HomeInfo SehatMata8 Penyebab Pembuluh Darah Mata Pecah, Berbahayakah?
Mata

8 Penyebab Pembuluh Darah Mata Pecah, Berbahayakah?

dr. Alvin Nursalim, 20 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kamu sering mengalami pembuluh darah mata pecah? Waspada, ya, pasalnya perdarahan di mata dapat disebabkan oleh beberapa penyakit. Apa saja?

8 Penyebab Pembuluh Darah Mata Pecah, Berbahayakah?

Pembuluh darah mata pecah terjadi saat pembuluh darah kecil pecah tepat di bawah permukaan bening mata (konjungtiva). Konjungtiva tidak dapat menyerap darah dengan sangat cepat, sehingga darah terperangkap di mata. 

Dalam medis, kondisi itu disebut subkonjungtiva. Sayangnya, perdarahan di pembuluh darah mata terkadang tidak disadari. Subkonjungtiva baru disadari ketika penderitanya bercermin dan melihat bagian putih mata sudah berwarna merah cerah.

Pembuluh darah kecil di mata pada dasarnya bisa pecah ketika tekanan di mata meningkat. Saat pembuluh darah mata pecah, terjadilah perdarahan. 

Perdarahan di bawah konjungtiva bukanlah kondisi berbahaya. Biasanya, kondisi ini tidak memerlukan perawatan khusus dan bisa hilang sendiri dalam 1-2 minggu.

Namun, pembuluh darah mata pecah juga bisa dipicu oleh beberapa penyakit. Berikut beberapa penyebab pembuluh darah mata pecah:

1. Hipertensi

Ilustrasi Hubungan Hipertensi dan Kekentalan Darah

Hipertensi yang tidak terkontrol dan tidak diobati dapat memicu sejumlah komplikasi, seperti gangguan pada otak, ginjal, jantung, termasuk mata.

Di bagian mata, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan retinopati hipertensi. Retinopati hipertensi adalah kelainan pada vaskuler retina karena peningkatan tekanan darah. 

Retinopati hipertensi dapat menyebabkan pecah pembuluh darah di mata.

Artikel lainnya: Pentingnya Skrining Mata bagi Penderita Hipertensi

2. Diabetes

Tingginya kadar gula darah juga dapat memengaruhi organ mata. Gangguan ini disebut retinopati diabetik.

Pecahnya pembuluh darah pada retina dan gangguan penglihatan merupakan gejala retinopati diabetik. Masalah kesehatan tersebut bisa menurunkan ketajaman penglihatan.

3. Hemofilia

Hemofilia adalah gangguan dalam sistem pembekuan darah. Penderita hemofilia kekurangan protein, yang lazim disebut faktor pembekuan, untuk membantu proses pembekuan darah jika terjadi perdarahan.

Akibatnya, darah penderita akan sulit membeku bila perdarahan terjadi. Perdarahan pun rentan terjadi termasuk di bagian mata.

4. Batuk

Usir Batuk dengan 7 Resep Rumahan Ini (Pormezz/Shutterstock)

Siapa sangka, batuk juga dapat menjadi penyebab kenapa pembuluh darah mata bisa pecah. 

Faktanya, batuk dan bersin yang terlalu keras dapat membuat tekanan di pembuluh darah area mata meningkat. Hal inilah yang bisa menyebabkan pembuluh darah mata pecah.

Artikel lainnya: Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh yang Mesti Diwaspadai

5. Sembelit

Konstipasi atau sembelit membuat penderitanya harus mengejan dengan keras saat buang air besar. Mengejan yang terlalu keras dapat meningkatkan tekanan darah di area mata.

Gangguan kesehatan tersebut juga bisa menjadi penyebab pembuluh darah mata pecah.

6. Cedera di Mata

Perdarahan di mata bisa terjadi karena adanya trauma atau cedera di organ tersebut. Misalnya, mata kamu terpukul atau terkena lemparan benda yang cukup keras. Oleh karena itu, kamu harus hati-hati bila beraktivitas dan berolahraga, ya.

7. Vaskulitis

Vaskulitis adalah peradangan pada pembuluh darah. Peradangan pembuluh darah ini dapat menyebabkan rentannya pembuluh darah untuk pecah. Ketika pecah, darah akan terlihat pada bagian putih mata.

8. Obat Pengencer Darah

Penggunaan obat pengencer darah kadang dapat menyebabkan pecah pembuluh darah di mata. Namun, efek ini biasanya bersifat sementara.

Artikel lainnya: Air Mata Darah, Gejala Penyakit Apa Ini?

Penanganan pembuluh darah mata pecah perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Dalam beberapa kondisi, obat tetes mata direkomendasikan untuk menjaga permukaan mata tetap terlumasi dengan baik selama proses penyembuhan alami.

Jika tidak sembuh dalam waktu lebih dari dua minggu dan penglihatan menjadi kabur, segera hubungi dokter. Pemeriksaan lanjutan mungkin diperlukan jika dokter melihat kemungkinan ada kerusakan di bagian lain pada mata.

Bila kamu mengalami pembuluh darah mata pecah, jangan takut untuk berkonsultasi ke dokter mata. Pakai layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter yang bisa kamu andalkan.

(FR/JKT)

MataHemofiliaretinopati diabetik

Konsultasi Dokter Terkait