Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Beragam Manfaat Pijat Geriatrik untuk Lansia yang Perlu Anda Tahu

Beragam Manfaat Pijat Geriatrik untuk Lansia yang Perlu Anda Tahu

Salah satu cara untuk membuat otot-otot tubuh lemas adalah dengan pijat. Pijat geriatrik salah satu pijat yang memiliki banyak manfaat. Apa sajakah itu?

Bukan hanya bayi dan dewasa muda, ada juga pijatan khusus lansia yang disebut pijat geriatrik. Metode ini memperhitungkan banyak faktor untuk tubuh yang telah menua, termasuk status kesehatan lansia, kondisi medis, hingga obat-obatan yang dikonsumsi. 

Pijat geriatrik dilakukan oleh terapis yang terlatih khusus. Terapis menggunakan sapuan lembut atau peregangan pasif ringan untuk menekan otot, sendi, dan tendon lansia.

Penekanan akan disesuaikan dengan kondisi untuk menghindarkan kerusakan kulit lansia yang tipis atau memperparah penyakit yang diderita.

Para lansia, apakah Anda tertarik mendapatkan pijat ini? Simak dulu ulasannya berikut.

1 dari 2 halaman

Manfaat Pijat Geriatrik

Tentu ada banyak manfaat pijat geriatrik bagi lansia. Dokter Dyah Novita Anggraini menjelaskan, “Beberapa manfaat pijat geriatrik yang bisa dirasakan adalah meredakan stres, mempercepat penyembuhan, dan meningkatkan kualitas tidur.”

Artikel lainnya: Menguak Manfaat Pijat Batu Panas

Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Meredakan Stres

Salah satu studi di International Journal of Older People Nursing melihat 14 studi terkait lansia yang dirawat di rumah jompo yang menerima pijatan geriatrik.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa pijat lansia ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan para manula di panti jompo. 

2. Mempercepat Penyembuhan

Pijat secara umum dapat meningkatkan sirkulasi darah dan getah bening dalam tubuh. Hal ini sangat penting bagi lansia yang sering menderita sirkulasi suboptimal.

Pijat geriatrik memungkinkan darah mengalir lebih bebas ke daerah yang sakit dan akan mempercepat proses penyembuhan luka lama.

Selain itu, karena peningkatan sirkulasi getah bening, racun yang ada di dalam tubuh dikeluarkan lebih cepat serta dapat meningkatkan vitalitas tubuh secara keseluruhan.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Masalah umum yang sering menimpa lansia adalah kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari. Banyak lansia yang terjaga di saat tidur malam.

Nah, pijat untuk lansia bisa menjadi solusi. Pijat geriatrik membuat tubuh mendapatkan relaksasi yang memberikan ketenangan. Alhasil, para lansia bisa tidur tenang di malam hari.

Artikel lainnya: Manfaat Pijat Shiatsu, Melancarkan Pencernaan hingga Kesehatan Kulit

4. Memberikan Efek pada Memori

Lansia sangat identik dengan demensia atau pikun. Mendapatkan pijat geriatrik secara berulang akan membantu para lansia—terutama yang memiliki penyakit Alzheimer—untuk mempertahankan memorinya.

Tentu saja manfaat ini akan semakin optimal dirasakan bila dikombinasikan dengan terapi dari dokter.

5. Membuat Kulit Lansia Lebih Halus

Kulit lansia biasanya cenderung tipis, kering, dan rapuh. Kulit yang telah menua ini tentunya membutuhkan perawatan khusus agar tetap kencang dan halus.

Para terapis biasanya menggunakan minyak khusus, seperti minyak alpukat atau apricot, selama pijat geriatrik. Minyak inilah yang membantu melembapkan kulit kering, menjaga kulit dari infeksi, menghaluskan kerutan, dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Para terapis dapat pula menambahkan minyak esensial, seperti kemenyan, mawar, dan cendana, untuk membantu meremajakan kulit. 

Sebelum menjalani pijat geriatrik, sangat penting bagi lansia untuk meminta izin dokter, terutama pada pasien dengan riwayat pembekuan darah dan diabetes.

Dokter Dyah Novita menambahkan, “Lansia dengan penyakit varises juga tidak boleh melakukan pijat geriatrik.”

Anda masih ragu mendapatkan manfaat pijat geriatrik? Konsultasikan dulu dengan ahlinya melalui fitur Live Chat 24 Jam dari aplikasi Klikdokter

[HNS/JKT]

1 Komentar