Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Pilihan Makanan Tinggi Antioksidan Agar Anda Cepat Hamil

Pilihan Makanan Tinggi Antioksidan Agar Anda Cepat Hamil

Faktanya, antioksidan bisa melindungi kualitas sel telur pada tubuh wanita. Apa saja makanan antioksidan untuk program hamil? Cek di sini.

Anda mungkin telah melakukan berbagai cara untuk memiliki keturunan, mulai dari berhubungan seks di masa subur, olahraga setiap hari, sampai mengikuti diet untuk cepat hamil. Semua sudah dilakukan tapi belum membuahkan hasil.

Sudahkah Anda mengonsumsi makanan kaya antioksidan? Beberapa studi menyebutkan, antioksidan bisa memblokir radikal bebas sebelum mencapai sel telur di dalam ovarium. Jadi, potensi untuk hamil dapat lebih tercapai.

Artikel lainnya: Tingkatkan Kesuburan dengan Makan Kubis Brussel

Makanan apa saja yang kaya antioksidan dan dapat membantu melancarkan program hamil? Berikut pilihannya:

1 dari 4 halaman

1. Buah Beri

Sudah jadi rahasia umum, buah beri memang mengandung antioksidan yang tinggi. Mulai dari stroberi, blueberry, hingga raspberry, semuanya kaya antioksidan.

Buah beri juga mengandung fitonutrien antiinflamasi yang bisa meningkatkan kesuburan pada pria maupun wanita.

Dokter Sepriani Timurtini Limbong menjelaskan, buah beri kaya akan vitamin C dan asam folat. Nutrisi ini nantinya bisa mendukung pertumbuhan janin secara sehat.

Ia menerangkan, “Secara umum memang antioksidan bisa menangkal radikal bebas yang biasanya ganggu kesuburan. Dengan dibantu vitamin C dan E, maka kesuburan bisa semakin bertambah.”

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kale kaya akan vitamin B6, vitamin C, dan antioksidan. Semua kandungan ini nantinya akan membuang racun di dalam tubuh yang menghambat kesuburan pria maupun wanita.

2 dari 4 halaman

3. Dark Chocolate

Camilan sehat ini juga punya kandungan antioksidan tinggi. Melansir Healthline, cokelat hitam memiliki antioksidan hingga 15 mmol per 3,5 ons (100 gram).

Jumlah ini bahkan melebihi antioksidan blueberry (9,2 mmol) dan raspberry (2,3 mmol) dalam porsi yang sama.

Makan cokelat hitam dapat meningkatkan aliran darah ke ovarium dan rahim. Selain itu, antioksidan dark chocolate telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan seperti mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung.

Artikel lainnya: Plus Minus Konsumsi Kedelai untuk Program Hamil

4. Goji Berry

Goji berry kaya antioksidan, vitamin, dan mineral. Superfood asal Tiongkok ini mengandung 4,3 mmol antioksidan per 3,5 ons.

Selain itu, goji berry mengandung antioksidan unik yang dikenal sebagai polisakarida Lycium barbarum. Antioksidan ini dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

3 dari 4 halaman

5. Kubis Merah

Kubis dikenal sebagai sayuran yang kaya akan vitamin C, K, A, dan antioksidan. Kubis merah menyediakan hingga 2,2 mmol antioksidan per 3,5 ons. Jumlah ini melebihi antioksidan dari kubis biasa yang sudah dimasak.

Kubis merah dikatakan lebih efektif untuk program hamil karena kandungan antosianin (yang memberi warna merah pada kubis). Antosianin diketahui dapat mengurangi peradangan yang merugikan kesehatan.

Vitamin C dari kubis merah juga dapat berperan sebagai antioksidan. Vitamin ini meningkatkan kesuburan pria maupun wanita, membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menyehatkan kulit.

Itulah beberapa makanan antioksidan yang bisa dikonsumsi Anda dan pasangan untuk mewujudkan kehamilan. Imbangi dengan olahraga, cukup istirahat, hindari alkohol dan merokok, serta kelola stres dengan baik.

Konsultasi ke dokter seputar program hamil lebih mudah lewat Live Chat. Untuk mengetahui masa subur dengan cepat, gunakan Kalender Kesuburan.

(FR/JKT)

1 Komentar