Sukses

Penderita Diabetes Mengonsumsi Mayones, Amankah?

Meski tidak mengandung karbohidrat, saus mayones merupakan makanan yang mengandung lemak jenuh. Amankah saus ini dikonsumsi pengidap diabetes?

Penderita diabetes memiliki aturan diet ketat dan harus dipatuhi. Salah satu makanan yang harus dibatasi konsumsinya adalah saus, termasuk mayones. 

Padahal, jika ditelisik ke dalam kandungannya, mayones tidak mengandung banyak karbohidrat yang dapat menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah. Lantas, apakah benar-benar pengidap diabetes dilarang makan mayones?

Artikel Lainnya: Kesalahan yang Bikin Diet Rendah Karbohidrat Tidak Efektif

1 dari 3 halaman

Bahaya Mayones untuk Pengidap Diabetes

Mayones merupakan saus yang cukup populer di dunia. Kendati tidak mengandung karbohidrat, saus berwarna kekuningan yang kerap dioleskan bersama roti lapis (sandwich), burger, hingga salad ini memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. 

Menanggapi konsumsi mayones untuk diabetes, begini tanggapan dari dr. Devia Irine Putri.

“Mayones termasuk sumber makanan yang mengandung lemak jenuh. Bagi penyandang diabetes memang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya,” jelasnya. 

Lalu, berdasarkan riset yang dikutip dari WellRx, mengonsumsi lemak jenuh secara berlebihan dapat menyebabkan resistensi insulin. Lemak jenuh juga dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit diabetes tipe 2. 

Resistensi insulin terjadi akibat tingginya glukosa sehingga mengurangi kemampuan sel dalam menyerap dan memanfaatkan gula darah sebagai energi. Akibatnya orang yang mengalami resistensi insulin semakin berisiko mengidap diabetes tipe 2.

Tak hanya itu, bahaya mayones untuk pengidap diabetes lainnya berasal dari kandungan gula tinggi. Kandungan gula yang tinggi ini banyak ditemukan pada produk mayones rendah lemak maupun bebas lemak.

Dilansir dari Healthy Eating SF Gate, ahli diet Aglaee Jacob, MS, RD, mengatakan, kira-kira terdapat lebih dari 4 gram gula per sendok makan mayones rendah lemak. 

Oleh karena itu, mengonsumsi mayones rendah lemak, bukanlah pilihan tepat jika Anda ingin mengatur kadar gula darah.

Artikel Lainnya: Nasi Merah dan Kentang Rebus, Mana yang Lebih Baik untuk Diet?

2 dari 3 halaman

Lantas, Adakah Takaran Aman Konsumsi Mayones untuk Pengidap Diabetes?

Menurut dr. Devia, belum diketahui takaran konsumsi mayones yang aman bagi pengidap diabetes. Namun ia menganjurkan pengidap diabetes membatasi konsumsi mayones sebanyak 1-2 sendok makan per hari.

“Misalnya hanya menggunakan 1-2 sendok makan untuk makan salad, dan tetap dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya, seperti sayuran, buah, atau roti gandum,” kata dr. Devia.

“Bagi penyandang diabetes sendiri batasan asupan lemak 20-25 persen dari total kalori. Itu pun dianjurkan mengkonsumsi lemak baik misalnya dari ikan, alpukat, atau makanan sehat lainnya” lanjut dr. Devia. 

Bagi pengidap diabetes, Anda dapat membuat dan mengonsumsi mayones dari bahan-bahan yang lebih sehat.

Menurut Agalee Jacob, penderita diabetes bisa menggunakan bahan-bahan, seperti kuning telur, minyak alpukat, minyak zaitun atau minyak kacang macadamia, serta jus lemon atau cuka.

“Gunakan minyak alpukat, minyak zaitun, atau minyak kacang macadamia untuk menurunkan asupan omega-6, kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam minyak tersebut juga dapat menyehatkan jantung,” jelas Jacob.

Apabila ingin mengetahui lebih lanjut seputar penyakit diabetes, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter atau konsultasi langsung ke dokter via Live Chat. 

(OVI/JKT)

1 Komentar