HomeInfo SehatKulitBeragam Manfaat Zinc Gluconate untuk Kulit
Kulit

Beragam Manfaat Zinc Gluconate untuk Kulit

Zahra Aminati, 12 Jul 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Zinc gluconate merupakan nutrisi mineral alami yang sering ditemukan pada vitamin. Apa saja manfaatnya untuk kulit? Simak di sini.

Beragam Manfaat Zinc Gluconate untuk Kulit

Zinc gluconate merupakan salah satu kandungan mineral alami yang biasanya ditemukan di berbagai minuman multivitamin. Mineral ini sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan jaringan di dalam tubuh. 

Menurut National Institutes of Health Office of Dietary Supplements, AS, zinc penting untuk menyembuhkan luka dan mendukung fungsi kekebalan tubuh. 

Zinc juga sangat penting dikonsumsi di masa kehamilan dan kanak-kanak untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Selain itu, berikut ini beberapa manfaat zinc gluconate untuk kulit:

1. Membantu Penyembuhan Luka

Menurut dr. Devia Irine Putri, manfaat zinc gluconate berasal dari kandungan anti-peradangan dan dapat berperan sebagai antivirus serta antibakteri. 

Zinc juga sangat penting untuk pembelahan sel dan membantu kulit beregenerasi setelah mengalami luka. Suplemen zinc kerap direkomendasikan untuk pasien yang memiliki borok pada kulit. 

Lalu, suplemen zinc gluconate dapat membantu menyembuhkan luka sayatan, luka bakar, dan iritasi kulit.

2. Mengobati Jerawat

Dokter Devia mengatakan, “Zinc ini bisa membantu meringankan jerawat derajat sedang-berat, mengurangi produksi minyak berlebihan, meredakan peradangan, dan mengurangi tampilan bekas jerawat.” 

Manfaat zinc gluconate juga dapat menyembuhkan lesi jerawat dan mencegah munculnya jerawat. 

Zinc akan bertindak dengan cara mengatur aktivitas kelenjar minyak di kulit atau mengurangi peradangan. 

Lalu, mineral ini turut membantu mencegah timbulnya jaringan parut setelah kulit berjerawat. 

3. Mengatasi Ketombe

Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang umum dialami banyak orang. Senyawa zinc biasanya ada pada sampo antiketombe untuk membantu mengurangi kerontokan rambut. 

Manfaat zinc gluconate juga dapat membantu mengurangi ketombe. Bila ingin menggunakan sampo mengandung mineral ini, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter kulit.

Zinc juga dapat memiliki kemungkinan efek samping. Dokter Devia menyarankan, “Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit sebelum menggunakan suplemen zinc. Karena, kondisi kulit seseorang bisa berbeda.”

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering Secara Alami, Efektif!

“Jika mengonsumsi zinc berlebihan, akan muncul efek samping seperti masalah pencernaan (mual muntah, diare, sakit perut), dan sakit kepala,” jelasnya.

Dosis maksimum zinc umumnya adalah 40 mg setiap hari bagi orang dewasa. Jika lebih dari itu, bisa saja timbul permasalahan di atas. Konsumsi zinc gluconate sesuai keterangan pada kemasan atau anjuran dokter.

Saat mengonsumsi zinc gluconate, Anda perlu menghindari makanan tinggi kalsium atau fosfor. Karena, makanan tersebut dapat mempersulit tubuh untuk menyerap zinc gluconate

Itulah manfaat zinc gluconate untuk kulit. Bila ingin konsultasi ke dokter kulit, gunakan Tanya Dokter di KlikDokter.

(FR/AYU)

kesehatan kulitKecantikanzinc

Konsultasi Dokter Terkait