berulang pada permainan voli.

Mengutip Livestrong, manfaat permainan bola voli yang satu ini disinyalir dapat menurunkan risiko hipertensi, penyakit jantung, dan diabetes.

2. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang

Manfaat bola voli selanjutnya adalah dapat meningkatkan kekuatan otot dan tulang.

“Terutama otot bagian lengan atas dan bahu. Untuk kekuatan tulang kaki juga, karena gerakan berulang menyangga beban tubuh,” kata dr. Dyah Novita.

3. Mengoptimalkan Metabolisme

Olahraga voli disebut bermanfaat dalam mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh. Pasalnya, saat bermain voli, detak jantung ikut meningkat, dan hal ini dapat memperlancar peredaran darah serta peredaran nutrisi ke seluruh tubuh.

Berdasarkan Aerobic Mile Chart, jumlah energi yang dihabiskan ketika bermain voli selama 20 menit dalam tempo lambat sama dengan ketika Anda berlari sejauh 1,6 kilometer.

Tak heran, voli juga disebut bermanfaat untuk paru-paru, karena para pemain harus mengatur ritme pernapasan selama bermain bola karet ini.

Artikel Lainnya: Rekomendasi Olahraga yang Sehat dan Aman untuk Lansia

2 dari 4 halaman

4. Melatih Koordinasi Tubuh

Melakukan servis dan smash secara tepat dalam tempo pertandingan voli yang cepat membutuhkan koordinasi tangan maupun mata yang mumpuni. Terlebih, Anda akan selalu berbagi posisi dengan rekan satu tim.

Boleh dibilang, koordinasi tangan dan mata merupakan salah satu unsur penting dalam voli.

5. Keseimbangan

Butuh kelenturan, kecepatan, kekuatan serta keseimbangan yang baik untuk melakukan gerakan menyerang, memblokir, servis, maupun mengoper bola selama bermain voli.

Hal tersebut turut meningkatkan keseimbangan fisik Anda secara keseluruhan.

6. Kemampuan Interpersonal

Manfaat voli selanjutnya, yaitu meningkatkan kemampuan interpersonal. Hal ini merupakan kemampuan bekerja sama dengan dua orang atau lebih secara verbal maupun nonverbal.

Sebuah penelitian yang dikutip Red River College menunjukkan bahwa pria dewasa yang mengikuti olahraga beregu memiliki kemampuan interpersonal yang lebih baik.

3 dari 4 halaman

7. Mencegah Stres

Seperti olahraga pada umumnya, voli juga dapat meningkatkan suasana hati. Hal ini disebabkan tubuh melepaskan hormon endorfin selama bermain voli.

Mengutip Healthline, endorfin merupakan zat kimia alami yang diproduksi sistem saraf tubuh untuk mengatasi rasa sakit atau stres.

Karena manfaatnya dalam memproduksi endorfin, banyak ahli kesehatan yang menganjurkan olahraga teratur sebagai terapi mengobati depresi, serta gejala kecemasan ringan hingga sedang. Salah satu olahraga yang dimaksud di sini adalah voli.

Setelah tahu manfaat permainan bola voli, apakah Anda mulai tertarik untuk melakukan jenis olahraga ini? Jika ya, ingatlah untuk melakukannya secara rutin dan teratur sambil dikombinasikan dengan penerapan gaya hidup sehat. Dengan demikian, manfaatnya bisa dirasakan lebih optimal.

Butuh saran dan bantuan terkait olahraga atau kondisi kesehatan lainnya? Anda bisa melakukan konsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar