Sukses

Bukan Pipi Chubby, Ketahui Kondisi Moon Face

Mirip dengan pipi chubby, moon face terjadi saat wajah bengkak dan berbentuk bulat. Apa penyebab moon face? Cari tahu di sini.

Memiliki pipi chubby atau tembam mungkin diimpikan beberapa orang. Karena, tampilan tersebut menciptakan kesan wajah yang menggemaskan. 

Namun, ada suatu kondisi penyakit yang dianggap mirip pipi chubby yaitu moon face. Moon face merupakan kondisi pembengkakan di wajah yang membuatnya terlihat lebih bulat. 

Ketika memiliki moon face, bentuk wajah akan berubah secara bertahap dan menjadi bulat sepenuhnya. 

Moon face juga dikenal dengan istilah medis moon facies. Meski dapat mengubah bentuk wajah, kondisi ini biasanya tidak menyebabkan gejala tambahan dan tidak terlalu berbahaya. 

1 dari 3 halaman

Apa yang Menyebabkan Moon Face?

Menurut dr. Arina Heidyana, penyebab moon face bisa karena obesitas, reaksi alergi, angioedema (kondisi bengkak), selulitis, dan lain-lain. 

Artikel Lainnya: Cara Mencegah Pipi Tembem agar Semakin Percaya Diri

Selain itu, berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya moon face dilansir dari Healthline:

  1. Penggunaan Obat Steroid

Penggunaan obat steroid prednison menjadi salah satu penyebab moon face yang umum. Prednison diresepkan untuk membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. 

Obat ini akan diberikan jika pernah menjalani transplantasi organ atau telah didiagnosis lupus, kanker, asma, radang sendi, anemia, dan sebagainya.

Obat prednison dapat menimbulkan beberapa efek samping. Contohnya, penambahan berat badan, perubahan suasana hati, dan moon face

Hal ini dikarenakan penggunaan prednison jangka panjang memengaruhi kelenjar adrenal dan produksi hormon tubuh. 

Obat prednison bukan satu-satunya steroid yang dapat menyebabkan moon face. Beberapa obat lainnya seperti deksametason, kortison, dan metilprednisolon juga bisa memicu moon face.

  1. Sindrom Cushing

Sindrom Cushing terjadi saat tubuh memproduksi atau menerima terlalu banyak hormon kortisol. Kondisi ini terjadi karena penggunaan obat steroid yang berkepanjangan. 

Gejala sindrom Cushing dapat meliputi moon face, penambahan berat badan, perubahan suasana hati, dan tekanan darah tinggi.

  1. Hipotiroidisme

Ketika seseorang menderita hipotiroidisme, tiroidnya tidak menghasilkan cukup hormon yang dibutuhkan. 

Hipotiroidisme memiliki beberapa penyebab, di antaranya gangguan autoimun, terapi radiasi untuk kanker, dan pengangkatan kelenjar tiroid.

Gejala hipotiroidisme dapat meliputi moon face, berat badan bertambah, depresi, dan nyeri sendi.

Artikel Lainnya: 5 Tips Bikin Wajah Kencang Bebas Lemak

2 dari 3 halaman

Bagaimana Mencegah Moon Face?

Moon face bisa menjadi gejala penyakit atau efek samping pengobatan. Untuk mencegah moon face, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Pertama, kelola berat badan. Moon face terjadi karena timbunan lemak yang menumpuk di area wajah. Solusinya, coba kurangi jumlah kalori yang Anda makan dan tingkatkan intensitas olahraga. 

Kedua, kurangi asupan garam. Konsumsi garam yang banyak dapat membuat tubuh menahan air. 

Hal ini bisa meningkatkan risiko pembengkakan. Kurangi konsumsi garam Anda dengan menghindari makanan olahan.

Ketiga, berkonsultasi ke ahli gizi khususnya bila sedang diet. Ahli gizi akan membantu membuat rencana untuk mengurangi kalori sekaligus memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. 

Misalnya, konsumsi prednison dapat membuat tubuh kehilangan mineral tulang. Maka dari itu, Anda harus mengonsumsi cukup kalsium untuk mengatasinya. 

Jika Anda merasa wajah terlihat lebih besar dan ragu akan penyebabnya, konsultasi lewat LiveChat dengan dokter. Dapatkan info penyakit dan penanganannya hanya di Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar