Sukses

Suntik Insulin untuk Ibu hamil, Apakah Aman bagi Janin?

Suntik insulin untuk ibu hamil merupakan solusi bagi pengidap diabetes gestasional. Amankah wanita yang tengah mengandung memperoleh terapi ini?

Diabetes gestasional merupakan penyakit kencing manis yang terjadi pada ibu hamil. Gangguan metabolisme akibat ketidakmampuan tubuh memproduksi hormon insulin ini disebabkan oleh perubahan hormonal alami selama kehamilan.

Untuk mengatasi diabetes gestasional, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan suntik insulin untuk ibu hamil. Namun, amankah tindakan tersebut?

1 dari 3 halaman

Suntik Insulin untuk Ibu Hamil, Aman atau Tidak?

Insulin merupakan hormon yang dapat membantu sel tubuh mengubah kadar gula darah menjadi energi.

Artikel Lainnya: Bagian Tubuh yang Tepat untuk Disuntikkan Insulin

Pada pengidap diabetes, hormon insulin tidak dapat dimanfaatkan secara optimal oleh tubuh sehingga menyebabkan gangguan metabolisme dan penumpukan kadar gula darah.

Jika diabaikan, kondisi tersebut dapat mengakibatkan sejumlah komplikasi, seperti penyakit jantung, hati (liver), ginjal, hingga stroke.

Guna mencegah komplikasi diabetes, ibu hamil memerlukan asupan insulin agar tubuhnya dapat mengolah gula darah menjadi energi. Salah satu hal yang bisa dilakukan dalam hal ini adalah suntik insulin.

Berdasarkan dr. Reza Fahlevi, Sp. A, suntik insulin merupakan terapi utama yang diberikan pada ibu hamil pengidap diabetes gestasional. Terapi ini diberikan dengan menyuntikkan insulin pada jaringan lemak di bawah kulit yang terletak di lengan atas, paha, atau perut ibu hamil.

Mengutip Parenting First Cry, suntik insulin bermanfaat untuk menjaga ibu dan janin tetap sehat.

Artikel Lainnya: Tips Menggunakan Insulin Sehari-hari

Ketika dokter meresepkan suntik insulin untuk ibu hamil, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Tahap kehamilan
  • Berat badan ibu hamil
  • Pola makan ibu hamil
  • Hasil tes kadar gula darah terbaru
  • Perubahan insulin saat kehamilan

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, suntik insulin untuk ibu hamil tergolong aman. Namun, tak menutup kemungkinan, terapi ini juga bisa menimbulkan efek samping berupa:

  • Pusing
  • Gemetar
  • Berkeringat
  • Jantung berdebar
  • Pembengkakan wajah
  • Kesemutan di lidah dan bibir
  • Bengkak di area bibir, lidah, dan tenggorokan

Artikel Lainnya: Tips Aman Membawa Insulin Diabetes saat Bepergian

2 dari 3 halaman

Kebutuhan Insulin saat Hamil

Gula darah ibu hamil akan diperiksa beberapa kali dalam sehari sehingga dokter dapat mengetahui sejauh mana efektivitas insulin yang diresepkan.

Menurut dr. Reza, dosis asupan insulin bagi ibu hamil harus disesuaikan dengan berat badan, kondisi, serta kadar gula darah selama kehamilan.

Kebutuhan insulin sendiri akan mengalami perkembangan sesuai tahap kehamilan. Hal ini tidak lepas dari perubahan hormonal yang dialami ibu hamil seiring pertumbuhan sang buah hati.

  • Kehamilan Awal

Perubahan hormonal dan fisik yang terjadi pada periode awal kehamilan dapat membuat ibu hamil cukup kesulitan menjaga kadar gula darah ideal.

Gula darah akan cenderung tidak stabil selama 6 hingga 8 pekan pertama kehamilan. Kemudian, gula darah akan mengalami penurunan pada sisa trimester pertama.

Oleh karena itu, asupan insulin untuk ibu hamil tidak menutup kemungkinan akan mengalami penyesuaian. Ibu hamil juga disarankan untuk tidak melewatkan jam makan selama periode ini.

  • Pertengahan hingga Akhir Kehamilan

Ibu hamil akan lebih banyak membutuhkan insulin seiring meningkatnya hormon kehamilan.

Menilik Parenting First Cry, sekitar pekan ke-30, kebutuhan insulin ibu hamil akan meningkat dua kali lipat dari dosis pra-kehamilan

Pada minggu ke-36, kebutuhan insulin ibu hamil mungkin akan tetap stabil dan hanya mengalami sedikit penurunan.

Jika terdapat kasus penurunan kebutuhan insulin yang cukup besar dan signifikan pada periode ini, kemungkinan hal itu merupakan pertanda masalah kesehatan. Segera hubungi dokter dan tenaga medis terdekat untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Suntik insulin untuk ibu hamil adalah salah satu metode pengobatan diabetes gestasional yang efektif. Tindakan ini tergolong aman, selama memperhatikan segala aspek yang telah disampaikan.

Punya pertanyaan mengenai suntik insulin untuk ibu hamil? Anda bisa mengonsultasikannya kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar