HomeGaya hidupSehat dan BugarRagam Manfaat Squat Jump, Bisa untuk Pria dan Wanita!
Sehat dan Bugar

Ragam Manfaat Squat Jump, Bisa untuk Pria dan Wanita!

dr. Vika Damay, 19 Jun 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Akrab dengan squat? Yuk, coba gerakan squat jump untuk memperoleh sederet manfaat berikut!

Ragam Manfaat Squat Jump, Bisa untuk Pria dan Wanita!

Squat jump merupakan salah satu variasi dari latihan squat yang cukup banyak dilakukan. Jenis latihan ini bisa dijadikan salah satu program latihan, ataupun sebagai pemanasan untuk melakukan vertical jump, high jump, long jump, dan box jump.

Squat jump diawali dengan posisi squat biasa, lalu ganti posisi tegak dengan gerakan melompat. Setelahnya, Anda dapat kembali ke posisi squat semula.

Banyak sekali otot-otot yang terlibat dalam melakukan gerakan squat jump. Walaupun terdengar sepele, sebenarnya gerakan ini memiliki banyak manfaat selain dari melatih otot.

Apa saja manfaat squat jump bagi kesehatan tubuh? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Membakar Kalori

Squat jump bermanfaat untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Hal ini dikarenakan gerakan squat jump termasuk ke dalam latihan aerobik.

Kebanyakan orang berolahraga dengan tujuan untuk membakar kalori berlebih dan menjaga agar berat badan tetap ideal. Nah, bagi Anda yang memiliki fitness goal menjaga berat badan, latihan squat jump bisa Anda masukkan ke dalam program latihan Anda.

Artikel Lainnya: Cara Membentuk Otot Paha yang Mudah dan Efektif

2. Melatih Otot Paha dan Bokong

Selain membakar kalori, squat jump bisa mengencangkan otot paha dan bokong. Latihan ini menargetkan otot gluteus, quadricep, hamstring, dan pinggul.

Manfaat squat jump yang satu ini baik untuk wanita maupun pria. Pasalnya, memiliki otot paha yang kencang dan bagus bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

3. Memperkuat Otot Inti

Tak hanya melatih otot paha dan bokong, otot inti juga ikut terlatih dalam melakukan squat jump.

Otot inti terdiri atas otot perut, panggul, dan punggung. Otot inti yang kuat akan mempermudah Anda melakukan aktivitas sehari-hari pastinya.

Artikel Lainnya: Ragam Pilihan Olahraga untuk Membentuk Otot yang Ideal

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Bagi Anda yang sehari-hari bekerja sambil duduk dan kurang bergerak, latihan squat jump bisa bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Karena itu, luangkanlah waktu untuk melakukan squat jump di sela-sela Anda bekerja. Cukup lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali.

Metabolisme yang baik memungkinkan proses pencernaan dan pembuangan racun dalam tubuh lebih baik.

5. Baik untuk Postur Tubuh

Postur tubuh sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, postur yang baik akan berpengaruh pada keseimbangan tubuh dan juga mencegah nyeri punggung bawah.

Melakukan squat jump secara rutin dapat bermanfaat untuk otot inti Anda, sehingga jadi lebih kuat. Otot inti yang terlatih inilah yang akan membantu memberikan postur tubuh yang baik.

Artikel Lainnya: Miliki Postur Tubuh Ideal dengan Olahraga Barre

6. Bermanfaat untuk Jantung

Termasuk ke dalam aerobik, melakukan squat jump bisa meningkatkan denyut jantung sehingga menjadi latihan yang sangat baik. Menariknya, walaupun termasuk aerobik, squat jump bukanlah gerakan yang berat.

Jadi, bagi Anda yang yang ingin olahraga tanpa terlalu membebani jantung, Anda bisa melakukan latihan ini.

7. Baik untuk Performa Seksual Laki-Laki

Manfaat squat jump bisa dirasakan secara spesifik bagi pria. Karena olahraga ini dipercaya dapat meningkatkan produksi hormon testosteron dan sperma yang lebih baik. Dengan demikian, kemampuan pria dalam bercinta bisa lebih baik.

8. Mencegah Cedera Lutut

Kebanyakan orang mungkin berpikir gerakan-gerakan squat—termasuk squat jump, bisa membahayakan lutut. Padahal justru sebaliknya, lho.

Squat malah dijadikan gerakan dasar untuk pemanasan. Dengan pemanasan yang baik ditambah dengan kuatnya otot-otot yang mendukung lutut dari hasil latihan squat jump, risiko cedera pun akan berkurang.

Nah, sudah tahu kan manfaat melakukan squat jump bagi kesehatan tubuh? Jadi, jangan ragu lagi untuk memasukkan gerakan ini ke dalam program latihan Anda. Jika Anda masih ragu karena adanya kondisi medis tertentu, Anda bisa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukannya.

Manfaatkan layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi kepada dokter secara daring.

[WA]

Olahraga

Konsultasi Dokter Terkait