Sukses

Hidung Perih Seperti Kemasukan Air, Tanda Penyakit Apa?

Hidung perih seperti kemasukan air dapat disebabkan oleh berbagai hal. Berikut ini sejumlah penyebab hidung terasa perih.

Pernahkah Anda merasakan hidung yang perih seperti kemasukan air? Kondisi ini sungguh membuat tak nyaman. Lalu, hidung yang perih juga bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, sebenarnya gejala hidung perih bukanlah sebuah tanda khas suatu penyakit. “Namun, penyebab hidung perih biasanya karena iritasi di hidung, sinusitis, atau rhinitis,” jelasnya.

Mari ketahui lebih lanjut mengenai kondisi-kondisi yang bisa menimbulkan sensasi perih pada hidung dan cara mengatasinya.

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Hidung Perih Seperti Kemasukan Air

Berikut beberapa penyebab hidung terasa perih yang perlu Anda kenali:

1. Udara Dingin

Udara dingin dapat menyebabkan hidung kering. Lalu, udara yang kering bisa membuat kelembapan di tubuh menjadi cepat menguap. Itulah sebabnya tangan dan bibir kerap mengalami pecah-pecah atau terasa kering.

Artikel Lainnya: Mengenal Anatomi dan Fungsi Hidung Manusia

Selain itu, udara dingin bisa menghilangkan kelembapan pada selaput lendir di dalam hidung. Hal ini yang menyebabkan hidung terasa kering dan teriritasi, sehingga muncul rasa perih.

2. Iritasi

Hidung yang terasa perih juga biasanya terjadi karena adanya iritasi. Dokter Devia Irine Putri menjelaskan, “Hidung yang perih biasanya karena iritasi akibat mencium bau-bau menyengat, misalnya bahan kimia.”

Bahan kimia dan polusi juga dapat menyebabkan kondisi rhinitis atau sinusitis. Zat kimia tersebut bisa berasal dari asap rokok, bahan kimia industri, dan kandungan cairan pembersih rumah.

3. Luka

Hidung yang terasa perih bisa terjadi karena adanya luka di hidung, “Misalnya, karena Anda mengorek hidung terlalu sering, atau sering membuang ingus sehingga muncul luka gesekan pada hidung,” ujar dr. Devia.

4. Rhinitis Alergi

Penyakit ini juga dikenal sebagai hay fever. Kondisi ini merupakan alergi yang membuat hidung terasa gatal, iritasi, bersin, dan tersumbat. Biasanya, hal ini dipicu oleh alergen (pemicu alergi).

Saat ada jamur, debu, atau bulu hewan masuk ke hidung, tubuh akan melepaskan bahan kimia yang bernama histamin. Hal ini akan memicu reaksi alergi.

Artikel Lainnya: Cara Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat

5. Infeksi di Hidung

Infeksi seperti sinusitis bisa menyebabkan pilek dan rasa agak perih pada hidung. Kondisi ini memiliki gejala seperti hidung tersumbat, sakit kepala, dan pilek terus-menerus.

Namun, tidak seperti pilek yang disebabkan oleh virus, infeksi sinus biasanya diakibatkan oleh bakteri.

Saat mengalami infeksi sinus, lendir akan tersangkut di ruangan yang berisi udara di belakang hidung, dahi, dan pipi. Bakteri biasanya tumbuh di lendir yang terperangkap dan bisa menyebabkan infeksi.

Rasa sakit dari sinusitis disebabkan oleh adanya tekanan pada batang hidung, serta di belakang pipi dan dahi.

6. Vaskulitis

Kondisi ini merupakan peradangan di pembuluh darah. Darah tidak mampu bekerja secara optimal, serta tidak memberikan oksigen dan nutrisi secara efektif.

Penyakit ini dapat berkembang di salah satu pembuluh darah tubuh. Gejalanya pun tergantung lokasi pembuluh darah yang meradang.

Namun, saat ada pembuluh darah di wajah yang terpengaruh, vaskulitis dapat menyebabkan luka di hidung atau mulut.

2 dari 3 halaman

Kapan Harus ke Dokter?

Menurut dr. Devia, pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika hidung terasa perih adalah cuci hidung dan menghirup uap air hangat. Hindari membuang ingus atau mengorek hidung.

Ketika hidung terasa perih dan sangat mengganggu, dr. Devia menyarankan untuk segera berobat ke dokter.

“Jika perihnya mengganggu sekali, tidak membaik hanya dengan perawatan di rumah, atau ada tanda-tanda dari infeksi lainnya seperti hidung berubah warna menjadi merah, hidung tersumbat, dan demam, sebaiknya pergi ke dokter,” sarannya.

Itulah beberapa penyebab hidung perih seperti kemasukan air dan penanganannya. Untuk konsultasi lebih lanjut, Anda bisa menggunakan LiveChat dengan dokter THT.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar