Sukses

Benarkah Tanaman Okra Bisa Mengobati Kanker Hati?

Okra mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan. Okra juga dianggap bisa mengatasi kanker hati, benarkah?

Kanker hati muncul akibat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkontrol pada organ hati. Tidak hanya dengan pengobatan medis, beberapa studi juga menyebutkan kanker hati bisa diatasi dengan tanaman okra.

Sayuran tersebut memang dikenal menyehatkan dan tinggi antioksidan. Lantas, bagaimana manfaat tanaman okra sebagai obat kanker hati? Ketahui lebih lanjut berikut ini.

 

1 dari 3 halaman

Manfaat Okra untuk Kanker Hati

Kandungan antioksidan okra yang tinggi dianggap efektif menangkal radikal bebas dan sel kanker. Melansir WebMD, okra mengandung antioksidan yang disebut polifenol, serta vitamin A dan C.

Okra juga mengandung protein yang disebut lektin. Protein ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Artikel lainnya: Kenali Lebih Jauh Hepatoblastoma, Kanker Hati pada Anak

Studi yang menggunakan senyawa terkonsentrasi dari okra menunjukkan adanya efek menghambat pada pertumbuhan sel kanker.

Melihat kandungan dan manfaatnya, apakah tanaman okra bisa membantu mengobati kanker hati?

Dokter Dyah Novita Anggraini menjelaskan, “Tanaman okra memang bisa mengaktifkan sitokin untuk meningkatkan imunitas. Jadi, memang bisa membantu pasien untuk pengobatan kanker hati.”

“Tapi, tanaman okra hanya sebagai terapi suportif, bukan terapi utama. Pengobatan medis masih diprioritaskan,” sambungnya.

Tanaman okra bisa dijadikan terapi suportif dengan mendukung sistem imun. Dengan pengembangan sistem imun yang baik, efek samping pengobatan kanker bisa dikurangi.

Tanaman okra juga memiliki kemampuan dalam mengaktivasi nuclear factor kappa-light-chain-enhancer. Aktivasi ini nantinya akan meningkatkan produksi sitokin yang dibutuhkan untuk sel imun di dalam tubuh penderita kanker.

Peningkatan sistem imun juga nantinya diharapkan bisa menguntungkan pasien kanker dalam upaya mengatasi pertumbuhan sel kanker.

Artikel lainnya: Jenis-Jenis Penyakit Hati yang Perlu Anda Ketahui

2 dari 3 halaman

Tips Konsumsi Okra untuk Pasien Kanker Hati

Sama seperti sayuran lainnya, okra bisa dimakan dengan cara dimasak terlebih dahulu. Anda bisa merebus atau menumis sayur okra dengan makanan sehat lainnya.

Pastikan untuk mengimbangi masakan okra dengan sayuran lainnya. Jadi, pengobatan dan pemulihan kanker bisa berjalan maksimal. Jika penderita kanker sulit makan makanan padat, okra bisa dipotong kecil-kecil sebagai pelengkap di dalam bubur.

Suplemen dengan kandungan okra juga bisa menjadi pilihan lainnya. Namun, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter guna menghindari risiko efek samping atau interaksi obat.

Agar pengobatan dan penyembuhan kanker berjalan optimal, usahakan untuk rutin menerapkan pola hidup sehat. Bila ingin konsultasi lebih lanjut seputar terapi kanker, gunakan Live Chat dengan dokter umum atau spesialis.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar