Sukses

Obat Herbal untuk Bantu Mengatasi Kanker Payudara

Beberapa bahan alami dipercaya dapat membantu mengobati kanker payudara. Apa saja obat herbal kanker payudara? Ketahui di sini.

Mengobati kanker payudara dengan obat herbal menjadi salah satu terapi alternatif yang kerap diminati. Terdapat beberapa obat herbal kanker payudara yang diteliti bisa mendukung pengobatan penyakit tersebut.

Dokter Dyah Novita Anggraini mengatakan, “Memang ada beberapa obat herbal yang bisa membantu mengatasi kanker payudara, misalnya kunyit, bawang, dan green tea.” 

“Tapi perlu diingat, bahan-bahan alami ini hanya sebagai terapi suportif, bukan pengobatan utama. Pasien kanker payudara tetap harus melakukan kemoterapi atau terapi lainnya yang dianjurkan dokter,” jelasnya.

Berdasarkan studi berjudul “Natural cures for breast cancer treatment”, berikut ini deretan obat herbal kanker payudara yang bisa digunakan untuk terapi suportif: 

1. Echinacea 

Echinacea merupakan tanaman aromatik yang tumbuh di wilayah timur Amerika Utara. Tumbuhan ini memiliki beberapa manfaat potensial sebagai pengobatan antikanker. 

Kandungan flavonoid Echinacea bertindak sebagai stimulan kekebalan. Kandungan tersebut juga dipercaya bisa mengurangi kerusakan atau efek samping dari kemoterapi dan radioterapi.

Artikel lainnya: Wanita, Ini Cara Sederhana Mencegah Kanker Payudara

1 dari 3 halaman

2. Bawang Putih

Sudah sejak lama bawang putih digunakan untuk mengobati banyak penyakit. Minyak dari bawang putih juga bermanfaat karena mengandung asam amino dan ajoene yang bertindak sebagai antioksidan. 

Bioflavonoid, cyanidin, dan quercetin juga ditemukan di dalam bawang putih serta memiliki sifat antioksidan. 

Zat antikanker pada bawang putih ada karena kandungan sulfida organik dan polisulfida. Sementara, zat antitumor pada bawang putih bekerja dengan merangsang limfosit dan makrofag (jenis-jenis sel darah putih). 

Nantinya, kandungan ini akan membunuh sel kanker dan mengganggu metabolisme sel tumor

3. Kunyit 

Selain bawang putih, bahan dapur lainnya yang juga bisa dikonsumsi sebagai terapi suportif kanker payudara adalah kunyit. 

Kunyit mengandung kurkumin, yaitu bahan aktif yang diduga kuat menjadi antikanker karena zat fenoliknya. Kandungan ini juga mampu menghambat fase pertumbuhan kanker dari awal pembentukan hingga perkembangannya. 

4. Ginseng 

Ginseng juga menjadi pilihan obat herbal kanker payudara. Tanaman ini memiliki zat aktif yang bisa membantu menghambat penyebaran dan pembelahan sel kanker. 

5. Karotenoid 

Karotenoid merupakan senyawa yang umum ditemukan di dalam sayuran atau buah-buahan. Karotenoid adalah antioksidan kuat yang berfungsi menangkal radikal bebas, dan menstimulasi sistem kekebalan tubuh. 

Kandungan enzimnya juga membantu melawan kanker pada tubuh.

Artikel lainnya: Metastasis Kanker Payudara, Apa Itu?

2 dari 3 halaman

6. Teh Hijau

Pada teh hijau, manfaatnya dalam melawan kanker dikaitkan dengan kandungan polifenolnya yang tinggi. 

Para peneliti mengungkapkan, teh hijau memiliki aktivitas antitumor dan anti-mutagenik (mencegah penyebaran gen pemicu kanker). 

Lalu, studi pada hewan menunjukkan, polifenol teh hijau membantu membatasi pembelahan sel kanker. Kandungan ini juga merangsang nekrosis (cedera pada sel) dan apoptosis (kematian sel) pada sel tumor. 

7. Flax Seed

Flax seed atau biji rami memang dikenal sebagai biji-bijian yang punya segudang manfaat. Biji kecil ini kaya akan serat, omega-3, dan lignan sebagai antioksidannya. 

Biji rami juga dipercaya punya sifat antikanker yang cukup kuat. Hanya saja, penelitiannya memang masih terbatas dan butuh dilanjutkan.

Artikel lainnya: Kebiasaan Meremas Payudara Bisa Picu Kanker Payudara?

8. Daun Sirsak 

Daun sirsak punya sifat sitotoksik yang mampu membunuh sel kanker. Tidak hanya itu, kandungan acetogenin dan alkaloidnya juga diyakini mampu mengurangi pertumbuhan kanker. 

Sayangnya, penelitian daun sirsak untuk kanker masih sangat terbatas.

9. Black Cohosh

Menurut studi, pasien kanker payudara paling sering menggunakan black cohosh selama radioterapi dan kemoterapi. 

Belum diketahui pasti kandungan apa dari black cohosh yang membantu pengobatan kanker payudara. Tapi, diduga kandungan glikosida triterpen yang berperan. 

10. Daun Belalai Gajah 

Daun belalai gajah mengandung antioksidan tinggi seperti flavonoid dan asam fenolik. Kandungan-kandungan ini diklaim efektif mengatasi sel kanker pada payudara. Meski begitu, butuh penelitian lanjut untuk hal ini.

Ketika menderita kanker payudara, hindari mengonsumsi obat herbal sembarangan. Konsultasikan dulu kepada dokter dan patuhi aturan konsumsi obat yang dianjurkan.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar obat herbal kanker payudara, gunakan Live Chat dengan dokter onkologi.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar