Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Gula Darah Tinggi Bisa Sebabkan Timbul Rasa Metalik di Lidah

Gula Darah Tinggi Bisa Sebabkan Timbul Rasa Metalik di Lidah

Selain picu kerusakan saraf dan ginjal, gula darah tinggi juga dapat menyebabkan rasa logam pada mulut. Bagaimana hal ini terjadi? Simak di sini.

Diabetes merupakan gangguan metabolisme akibat meningkatnya kadar gula (glukosa) darah di dalam tubuh. Masalah Kesehatan ini dapat menyebabkan gangguan di sejumlah organ, seperti ginjal, jantung, dan kerusakan saraf.

Namun, gangguan metabolisme ini juga dapat menyebabkan sensasi rasa logam di mulut penderita diabetes.

1 dari 3 halaman

Penyebab Munculnya Rasa Logam pada Mulut

Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya rasa metalik di lidah. Selain pengaruh obat-obatan tertentu dan kebersihan mulut yang tidak terjaga, rasa logam tersebut dapat mengindikasikan gejala awal mengidap diabetes.

Berikut beberapa penyebab umum munculnya rasa logam pada mulut yang berkaitan dengan diabetes.

1. Penggunaan Metformin

Metformin adalah obat oral yang umumnya diresepkan dokter untuk mengobati diabetes tipe-2. Obat ini berfungsi untuk menstabilkan kadar gula darah yang diproduksi hati. 

Metformin memang dapat menurunkan gula darah tinggi ke kisaran yang aman dan mengurangi komplikasi diabetes. Akan tetapi, beberapa orang mengeluhkan munculnya rasa logam di mulut mereka.

Artikel Lainnya: Inilah Tanda Diabetes Tidak Terkontrol yang Perlu Anda Tahu

Dikutip dari Healthline, penyebab munculnya gangguan rasa ini tidak begitu jelas. Namun, diduga hal ini terjadi karena pengaruh metformin yang diekskresikan ke dalam air liur.

Umumnya, rasa logam pada mulut ini hanya bersifat sementara dan dapat kembali normal setelah satu hingga dua pekan.

2. Parageusia

Parageusia merupakan gangguan pengecapan yang dapat terjadi bersamaan dengan diabetes. Gangguan ini dapat menyebabkan munculnya rasa logam di rongga mulut.

Dikutip dari Medical News Today, gula darah tinggi yang tidak terkontrol dapat memengaruhi sistem saraf pusat (SSP). Hal ini dibenarkan pula oleh drg. Wiena Manggala.

"Penyakit diabetes dapat memengaruhi sistem saraf pusat. Bila sudah berlangsung lama, bisa jadi saraf di rongga mulut juga ikut terpengaruh sehingga bisa menyebabkan kerusakan," jelas drg. Wiena.

SSP sendiri bertanggung jawab dalam memengaruhi cara kerja otak dalam mendefinisikan rasa. Kerusakan pada SSP menyebabkan terdistorsinya rasa dan bau.

Gangguan pengecapan seperti  rasa logam pada mulut kemudian muncul akibat saraf yang mendefinisikan rasa mengalami kerusakan.

Artikel Lainnya: Waspadai Ancaman Diabetes Burnout, Kondisi Apakah Itu?

3. Masalah Kesehatan Mulut

Penyebab rasa logam pada mulut lainnya adalah masalah kesehatan mulut. Tidak banyak yang menyadari, kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan masalah ini.

Terlebih ketika kebersihan mulut tidak terawat dengan baik, masalah pengecapan seperti rasa logam pada mulut pun muncul. 

4. Penyakit Periodontal

Gula darah tinggi juga dapat meningkatkan kadar gula dalam air liur. Ketika air liur mengandung banyak gula, risiko mengalami gigi berlubang, radang gusi, dan periodontitis semakin besar. 

Nah, dua masalah kesehatan mulut yang disebutkan terakhir dapat menyebabkan rasa logam pada mulut.

5. Lidah Diabetes

Lidah diabetes merupakan masalah kesehatan mulut lainnya yang dapat menyebabkan munculnya rasa logam pada mulut. 

Hal ini terjadi akibat banyaknya kandungan gula di dalam air liur serta mulut kering yang memicu terjadinya sariawan.

Sariawan berkembang ketika jamur tumbuh secara alami di luar kendali sehingga memengaruhi gusi, lidah, dan langit-langit mulut. Ketika hal ini terjadi, pengidap diabetes bukan tidak mungkin merasakan sensasi rasa logam pada mulut.

Artikel Lainnya: Apakah Terapi Totok Darah Bisa Menyembuhkan Diabetes?

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Logam di Mulut?

Rasa logam di mulut yang disebabkan diabetes dapat menghilang seiring waktu. Semua tergantung penyebab yang mendasari munculnya gangguan rasa tersebut.

Jika Anda menggunakan obat metformin, rasa logam di mulut dapat lenyap 1-2 pekan usai tubuh beradaptasi dengan obat tersebut.

Bila rasa logam pada mulut tidak juga menghilang, segera temui dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Apabila rasa logam di rongga mulut disebabkan oleh banyaknya kandungan gula dalam air liur, ubah pola hidup sehat untuk mengontrol diabetes.

Adapun bila keluhan rasa logam di mulut yang disebabkan oleh kebersihan mulut buruk, segera mengunjungi dokter gigi.

Itulah beberapa penyebab munculnya rasa logam pada mulut akibat gula darah tinggi. Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar gula darah tinggi, konsultasikan dengan dokter melalui layanan LiveChat.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar