Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Kenali Sindrom Wonder Week Penyebab Bayi Jadi Lebih Rewel

Kenali Sindrom Wonder Week Penyebab Bayi Jadi Lebih Rewel

Ada kalanya bayi menjadi lebih rewel dari biasanya. Mungkin si kecil sedang mengalami sindrom wonder week. Apa itu sindrom wonder week?

Si kecil yang masih berusia bayi umumnya berkomunikasi dengan cara menangis dan hal itu normal. Namun, ada kalanya bayi menangis lebih sering atau lebih rewel dari biasanya. 

Tak dimungkiri, orangtua pun akan merasa cemas dan berusaha menenangkan bayi. Anda tak perlu terlalu khawatir, sebab mungkin si kecil sedang mengalami sindrom wonder week. Apa yang dimaksud dengan sindrom wonder week

1 dari 2 halaman

Mengenal Sindrom Wonder Week?

Menurut dr. M. Iqbal Ramadhan, sindrom wonder week merupakan lompatan perkembangan mental bayi selama 20 bulan pertama kehidupan sejak si kecil lahir.

Artikel Lainnya: Bayi Sering Menangis, Ada Gangguan Kesehatan Apa?

“Pada 20 bulan pertama akan terjadi perubahan pada sistem saraf dan fungsi otak si kecil. Bayi akan mengalami perkembangan melalui kemampuannya dan bayi akan belajar beberapa hal,” jelas dr. Iqbal. 

Istilah wonder week sebenarnya dipelopori oleh dokter anak dari Belanda, yaitu Fransiscus Xaverius Plooij dan istrinya Hetty Van de Rijtuntuk.

Lompatan perkembangan mental bayi akan terjadi sebanyak 10 kali. Bayi akan cenderung lebih rewel saat mengalami masing-masing tahap lompatan. Hal itu disebabkan karena bayi merasa kewalahan dengan kemampuan barunya. 

Karena si kecil belum tahu bagaimana mengendalikan pengalaman atau perkembangan barunya, mereka jadi frustrasi sehingga menjadi lebih sering menangis.

“Sindrom wonder week ini biasanya berlangsung selama 1-2 minggu dalam setiap lompatan,” kata dr. Iqbal.

Berikut ini adalah 10 lompatan sindrom wonder week yang menyebabkan bayi jadi lebih rewel dari biasanya.

Artikel Lainnya: Ayah, Ini Lo Cara Mengatasi Bayi Menangis

1. Lompatan ke-1 di Usia 5 Minggu

Pada masa ini, perkembangan metabolisme, usus, dan organ sensorik bayi matang lebih cepat. Ia sudah bisa melihat dari jarak 20-30 cm. 

Tak jarang, pada masa-masa ini bayi akan menangis dan mengeluarkan air mata lebih banyak dari sebelumnya.

2. Lompatan ke-2 di Usia 8 Minggu 

Si kecil sudah kehilangan refleks otomatis dan mulai merasakan hal-hal terjadi pada tubuhnya secara sadar. Kendati begitu, gerakan bayi masih terlihat kaku.

3. Lompatan ke-3 di Usia 12 Minggu 

Tubuh bayi sudah tidak kaku seperti saat usia lima minggu. Pada tahap atau lompatan sindrom wonder week ini, bayi sudah bisa mengeluarkan suara-suara seperti sedang menggumam. Ia juga mulai tertarik pada cahaya dan sudah bisa untuk tengkurap sendiri. 

4. Lompatan ke-4 di Usia 19 Minggu

Bayi sudah bisa mendengar, mengecap, dan bergerak lebih luwes. Si kecil juga mulai dapat menggenggam tangan, bahkan mampu memasukkan barang ke mulutnya. 

Artikel Lainnya: Kiat Jitu agar Bayi Tak Rewel Saat Minum Obat

5. Lompatan ke-5 Usia 26 Minggu

Pada saat ini, bayi Anda sudah berusia sekitar 6 bulan. Umumnya anak sudah bisa memahami kata-kata yang diucapkan orang lain, melempar benda, serta mengucapkan satu suku kata. 

6. Lompatan ke-6 di Usia 37 Minggu

Si kecil sudah bisa membandingkan sesuatu, misalnya mana hewan kucing atau anjing. Selain itu, bayi sudah bisa mengekspresikan emosinya dan mulai belajar merangkak.

7. Lompatan ke-7 di Usia 46 Minggu 

Bayi sudah bisa menunjukkan apa yang ia inginkan serta meniru bahasa tubuh dari orangtua atau orang di sekitarnya. 

8. Lompatan ke-8 di Usia 55 Minggu

Pada usia ini, bayi sudah bisa menunjukkan kesukaannya terhadap sesuatu. Umumnya, kemampuan motorik si kecil juga sudah mulai berkembang. Contohnya, bayi mungkin sudah bisa membuat coretan di kertas. 

9. Lompatan ke-9 di Usia 61 Minggu 

Bayi sudah punya keinginan untuk melakukan semua hal sendirian. Ia mulai mengetahui barang yang ia miliki dan mampu menunjukkan emosinya, termasuk berperilaku tantrum. 

10. Lompatan ke-10 Usia 76 Minggu

Saat ini bayi Anda sudah berusia 1,5 tahun. Bayi umumnya sudah bisa menjawab pertanyaan dan mengerti obrolan lawan bicaranya. 

Itu dia beberapa lompatan sindrom wonder week pada bayi. Untuk tahu Informasi seputar kesehatan anak lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar