Sukses

Tips Memilih Skincare UV Emulsion yang Tepat

Penggunaan skincare UV emulsion dapat mencegah bahaya sinar matahari dan melembapkan kulit. Berikut merupakan cara untuk memilih UV emulsion yang tepat.

Salah satu produk perawatan kulit yang dirancang untuk mengurangi bahaya paparan matahari adalah UV emulsion.

Selain itu, produk ini mengandung minyak serta emulsion yang bisa menghidrasi atau melembapkan kulit.

UV emulsion juga bisa mengunci air di dalam lapisan kulit agar tidak menguap serta mencegah tanda-tanda penuaan dini di wajah.

Agar manfaat skincare ini bisa didapat secara maksimal, berikut adalah cara memilih UV Emulsion yang tepat.

1 dari 4 halaman

1. Pilih SPF yang Sesuai Kebutuhan

Dokter Iqbal menyarankan untuk memilih produk UV emulsion dengan Sun Protector Factor (SPF) yang sesuai kebutuhan.

“Jadi untuk daily, penggunaan SPF 30++ memang sudah ideal. Tapi kalau ada kegiatan di luar rumah yang paparan sinar mataharinya lebih tinggi, bisa gunakan SPF 50,” tambah dr. Iqbal.

Sangat dianjurkan untuk kembali mengoleskan UV emulsion ke kulit setiap 3-4 jam sekali.

Artikel Lainnya: Gunakan BB Cream Ber-SPF, Perlukah Pakai Sunscreen Lagi?

2. Pilih Produk dengan Kandungan Emolien Tinggi

Karena berfungsi melembapkan kulit wajah, Anda bisa memilih produk UV emulsion yang mengandung emolien tinggi. Emolien adalah penenang atau pelembut kulit.

Skincare tinggi emolien biasanya terbuat dari bahan, seperti shea butter, squalane, atau petroleum jelly.

Ada pula produk UV emulsion yang diperkaya kandungan butylene glycol, hyaluronic acid, glycerin, serta natural moisturizing factor (NMF) untuk melembapkan kulit.

2 dari 4 halaman

3. Pilih yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Penting untuk mengenal jenis atau tipe kulit masing-masing agar tidak salah saat memilih skincare, termasuk produk UV emulsion.

“Jadi, kalau tipe kulitnya berminyak atau mudah berjerawat, sebaiknya gunakan UV Emulsion yang teksturnya seperti air atau gel. Produk tersebut tidak akan tebal dan tidak terasa lengket. Sedangkan untuk tekstur lotion diperuntukkan bagi kulit berjenis normal dan kering,” ujar dr. Iqbal.

4. Pilih yang Berbahan Chemical dan Physical Sunscreen

UV Emulsion yang mengandung chemical dan physical sunscreen lebih mampu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari.

Physical sunscreen umumnya mengandung zat, seperti cerium oxide, titanium oxide, dan zinc oxide.

Sedangkan produk chemical sunscreen, biasanya mengandung ethylhexyl methoxycinnamate, octocrylene, dan T-Butyl Methoxydibenzoylmethane.

Orang yang memiliki kulit sensitif harus mengurangi atau menghindari penggunaan chemical sunscreen karena dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan di kulit.

Artikel Lainnya: Bagian Tubuh Mana Saja yang Perlu Tabir Surya?

3 dari 4 halaman

5. Pilih yang Berbahan Dasar Antiinflamasi

Dokter Iqbal menyarankan untuk memilih produk UV Emulsion dengan bahan dasar antiinflamasi. Karena bahan antiinflamasi dapat meredakan peradangan pada kulit yang terpapar sinar matahari.

“Saat terpapar sinar matahari cukup banyak dan lumayan lama, bahan antiinflamasi akan menjalankan sifatnya yang calming (menenangkan) di kulit. jelas dr. Iqbal.

Itu dia beberapa cara memilih produk UV emulsion. Anda juga bisa berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis kulit dan kecantikan untuk membantu memilih produk skincare yang sesuai jenis kulit.

Untuk tahu informasi seputar kesehatan kulit lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar