Sukses

Amankah Keramas Pakai Baking Soda?

Baking soda dipercaya bisa menjadi pengganti sampo untuk rambut di kepala. Lantas, apakah baking soda aman untuk rambut? Ini kata dokter!

Baking soda atau soda kue umumnya digunakan untuk membuat adonan kue mengembang. Tak hanya itu, baking soda juga dipercaya dapat menjadi alternatif bahan alami untuk merawat tubuh.

Misalnya, baking soda kerap dimanfaatkan untuk membuat kuku mengkilap, memutihkan gigi, dan menghaluskan kulit tumit yang pecah-pecah. Bahkan, baking soda diyakini dapat menjadi pengganti sampo!

Benarkah baking soda bisa membersihkan rambut dan kulit kepala? Simak pendapat dokter lewat penjelasan berikut ini.

Artikel Lainnya: Ragam Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Kusam

1 dari 3 halaman

Amankah Menggunakan Baking Soda untuk Rambut?

Penggunaan baking soda bermula dari anggapan masyarakat yang mengira soda kue memiliki kegunaan sama seperti sampo.

Baking soda diyakini bisa mengatasi penumpukan minyak di kulit kepala. Lalu, tekstur baking soda yang seperti bubuk dipercaya memiliki fungsi eksfoliasi untuk menghilangkan serpihan kulit kering di kepala.

Menanggapi hal tersebut, begini tanggapan dari dr. Reza Fahlevi, Sp. A.

“Tidak benar bahwa soda kue bisa digunakan untuk rambut. Kalau soda kue kita gunakan ke rambut, itu akan membuat rambut rusak. Baking soda bisa membuat lapisan keratin pada rambut rusak. Jadi, rambut menjadi mudah rontok,” jelas dr. Reza.

Anda perlu tahu, baking soda merupakan natrium bikarbonat yang memiliki pH (derajat keasaman) sekitar 9. Sedangkan kadar pH yang terdapat di kulit kepala hanya sekitar 5,5.

Dilansir dari Healtline, menurut penelitian, menggunakan produk rambut yang memiliki pH lebih tinggi dari 5,5 akan membuat kulit kepala rusak.

Produk dengan pH yang tinggi akan meningkatkan aktivitas listrik statis serta gesekan di antara serat rambut. Dampaknya, aktivitas listrik tersebut merusak serat rambut dan membuatnya menjadi kusut.

Baking soda juga dapat membuat kutikula rambut terbuka dan menyerap air lebih banyak. Bila terlalu banyak menyerap air, rambut menjadi lemah dan kehilangan kelembapan idealnya. 

Baking soda diketahui dapat menghilangkan minyak alami di rambut. Ketika minyak alami menghilang, rambut kering menjadi kering dan terlihat kusam.

Tekstur butiran baking soda yang seperti kristal juga bersifat abrasif. Artinya, ketika batang rambut halus terkena gesekan kristal kecil, serat rambut dapat sobek dan menyebabkan ujung rambut bercabang patah.

Artikel Lainnya: Detoksifikasi Rambut, Perlukah untuk Dilakukan?

2 dari 3 halaman

Pilih Bahan Alami yang Lebih Aman untuk Rambut

Baking soda bukanlah rekomendasi produk perawatan alami untuk rambut. Berikut adalah bahan-bahan alami lain yang bisa merawat rambut jadi sehat dan indah:

  • Minyak kelapa dapat membantu mengunci kelembapan dan mencegah jadi rambut kering.
  • Lidah buaya mengandung enzim yang dapat merangsang folikel dan memicu pertumbuhan rambut. Bahan alami ini juga dapat menenangkan kulit kepala yang kering dan iritasi.
  • Minyak jojoba memiliki kemiripan dengan minyak yang diproduksi oleh kulit kepala. Jojoba oil dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak dan mencegah rambut kering.

Untuk tahu informasi perawatan rambut dan kulit kepala lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter menggunakan fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar