Sukses

Beragam Manfaat Lavender Oil untuk Kulit

Anda penggemar aromaterapi minyak lavender? Selain menenangkan, herbal ini juga baik untuk kulit. Apa saja manfaat minyak lavender untuk kulit?

Sesuai namanya, lavender oil berasal dari tanaman lavender (Lavandula). Minyak ini bisa digunakan secara oral, dioleskan, atau dihirup sebagai aromaterapi. Khusus untuk kulit, minyak ini rupanya banyak khasiatnya!

“Minyak lavender dapat mencerahkan kulit, melembapkan kulit, menyamarkan kerutan, mengatasi peradangan, menyembuhkan luka, mengobati gigitan serangga,” tutur dr. Arina Heidyana.

Lebih mendetail, berikut manfaat minyak lavender untuk kulit yang perlu Anda ketahui:

1. Mengatasi Kulit Kering dan Eksim

Eksim bisa muncul di area mana saja. Area kulit yang mengalami eksim akan gatal, kering, dan bersisik.

Menggunakan lavender oil akan dapat mengurangi peradangan karena minyak ini memiliki sifat antijamur untuk mencegah kekambuhan eksim.

Minyak lavender juga dapat digunakan untuk mengobati psoriasis. Minyak ini dapat membersihkan kulit serta mengurangi kemerahan dan iritasi. 

Untuk menggunakan lavender oil untuk eksim, campurkan dua tetes minyak ini dengan minyak tree tea dalam jumlah yang sama bersama minyak kelapa. Campuran herbal alami tersebut bisa dipakai setiap hari.

Artikel Lainnya: Manfaat Manggis bagi Kecantikan Kulit

1 dari 3 halaman

2. Mencerahkan Kulit

Lavender oil bisa bantu mencerahkan kulit yang terjadi karena peradangan. Essential oil tersebut dapat menghambat perubahan warna kulit, termasuk juga bintik hitam. 

Minyak ini juga sangat ampuh untuk mengurangi kemerahan dan noda. Apabila Anda alami hiperpigmentasi, minyak ini bisa menjadi solusi.

3. Mengatasi Kerutan Wajah

Radikal bebas merupakan penyebab utama atas terjadinya garis-garis halus dan kerutan di wajah. Nah, minyak lavender yang kaya antioksidan dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas.

Untuk mendapatkan manfaat minyak lavender untuk kulit ini, masukkan beberapa tetes lavender oil bersama minyak kelapa. Gunakan kombinasi cairan tersebut sebagai pelembap 1 atau 2 kali sehari.

4. Mengatasi Jerawat

Minyak lavender bisa mencegah serta menyembuhkan jerawat. Minyak alami ini dapat membuka pori-pori dan mengurangi peradangan akibat jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, campurkan minyak lavender bersama minyak kelapa. Oleskan ke kulit setelah mencuci wajah. 

Anda juga bisa menggunakan lavender oil sebagai toner wajah. Campurkan dua tetes lavender oil dengan satu sendok teh witch hazel.

Rendamlah bola kapas ke dalam campuran tersebut, lalu gosokkan dengan lembut ke wajah.

Untuk jerawat membandel, campurkan minyak lavender dengan minyak argan untuk bantu kurangi peradangan. Oleskan langsung ke jerawat dua kali sehari.

Artikel Lainnya: Manfaat Perawatan Kulit dengan Kacang Almon

2 dari 3 halaman

5. Sebagai Anti-inflamasi

Minyak lavender bisa membantu mengurangi peradangan yang menyakitkan di kulit. Kandungan beta-caryophyllene di dalam minyak berfungsi sebagai antiinflamasi alami.

Bila ingin mengobati radang akibat luka bakar, campurkan 1 hingga 3 tetes minyak lavender bersama 1-2 sendok daun kelor (moringa) ataupun minyak kelapa. Campuran minyak ini bisa digunakan tiga kali sehari. 

6. Bantu Sembuhkan Luka

Khasiat minyak lavender untuk kulit berikutnya adalah mempercepat penyembuhan luka. Pada penelitian tahun 2016, para peneliti menemukan minyak lavender dapat meningkatkan penyembuhan di jaringan kulit. 

Anda bisa mencampurkan 3-4 tetes lavender oil bersama beberapa tetes coconut oil atau minyak tamanu. 

Oleskan kedua campuran minyak tersebut pada luka Anda dengan kapas. Saat sudah sembuh, lavender oil juga bisa meminimalkan bekas luka.

7. Mengobati Bekas Gigitan Serangga

Manfaat lavender oil untuk kulit lainnya adalah untuk mengobati gigitan serangga. Minyak ini bertindak untuk pengusir serangga dan dapat menghilangkan rasa gatal setelah gigitan. 

Lavender oil membantu meredakan gigitan serangga dengan menangkal bakteri, mengurangi peradangan, dan menghilangkan rasa sakit. 

Artikel Lainnya: Tak Cuma untuk Mata, Wortel Punya Manfaat untuk Kecantikan Kulit Anda

Bonusnya lagi, menurut dr. Arina, minyak lavender juga bisa digunakan oleh pemilik kulit sensitif.

“Iya, lavender oil bisa digunakan oleh pemilik kulit sensitif. Hal ini karena lavender oil memiliki sifat antiinflamasi yang bisa meredakan iritasi dan kemerahan,” ujarnya.

Dokter Arina mengingatkan untuk tidak menggunakan lavender oil untuk kulit secara berlebihan. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Istimewa, ya, manfaat lavender oil untuk kulit? Namun demikian, bila keluhan kulit tak juga membaik, jangan hanya mengandalkan minyak lavender. Temui dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Konsultasikan masalah kesehatan kulit Anda langsung dengan dokter melalui LiveChat dari aplikasi Klikdokter

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar