Sukses

Skincare untuk Bayi, Apakah Benar Diperlukan?

Bayi terlahir dengan kulit yang lembut dan halus. Guna merawatnya agar tetap sehat, perlukah penggunaan skincare untuk bayi? Yuk, cari tahu pendapat dari dokter!

Bayi terlahir dengan kulit yang halus dan lembut. Guna menjaga kondisi tersebut, sebagian orangtua berpikir bahwa penggunaan skincare untuk bayi adalah hal yang penting.

Apakah pemahaman itu sesuai dengan fakta medis dari dokter? Yuk, cari tahu kebenarannya!

 

1 dari 3 halaman

Perlukah Skincare Sejak Bayi?

Menurut dr. Atika, penggunaan skincare bayi adalah hal yang sebenarnya tidak diperlukan, apalagi jika kondisi kulitnya tampak sehat.

“Bayi terlahir dengan kulit yang sensitif, sehingga ketika salah menggunakan skincare justru bisa menyebabkan masalah,” ujar dr. Atika.

Di sisi lain, dr. Atika juga mengatakan bahwa penggunaan skincare untuk bayi hanya diperlukan jika sedari awal kulit si kecil tampak bermasalah.

“Kalau memang ada masalah kulit kering, boleh pakai pelembap khusus bayi. Skincare selain itu tidak wajib. Tidak digunakan pun tidak apa-apa,” tegas dr. Atika.

Artikel Lainnya: Tips Membersihkan Daki di Tubuh Bayi

Kendati demikian, tidak ada salahnya jika Anda sangat ingin mengaplikasikan skincare pada bayi.

Namun, Anda wajib memilih produk skincare bayi yang tepat agar kandungan di dalamnya tidak malah menyebabkan masalah pada kulit si kecil.

Pada dasarnya, kulit bayi sangatlah sensitif. Oleh karena itu, orangtua perlu memastikan bahwa produk skincare untuk bayi (termasuk sampo dan sabun) tidak mengandung bahan pewangi, pewarna, ftalat, paraben, alkohol, dan zat-zat lain yang bersifat keras.

Pada bayi dengan alergi pada kulit, penggunaan skincare dengan label hypoallergenic sangatlah diperlukan.

Pastikan pula produk tersebut memang benar-benar hypoallergenic, dengan memperhatikan komposisi yang tertera di kemasan.

2 dari 3 halaman

Apa Saja Produk Skincare untuk Bayi?

Dilansir dari WebMD, berikut ini beberapa produk skincare bayi yang bisa dijadikan pilihan:

  • Baby Lotion

Baby lotion dapat membantu menjaga kelembapan kulit bayi. Gunakan sedikit dan dioles tipis-tipis saja, agar tidak malah menyebabkan masalah pada kulit si kecil.

  • Sabun dan Sampo Bayi

Gunakan produk khusus bayi untuk sampo maupun sabun, agar kondisi kulit dan rambut si kecil tetap terjaga kesehatannya. Pastikan tidak berlebihan, guna menghindari masalah pada kulit bayi.

Artikel Lainnya: Plus-Minus Penggunaan Tabir Surya untuk Bayi

  • Petroleum Jelly

Produk ini dapat mengobati ruam popok, juga bisa menurunkan risiko terjadinya kondisi tersebut.

  • Baby Oil

Minyak ini dapat digunakan untuk memijat tubuh bayi yang baru lahir; bukan sebagai pelembab. Hal ini karena kulit bayi yang masih terlalu kecil tidak menyerapnya dengan baik.

  • Bedak Bayi

Jika menggunakan bedak bayi, usahakan untuk mencari produk yang talc free. Berhati-hatilah agar tidak mengenai wajah dan kelamin bayi. Gunakan sedikit saja, agar tak malah menyebabkan kulit bayi bermasalah.

Penggunaan skincare untuk bayi memang tidak diwajibkan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba merawat kesehatan kulit bayi sedini mungkin.

Hal yang penting, pastikan skincare bayi yang digunakan mengandung bahan-bahan yang aman, agar tidak malah menyebabkan masalah pada si kecil.

Apabila Anda butuh tuntunan lebih lanjut dari dokter terkait skincare untuk bayi, tak perlu ragu untuk berkonsultasi melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar