Sukses

Faktor Risiko Munculnya Solar Comedones di Wajah

Tak hanya perilaku malas membersihkan wajah, paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan komedo (solar comedones). Ketahui faktor risikonya di sini.

Komedo dapat muncul karena adanya sumbatan minyak dan sel kulit mati di pori-pori wajah. Faktor risiko munculnya komedo beragam, salah satunya disebabkan oleh paparan sinar matahari atau disebut sebagai solar comedones.

Kondisi solar comedones kerap dialami oleh orang lanjut usia. Jenis komedo ini bisa muncul di daerah pelipis dan sekitar mata. Terkadang, masalah kulit ini juga muncul di sisi leher, daun telinga, dan lengan bagian bawah.

Dokter Arina Heidyana mengatakan, “Faktor risiko solar comedones adalah karena terlalu sering dan lama terpapar matahari, merokok berat, dan radiasi.”

Artikel Lainnya: Penggunaan Kertas Minyak untuk Wajah Picu Komedo, Benarkah?

Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkap tentang faktor risiko solar comedones, simak baik-baik uraian di bawah ini.

1 dari 3 halaman

1. Paparan Sinar Matahari

Solar comedones disebabkan oleh paparan sinar matahari dalam jangka panjang. Kondisi ini juga dapat terjadi ketika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan beraktivitas di bawah sinar matahari.

Belum diketahui jelas bagaimana sinar matahari dapat menyebabkan komedo. Akan tetapi, radiasi dari sinar ultraviolet (UV) diketahui dapat merusak DNA dalam sel kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Radiasi sinar UV dapat merusak jaringan elastis kulit dan menyebabkan terjadinya elastosis matahari.

Dampaknya, muncul kerutan yang menebal dan berwarna kekuningan di kulit. Solar comedones diketahui lebih sering dialami pria dibandingkan wanita.

2. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok dapat menjadi faktor risiko terjadinya solar comedones. Bahkan, gabungan dari dua faktor seperti merokok dan terpapar sinar matahari dapat meningkatkan risiko terjadinya solar comedones.

Ada beberapa teori yang menjelaskan mengapa merokok dapat meningkatkan risiko komedo.

Asap rokok mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kulit. Panas dari rokok yang juga dapat menghasilkan radiasi bagi kulit.

Efek samping tersebut diduga dapat menyebabkan kerusakan kulit dan membuat komedo mudah muncul.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami bagaimana merokok dapat meningkatkan risiko munculnya solar comedones.

2 dari 3 halaman

3. Radioterapi

Faktor risiko solar comedones lainnya adalah perawatan radioterapi yang kerap digunakan untuk mengobati kanker.

Dalam kasus yang jarang terjadi, radioterapi dapat menyebabkan masalah seperti komedo dan munculnya lesi kulit. Solar comedones dapat muncul setelah atau selama perawatan radioterapi.

Artikel Lainnya: Menghilangkan Komedo dengan Skin Gritting, Efektifkah?

Menurut dr. Arina, “Belum diketahui pasti bagaimana mekanisme timbulnya solar comedones pada kulit. Namun, dicurigai karena sinar UV yang dapat merusak kulit, kandungan bahan-bahan kimia dari rokok, dan terapi radiasi itu sendiri.”

Solar comedones bisa diatasi oleh dokter spesialis kulit dan kecantikan. Dokter dapat memberikan retinoid topikal untuk membuka pori-pori dan mengelupas kulit. Efek retinoid juga dapat membentuk kolagen yang membantu mengurangi komedo.

Lalu, untuk mencegah munculnya solar comedones, Anda bisa melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

Anda dianjurkan untuk rutin mengoleskan tabir surya minimal SPF 30, berhenti merokok, dan mengonsumsi makanan sehat.

Untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter menggunakan LiveChat.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar