Sukses

Penyebab Rambut Bayi Mengalami Kerontokan

Tidak hanya orang dewasa, bayi pun bisa mengalami kerontokan rambut. Simak berbagai penyebab rambut rontok pada bayi di sini.

Siapa yang tidak senang melihat rambut bayi tumbuh halus dan tebal? Berbagai cara kerap dilakukan untuk mempertahankannya tetap sehat dan indah. Tapi, tahukah Anda bahwa kondisi rambut bayi rontok bisa terjadi?

Menurut American Academy of Pediatrics, rambut rontok pada bayi merupakan hal normal, apalagi jika terjadi pada beberapa bulan pertama kehidupan. Kerontokan rambut ini disebut alopecia

Pada bayi, hal ini bisa dipicu oleh beberapa faktor seperti hormon dan posisi tidur yang salah. Kabar baiknya, kerontokan rambut pada bayi sangat jarang dikaitkan dengan kondisi medis serius.

Tapi, jika rambut bayi rontok terus terjadi hingga usia 6 bulan ke atas, maka jangan dianggap remeh. Pasalnya, kerontokan rambut parah dan berlangsung lama bisa menjadi indikasi gangguan kesehatan. 

Artikel lainnya: Ini Alasan Rambut Balita Tipis dan Susah Tumbuh!

Melansir Healthline, berikut ini beberapa penyebab rambut rontok pada bayi yang perlu diwaspadai:

1 dari 3 halaman

1. Telogen Effluvium

Pertumbuhan rambut tentu terjadi karena ada siklus pertumbuhan, dimulai dari fase aktif, transisi, dan terakhir istirahat. 

Fase terakhir inilah yang dikenal sebagai telogen, yaitu ketika folikel rambut tidak lagi aktif dan menetap pada rambut. Pada telogen effluvium, rambut baru segera didorong untuk menuju fase terakhir. 

Alhasil, rambut akan mudah rontok. Biasanya, hal ini terjadi karena bayi sedang mengalami gangguan kesehatan tertentu seperti demam dan stres. 

2. Posisi Tidur yang Salah 

Jangan dianggap remeh, posisi tidur yang salah tidak hanya memengaruhi bentuk badan bayi tapi juga kerontokan rambut. 

Ketika bayi tidur dengan posisi yang salah, ia cenderung menggesekkan kepalanya sehingga menyebabkan rambut rontok. Jadi, perhatikan posisi tidur bayi Anda. 

3. Cradle Cap 

Cradle cap merupakan masalah lainnya yang mungkin terjadi dan menyebabkan rambut bayi rontok. Kondisi ini ditandai kulit kepala dengan serpihan kering seperti ketombe

Belum diketahui pasti apa penyebab cradle cap. Tapi, diyakini pemicunya adalah perubahan hormon yang membuat kulit kepala menghasilkan lebih banyak minyak. 

Kondisi ini umumnya tidak menular atau berbahaya. Sebagian besar kasus cradle cap hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Artikel lainnya: Rambut Jagung Tanda Anak Mengalami Stunting, Benarkah?

2 dari 3 halaman

4. Kurap

Kurap juga bisa menyebabkan kerontokan pada rambut bayi. Tidak hanya rambut rontok, kurap pun dapat menimbulkan ruam dan kulit bersisik pada kepala bayi. 

Kurap biasanya tidak menginfeksi anak-anak di bawah usia 2 tahun. Tapi, penyakit ini perlu diwaspadai karena sangat menular. 

5. Kekurangan Gizi 

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, kekurangan gizi juga bisa menyebabkan rambut bayi rontok. 

“Selain rambut rontok, rambut anak juga jadi tipis dan berubah jadi warna merah. Karena itu, orangtua wajib memenuhi gizi bayi,” jelasnya.

Agar rambut si kecil senantiasa tumbuh lebat dan sehat, penuhi kebutuhan gizinya serta beri perawatan rambut dan kulit yang tepat.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar perawatan bayi, gunakan Live Chat dengan dokter anak.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar