Sukses

Manfaat Kunyit untuk Melancarkan Peredaran Darah

Kunyit disebut-sebut bermanfaat melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Untuk tahu fakta lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Kunyit merupakan rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat. Dalam pengobatan tradisional India (dikenal dengan Ayurveda), kunyit kerap digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dan sebagai nutrisi yang baik bagi tubuh.

Tak hanya itu, kunyit disebut-sebut memiliki manfaat yang baik untuk melancarkan peredaran darah. Apakah benar? Cari tahu faktanya lewat uraian di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Benarkah Kunyit Dapat Melancarkan Sirkulasi Darah?

Menanggapi manfaat kunyit untuk melancarkan peredaran darah, dr. Theresia Rina Yunita mengatakan,

“Menurut penelitian, kurkumin atau senyawa pemberi warna kuning pada kunyit dapat meningkatkan produksi nitric oxide dan mengurangi stres oksidatif serta peradangan.”

“Mengonsumsi kunyit juga dikaitkan dengan kesehatan jantung, mulai dari memelihara endotelium yang berperan dalam fungsi pembuluh darah, mengatur aliran darah ke jantung dan seluruh tubuh, serta mencegah penyumbatan pembuluh darah. Hal inilah yang dapat mencegah hipertensi ataupun serangan jantung,” tambahnya.

Artikel Lainnya: Manfaat Kunyit untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Lalu, menurut penelitian tahun 2017 yang mengamati 39 orang peserta kunyit memiliki manfaat untuk kelancaran peredaran darah.

Berdasarkan penelitian tersebut, mengonsumsi 2.000 mg kurkumin setiap hari selama 12 minggu dapat meningkatkan 37 persen aliran darah lengan bawah dan 36 persen aliran darah lengan atas.

Di samping itu, zat kurkuminoid dan turmeron yang ada di dalam kunyit berperan sebagai antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Kedua zat tersebut dapat merangsang respons peradangan yang sehat, meningkatkan sirkulasi darah, melindungi otak, meremajakan organ hati, dan mengurangi rasa nyeri.

Lalu, kurkumin bisa mencegah penyumbatan arteri dan meningkatkan sirkulasi darah. Sebab, kurkumin mampu mengurangi penumpukan plak di arteri dan menghentikan pembentukan gumpalan darah.

Kunyit juga dapat melancarkan peredaran darah melalui organ hati. Perlu Anda tahu, organ hati atau liver berperan dalam mengatur darah di dalam tubuh. Senyawa kurkumin mampu melakukan detoksifikasi terhadap organ hati.

Manfaat tersebut bisa merangsang dan memperbaiki sel-sel hati yang rusak. Dengan begitu, sirkulasi darah dalam tubuh pun ikut membaik atau lancar.

Artikel Lainnya: Inilah Segudang Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Wajah Anda

Bahkan, menurut penelitian yang dipublikasi jurnal Nutrition Research tahun 2021, suplemen mengandung kurkumin dapat memengaruhi sirkulasi darah yang efeknya sama seperti berolahraga.

Karena bermanfaat baik bagi tubuh, ada tiga cara sehat mengonsumsi kunyit untuk melancarkan sirkulasi darah. Berikut caranya:

  • Anda dapat menambahkan lebih banyak rempah kunyit ke dalam masakan sehari-hari.
  • Anda bisa mengonsumsi suplemen mengandung kunyit setiap harinya.
  • Konsumsi kunyit menjadi minuman hangat. Anda bisa menambahkan beberapa sendok teh bubuk kunyit dan sedikit madu ke dalam satu gelas air hangat.

Itu dia manfaat kunyit untuk peredaran darah. Untuk mengetahui beberapa hal terkait kesehatan lainnya, coba baca artikel medis di aplikasi Klikdokter.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui fitur LiveChat.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar